Karisma vs Supra X 125 Part 1


Di artikel terdahulu tentang Petunjuk Pemindahan Gigi Di Motor Bebek, ada sedikit diskusi di kolom komentar, mengenai perbedaan Karisma dan Supra X 125 (model lama), selain dari segi body dan penampilan tentunya.

Menurut pengakuan orang sekitar, yang beralih dari Karisma ke Supra X 125 begitu model baru itu keluar sekitar Juli tahun 2005, menyatakan bahwa nafas Supra X 125 lebih panjang. Parameternya berupa feeling saja. Makanya kita cari tahu apakah benar demikian?

Nemu informasinya dari gudang lagi, yaitu koleksi Tabloid Motor Plus. Perbedaannya mendasar kurang lebih begini:

Pertama disebutkan bahwa Supra X 125 mengalami perbaikan handling, jadi lebih mudah dikendalikan.

Kalo hal ini dengan mengandalkan feeling sepertinya kurang begitu dirasa.

Kedua adalah perbedaan di karburator. Supra X 125 sudah menggunakan SASS (Secondary Air Suply System) untuk menekan polutant berbahaya yang keluar dari sisa pembakaran mesin. Karena adanya fitur ini maka jaruk nozel dibuat lebih presisi, agar campuran bahan bakar dan udara lebih stabil. Juga material dan cara pembuatan nozel yang lebih baik.

Hal seperti ini juga sepertinya tidak terlalu terasa perbedaannya dalam penggunaan sehari hari

Ketiga adalah perbedaan CDI dan Magnet. Supra X 125 mempunyai nafas yang lebih panjang karena limiter CDi digeser ke atas, sehingga gejala mrebet di gasingan atas berkurang. Selain itu magnet pada Supra X 125 dibuat lebih ringan.

Jadi di poin ketiga ini menjawab pertanyaan bahwa memang benar nafas Supra X 125 lebih panjang daripada Karisma.

About these ads

56 responses to “Karisma vs Supra X 125 Part 1

  1. cukup premiyum sadja dweh..

    Like this

  2. pertamax..
    hehehe..

    Denger2,katanya karisma itu produk gagal,makanya direvisi jadi HSX 125 apa bener gtu ya Pakde?

    Like this

  3. yang jelas beda itu getaran mesinnya. Kalo karisma liar bgt getarannya.. Kalo suprax kayaknya nggak.. Hehe.. Pengguna karisma :mrgreen:

    Like this

  4. penerjemah a.k.a arif rakhman

    yang pasti rem belakangnya karisma itu ribut banget…. ibarat kata, kayak ada tikusnya… mendecit terus deh… no offence buat karisma owner ya… saya cuma mengamati dan rata-rata motor karisma rem belakangnya gitu….

    Like this

  5. wewwww…. theme barunya lebih berkelasss…congrats kang maskur !!

    biar nggak oot : karisma itu moyangnya supra kan :mrgreen:
    * pertanyaan retoris :)

    Like this

  6. @Lekdjie
    Sebelum premium dilarang
    @Mamat
    Kurang tahu, setahuku Karisma juga lumayan laku, juga jadi platform contekan motor-motor Cina. Namun AHM memang lebih sukses dengan nama Supra.
    @Karismanis & Penerjemah
    Wah testimoni nih
    @Kang Taufik
    ber kelas, kelas berapa ya xixixixixi, sekarang kita beda kang heheheheh :lol:
    jawabannya ada di facebook, juga akan jadi artikel nanti

    Like this

  7. aku pingin themenya…. nggak mbosenin……. sing jelas iki theme paling yahud di Indomotoblog……

    Like this

  8. asheeem…apik banget lay-out nya…pengen pakdhe!!!!
    kalo supra dah pake SASS..trus di karbu ada sensor…yang ditancepin ke CDI!!
    pake kampas rem green paper..dadi gak pakem…lampu pake reflektor…..ini yang aku suka…seperti pake HID…sayangnya di new HSX fitur ini dibuang…secara harganya juga disunat sejuta ketika awal launch………

    Like this

  9. @Mpok tini
    seni yo masbro gaya retro klasik kayak vespa aja, kakaa emang blog vespa

    Like this

  10. iyo…aku pengeeeeeeeeeeeen….dibacanya juga enak..dimata adem….kalo yang back-ground item..malas baca..soale wis ora ketok!!!

