Hati-hati Dengan Lampu Rem Anda


Lampu rem/lampu belakang motor adalah lampu keamanan, bukan untuk penerangan namun untuk menandai keberadaan, posisi serta pergerakan kendaraan. Dengan adanya lampu ini, kendaraan di belakang kita dapat memperkirakan jarak serta tindakan yang akan dilakukan berhubungan dengan motor di depannya. Misalnya kendaran di depan melakukan rem mendadak, maka akan terdeteksi lampu merah menyala cepat, sehingga kendaraan di belakang dapat melakukan tidakan yang menyesuaikan.

Lampu ini berwarna merah karena mata manusia paling peka untuk menangkap warna merah ini.Warna merah memiliki panjang gelombang yang paling panjang dibandingkan dengan warna lainnya, yaitu 620-750 nm. Dengan demikian warna merah ini paling mudah ditangkap oleh mata dari jarak yang relatif jauh walaupun dalam keadaan gelap ataupun berkabut.Karena berada di belakang dan fungsinya tidak ada hubungannya dengan penerangan, ditambah posisinya berada di belakang, maka kita harus sesering mungkin mengecek kondisinya. Ada 3 kemungkinan yang terjadi dengan lampu rem, yaitu : Nomal, Lemah dan Mati Total. Kondisi lemah berhubungan dengan kelistrikan motor, misalnya Accu lemah. Sedangkan jika mati total ada beberapa kemungkinan:

  • Bohlam putus
  • Switch rem mati
  • Kabel putus atau korsleting
  • Fitting lampu rusak
  • Accu soak

Jika itu yang terjadi, harus segera ditangani. Diantara kemungkinan tersebut, yang tergolong lebih mahal adalah jika Switch rusak atau Accu soak. Namun demi keamanan kita, kita HARUS menggantinya.

Hal yang patut diwaspadai adalah fungsi lampu tidak berjalan dengan baik walapun dalam kondisi normal. Hal tersebut kebanyakan terjadi karena ketidak-sengajaan. Hal-hal yang bisa ditemui di jalanan adalah sebagai berikut:

Tertutup Pakaian Pembonceng

Ini terjadi jika pakain pembonceng ada yang terjurai ke belakang. Pakain yang memungkinkan hal tersebut terjadi diantaranya : Baju yang panjang dengan belahan kanan-kiri, selendang dan juga hijab (seperti pada gambar). Jika bahan pakaian dimaksud tidak telalu tebal, cahaya lampu masih bisa menembus, namun  kurang maksimal. Jika tebal bisa jadi pancaran lampu tertutup sama sekali.

Tertutup Barang Bawaan

Barang bawaan bermacam-macam. Banyak terjadi untuk motor-motor yang dipergunakan untuk kepentingan niaga, atau ketika mudik. Selain itu bisa juga terjadi, lampu rem motor tertutup tas pembonceng.

Tertutup Jas Hujan

Ini spesifik, karena banyak ditemui di jalan dan orang tidak menyadari bahayanya. Dalam hal ini adalah menggunakan jas hujan moel ponco atau ada yang bilang model Batman. Model jas hujan yang aman adalah model two pieces, atau banyak yang bilang model jaket dan celana. Jika terpaksa menggunakan jas hujan ponco, dudukilah bagian belakangnya agar tidak berkibar-kibar, menutupi lampu atau tersangkut di jeruji pelek, rantai dan gear.

Semua di atas memang tidak berlaku untuk motor yang asal jalan dan tidak memperdulikan keamanan seperti motor di bawah ini:

Jadi periksalah kondisi motor anda setiap akan digunakan. Periksa juga keadaan motor sewaktu jalan berboncengan.

Referensi:

http://fisikasma-online.blogspot.com/2010/02/mengapa-lampu-belakanglampu-rem.html

About these ads

21 responses to “Hati-hati Dengan Lampu Rem Anda

  1. baca dulu…

    Like this

  2. keduaxxxxxxxxxxx

    Like this

  3. wah punyaq suloyo…harus ke bengkel kiii…..tp kayaknya lampunya baik2 aja…tinggal cek aki dan swith….tp regane rak nguati….. :(

    Like this

  4. absen dulu ah..

    Like this

  5. Msh 5 besar

    Like this

  6. @LIigga
    HARUS!
    @Irawan, Nunoe, Harjuna
    Selain meembikin silau, juga kadang kalo siang malah tidak terlihat jelas.
    Tapi janganlah berbuat kasar dan main keroyokan lagi

    Like this

  7. paling benci lihat lampu belakang di bikin bening, grrr… rasanya pengen aku tendang tuh! pas riding malam2 tiba-tiba byar! hilang pandangan gara-gara depannya injak rem!

    Like this

  8. @atas, idem…
    pengen hajar aja orang yg pake lampu rem bening..

    Like this

  9. @atas.idem
    dikeroyok aja yuk

    Like this

  10. Lampu rem motor mati, baru sadar pas servis motor kemarin.. Dan langsung diganti :P
    paling kesal kalo lihat lampu rem diganti dgn warna lain.. Apalagi kalo diganti dgn bohlam lampu depan.. Bikin bahaya, silau lagi :evil:

    Like this

  11. Tip atasi biker alay bermika bening: semprot pakai pilox merah brutunya itu :mrgreen:

    Like this

  12. Sekalian mukanya aja bro! ha.ha…ha!

    Like this

  13. Lam knal bro! Sukses slalu buat anda!

    Like this

  14. buat pak polisi di manapun berada, perhatiin lampu rem juga ya…
    blm lama ini mlm2 ngikutin scorpio plat XXIV-sekiansekiansekiansekian lampu rem & lampu malamnya mati, maybe memang baru saja putus, tapi alangkah baiknya bila diperiksa sebelum digunakan patroli ;)

    Like this

  15. sering banget nih nemuin kayak gini di jalanan, biqin bingung pengendara di blkg

    Like this

  16. Iya terkadang suka bingung jg kLo di tutp…
    Ada jg yg lampu sentnya di tutup…
    Jd bingung pas dia mw belok..

    Like this

  17. kalo dijalan ada yg pake lampu rem bening….langsung saya susul, pokoknya jangan sampe ada dibelakang tuh orang gendeng !!!

    Like this

  18. Ping-balik: Pak Tasmu Itu Lho! « Learning To Live

  19. Ping-balik: Lampu Rem, Antara Mika Bening Dan Smoked « Learning To Live

  20. waaah paling akhir saya neee
    enggak dapat pertamax dapat solarpun jadi
    http://yudhadepp.blogspot.com/2012/08/ducati-sayang-ducati-malang.html?m=1

    Like this

Silahkan Saran Dan Kritiknya ... Awas Judul Sama Isi Bisa Beda lho

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s