    Like this

  11. karisma,pelopor bebek pake bagasi..
    karisma,yg buat suzuki shogun latah ikutan naik kelas..
    Karisma,si bebek nan bohai..
    huehehe..

    Like this

  12. kakak temenku smp namanya karisma tp kayaknya kalo bicara halus ga bergetar hebat :D

    Like this

  13. @snalpot99
    bodynya bohay juga gak bro? :-D

    Like this

  14. Wah theme jan keren tenan Kang Maskur…..opo neh sing anyar2 theme-e kang?

    Nyambungne artikel e:
    Karisma: body ne gampang prothol
    Supra X 125: Motor favorite wong (PNS) mBanyumas xixixi :mrgreen:

    Like this

  15. tapi karisma ditempat saya malah banyak yang nyari sekennya
    makin liar
    makin awet materialnya
    katanya…

    Like this

  16. alrozzzi coolrider 2

    :arrow: ciieee…. nuansa warungnya baru neeeh… apik, pakdhe! masih sama dengan yang di atas, karisma kemlothok :mrgreen: ya seyogyanya semakin lama produk yang dikeluarkan ya harusnya semaken baeeek…
    mungkin kasusnya kayak kirana-karisma-supra125 gitu yak? semakin ke supra, semakin senmpurna… :P

    Like this

  17. Cdi supra x125 dan karisma beda limiternya ya? Bs disubtitusi ga mas?

    Like this

  18. @Joe dan Martini
    iya nih themenya baru cocok, selam ini yang paling sreg cuma Regulus, baru kali ini ada yang cocok buat pengganti
    @Alvy
    wah suka yang liar to?
    @all
    tentang kemlothak bukannya Supra X 125 juga sama

    Like this

  19. wah tampilan gres nih hehehe……..

    Like this

  20. nunggu motor pada facelift ga kunjung muncul…

    ehh….

    malah blognya Pakde yang facelift… :-D
    hehehehe…

    simpel tapi enak dibaca koq pakde…

    numpang nampang ah..

    http://tikunganlurus.wordpress.com/about/

    Like this

  21. :shock: kaget aku pakdhe! warunge upgrade habiss!!!

    Like this

  22. pakde… akhirnya aku juga tergoda sama Theme: Greyzed…. soale enak disawang…….

    Like this

  23. Hmm…

    ternyata bener, ga cuma ganti baju…

    Like this

  24. selaludidepan

    selain itu mungkin kombinasi pj dan mj nya, sama gear ratio…itu khan faktor2 utamanya…

    Like this

  25. karisma sama Supra 125 generasi pertama putaran bawahnya sama2 berat alias ngk terlalu bertenaga…kalo Supra generasi ke 2 udah sip menurut ane…sih :mrgreen:

    Like this

  26. @Pak MItra, Adjie, Pak Irawan & Joe
    Yah mencoba hal baru…
    @Evilnine
    Hmmm itu moto motor apa yah, spertinya familiar :D
    @Selalu Di Depan
    Maybe yes, mekanik pasti tahu. tapi dari sumbernya megatakan seperti di atas
    @Lingga
    Kalo perasaankua sama saja

    Like this

  27. oh begitu y kang eh eh eh makasih y maskur ^^
    ilmu motor saya bertambah :)

    Like this

  28. jelek jelek motor gue masih ada karismanya,masih nempel,ha ha haaaa mau beli yang lain potongannya gak ada yang bagus….(masuknya jelek potongan tiap bulannya/cicilannya )
    kaya nya :
    1.bunyi dari kanpas yang kotor yang gak bisa kebuang sehingga nempel ke kanpas
    2.trus setelan as dan kupingan oblak
    3.modip dah…

    Like this

  29. karisma:stabil di kecepatan tinggi,cz body gede.lebih aerodinamais membelah angin,desain knalpot datar dan lubang gede jadi gas buang gampang brjolnya

    Like this

  30. saya ownwer HOnda
    peke karisma sejak SMP kelas 1 s/d SMA kls 1 smester 1
    Slanjutnnya pake Supra yg R sampe skrng kls 1 smester 2(skrng karisma dipake babe)
    Yg saya rasakanb sbg berikut

    (+) karisma:stabil di kecepatan tinggi,cz body gede.lebih aerodinamais membelah angin di kec 80-120kpj,desain knalpot datar dan lubang gede jadi gas buang gampang brjolnya,Body lebih tebel,peleg lebih kuat cz tahun 2003 masih pake HM Honda Motor,behel keren pake bolong2
    (-) Body geter kenceng,jok boncenger kecil, pacar saya ngeluh dibonceng Jember-Bondowoso (32KM),Knalpot gampang bunyi tik-tik…. cz bahannya besi krom,putarn bawah brebet,tp lok bawanya nyantai biasa aja kok

    (+) supra: jok empuk,enteng dikit,lebih langsing,striping boleh jugak lah,pelek lumayan dah ENKEI,dobel diskbrake.
    (-) Body tipis kaya timba, gak stabil buat kenceng,Emisinya bikin loyo di torsi,cakram belakang kaya bawa tikus kejepit,sok depan bletak2

    Over all bagus, perlu disukuri walopun ortu yg kredit
    sory posting 2 kali bro

    Like this

  31. saya ownwer HOnda
    peke karisma sejak SMP kelas 1 s/d SMA kls 1 smester 1
    Slanjutnnya pake Supra yg R sampe skrng kls 1 smester 2(skrng karisma dipake babe)
    Yg saya rasakanb sbg berikut

    (+) karisma:Body lebih tebel,peleg lebih kuat cz tahun 2003 masih pake HM Honda Motor,behel keren pake bolong2
    (-) Body geter kenceng,jok boncenger kecil, pacar saya ngeluh dibonceng Jember-Bondowoso (32KM),Knalpot gampang bunyi tik-tik…. cz bahannya besi krom,putarn bawah brebet,tp lok bawanya nyantai biasa aja kok

    (+) supra: jok empuk,enteng dikit,lebih langsing,striping boleh jugak lah,pelek lumayan dah ENKEI,dobel diskbrake.
    (-) Body tipis kaya timba, gak stabil buat kenceng,Emisinya bikin loyo di torsi,cakram belakang kaya bawa tikus kejepit,sok depan bletak2

    Over all bagus, perlu disukuri walopun ortu yg kredit
    sory posting 2 kali bro

    Like this

  32. saya ownwer HOnda
    peke karisma sejak SMP kelas 1 s/d SMA kls 1 smester 1
    Slanjutnnya pake Supra yg R sampe skrng kls 1 smester 2(skrng karisma dipake babe)
    Yg saya rasakanb sbg berikut

    (+) karisma 2003:Body lebih tebel,peleg lebih kuat cz tahun 2003 masih pake HM Honda Motor,behel keren pake bolong2
    (-) Body geter kenceng,jok boncenger kecil, pacar saya ngeluh dibonceng Jember-Bondowoso (32KM),Knalpot gampang bunyi tik-tik…. cz bahannya besi krom,putarn bawah brebet,tp lok bawanya nyantai biasa aja kok

    (+) supra: jok empuk,enteng dikit,lebih langsing,striping boleh jugak lah,pelek lumayan dah ENKEI,dobel diskbrake.
    (-) Body tipis kaya timba, gak stabil buat kenceng,Emisinya bikin loyo di torsi,cakram belakang kaya bawa tikus kejepit,sok depan bletak2

    Over all bagus, perlu disukuri walopun ortu yg kredit
    sory posting 2 kali bro

    Like this

  33. sori lagi kebanyakan posting soalnya WiFi nya error,hehe
    maaf bro yg punya rumah
    & yg baca,hehe

    Like this

  34. pengalamanku pakai supraX125 enak dijalan datar, lemot ditanjakan terutama bw boncenger……melayang di kecepatan tinggi…….
    kalau karisma lebih enak ditanjakan walau dgn boncenger……tp itu tadi, bodynya yg grrrr…..akselerasi lebih lambat dari supraX125……

    Like this

  35. bro hadi:secara torsi karisma lbh besar bro..
    jadi tenaga lbh gampang didapat ,tinggal bejet gas maka campuran dr pengabutan dr radiator akan terbakar sempurna di ruang bakar…

    Like this

  36. Ping-balik: Honda Supra Part 2 « Learning To Life

  37. Uda klo naek supri mah g ush kenceng” gan,mnding dpake kpasar az buad blanja am nyokap lw noh..
    Dpake kebut takut pda rontok gan,body na geter n busuk smw.. :-D
    laen am FU.. ;-)

    Like this

  38. slow but sure, kalem, walau napas panjang tapi enak buat berkendara, ga melulu menghentak-hentak kayak orang mau balap

    Like this

  39. mau tanya CDI supra x 125 itu max berapa ??

    Like this

  40. RPM ,,

    Like this

  41. putaran mesinnya,,,,

    Like this

  42. Pada Karisma terkadang pergantian antara gigi 3 ke gear 4 ngelos dan bunyi greekk..baru kemudian masuk ke gear 4, tapi ini bwt yg bohay loh,, pngalaman kawan2 gw jg..
    kalo suprix mungkin udah diperbaiki kali ya..

    Like this

    • Punya ane karisma . Gigi 1 45kpj . Gigi 2 80kpj, gigi 3 110kpj . Gigi 4 127 kpj. Karbu shogun 125 reamer, k0pling manual . Oli enduro racing . N lainnya masih standart.

      Karisma memang t0p B.G.T

      Like this

  43. menurut ane pake karisma emang berisik tapi,di kecepatan tinggi lebih enak dari sx 125. mau tanya nih ko sekarang si gemuk saya larinya di spido cuma sampai 100? apa karena faktor usia yah…………… punya ane 2003

    Like this

  44. kenapa rem belakang supra x125 klo di injek bunyi klek….klek?

    Like this

  45. karisma selalu di depan :)
    fuck you supra x 125

    Like this

  46. Kalo menurut w,,,,,,,,,,
    karisma tuh muuaaannnttteeeebbbb :)
    Gampang dimodif,,,gampang ganti” sayap
    mang.a supra gk bisa diganti sayap.a :p

    Like this

  47. mesin sama ajaaaaa…….cuma body yang beda…..

    Like this

  48. Ikut posting Agan” ,,, Saya udah pake Karisma 2003 (yg D kluaran pertama kali) slama 7 thn,,, asik asik aja tuh, geber sana geber sini, malah larinya pernah 11:12 sama Megapro 2006 nya tmnku (rem col gas pol),,, pokoe kharisma tahan banting dah,,,hahaha

    Like this

  49. ane pernah pny macem2 merk motor, dari suzuki bebek fdr cdi 2tak 80 cc 1983 enak dipake lembut sekali tp lumayan boros dan lemot ditanjakan, dari yamaha: rx king 1988 kenceng banget suara merdu boros ditanjakan lemot, yamaha alpha kenceng boros lemot ditanjakan, yamaha vega 2006 kenceng bodi getar blum setaun gir belakang ompong baut penopang footstep ilang 2, vespa 1960, v super 1975, v ps 1982 datar n tanjakan ok tp boros n rawat mesin mudah paling cuma karbu, banjir, n kawat kopling putus. dari honda: c70 n CB100 1975 irit ditanjakan berbatu naik gunung ok di datar lemot, gl pro 1996 kuat ditanjakan naik gunung jalan setapak lari kalah sama rx king, supra x 2003 100cc ditanjakan ok ke tangkuban prahu, ciwidey, pangalengan bisa bertiga org dewasa kuat ngangkut 250 kg-an di jln datar hny bisa 125 km/jam. supra x 125 2009 nyaman pake , di jln datar lumayan buat kebeleut pipis, ditanjakan lemot bisa diatasi dgn ganti gir belakang jd ukuran 38. skrg jd bingung motor2 keluaran setelah tahun 2003 kurang kuat, apa musti balik lagi pake onthel…

    Like this

    • kalau blok kopling karisma di pasang di supra 125 pas gk boooss

      Like this

    • yg pasti rata2 bebek 125cc nafasnya panjang2, tpi lemot ditanjakan.

      beda dngan bebek 86 s.d 115 cc tenaga bawah enah, tpi top speednya kasar.

      Like this

    • yg pasti rata2 bebek 125cc nafasnya panjang2, tpi lemot ditanjakan.

      beda dngan bebek 86 s.d 115 cc tenaga bawah enak buat nanjak, tpi suara mesin & top speednya kasar.

      catatan : sama-sama bebek 4tak

      Like this

Silahkan Saran Dan Kritiknya ... Awas Judul Sama Isi Bisa Beda lho

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s