Motor Cina, Kadang Lucu Juga


Masih ngomngin motor Cina alias Motcin atau ada yang nyebut Mona. Tahun 2000-an, motor-motor hasil produksi pabrik industri rumahan Cina menyerbu Indonesia. Platform yang digunakan adalah mesin C100. Sedangkan body mayoritas mengacu kepada Honda Supra.

Puluhan merk menyerbu, dan tiap daerah bisa sendiri-sendiri. Sebagai contoh Solo motcin yang banyak adalah Jialing dan Dayang. Di Jogja ada Daiheiyo. Di Jawa Timur ada Happy. Ada pula Zhongzen, Kanzen, Loncini, Viar, KTM, Sanex, Qingqi, Bosowa (Motor Korea) dan lain-lain.

Selain Supra, juga ada bentuk lain yang di kloning motor di awal kemunculan Motcin adalah Astrea Grand. Juga beberapa dari merk-merk itu mengeluarkan Matic baik 4 tak maupun 2 tak

Ada juga yang kreatif, mungkin untuk sedikit menghindari kesan kloning, ada beberapa yang mengambil model Honda di Kamboja yaitu Honda Future 110 (CIIW) yang disini menjadi Beijing Ranger, motor ini adalah yang mempunyai head lamp ganda mirip Yamaha Jupiter.

Kemudian berkembang model model yang mirip Suzuki Shogun, Yamaha F1ZR dan juga motor-motor yang tidak keluar di Indonesia. Contohnya adalah yang mengambil model Yamaha 125Z yaitu Beijing Champ, model Suzuki FX125 diadopsi Tossa Optima. Bahkan sekarang ketika era motcin sudah berlalu Viar masih mengdopsi bentuk Yamaha X1R. Bentuk lain yang dicontek adalah Honda Sonic, Nice 110, Yamaha X1R, Jupiter Z, Suzuki Satria FU, Tiger dll.

Yang lucu dari motor itu adalah bentuk asli merupakan motor 2 tak, namun dipasangi mesin model C100 yang 4 tak, dengan beberapa perubahan volume silinder. Paling maksa adalah bentuk knalpotnya yang mengambil model knalpot 2 tak, contohnya adalah Beijing Champ dan motor dengan type V1ZR (merknya lupa), juga seperti artikel sebelumnya Yuki  Snake 125 di Czech Republic.

Namun paling bikin ngakak adalah………KTM PREMIO

motor ini mengambil basis model matic Honda Vario, sungguh saat pertama kali tahu…ngakak habis …wkwkwkwkwkwwk

Tampak samping kiri, basis mesin tetap model C100.

Tampak samping kanan, knalpotnya model Jupiter MX

belakang, tetap persis Vario

bagasinya, lumayan

Speedometer juga tidak beda dengan basis yang di kloning.

deknya yang bebek banget, bukan matic

hahahahaahh…jika 2 tak jadi 4 tak sudah biasa…yang ini matic jadi bebek…hahahhaha ada-ada saja

foto diambil dari Kaskus today & Jualbeli-murah.

52 thoughts on “Motor Cina, Kadang Lucu Juga

  1. wah….ga kebayang sebelumnya…..bisa2 ni bakal jadi inspirasi, untuk para modifikator kita nih………..bakal jadi tren baru…..bebek di rubah jadi bodi matik…………

    Suka

  2. Aku dulu juga ketipu Kang, pas lihat temen bawa motor “Vario” tapi kok ada persneling-nya :mrgreen: , tapi apalah daya, cita-cita pengen punya matic keren, asalkan bisa ikut nggaya motor kloningan pun tak mengapa. :)

    Tapi kasihan juga dia beli motor begituan, baru setahun body udah “pathing kemlothak” dan berbagai problem lain yg muncul. Coba uangnya buat beli motor jepun 2nd-an yg masih bagus kwalitasnya, meski agak sedikit keluar biaya service, tapi insyaAllah ga akan nyesel di kemudian hari.

    Yah..terkadang….nafsu keinginan memang susah dikalahkan, nah mumpung menjelang Ramadhan nih, ga ada salahnya kita juga belajar shaum/puasa keinginan, kalo kita konsisten…lumayan ada imbasnya lho sama cash-flow kita he..he..he..

    Semoga bermanfaat

    Suka

  3. ..pakdhe, setau saya Bosowa bukan produsen Mocin. Bosowa Grup adalah korporasi asal makassar, Sulsel yang didirikan HM Aksa Mahmud, ipar Jusuf Kalla dan bergerak di multi bidang: otomotif, semen, konstruksi, properti, keuangan dan ekstraksi SDA. Waktu saya tugas di kendari, angkotnya hasil karoseri Bosowa semua lho :mrgreen: Motor yang dipasarkan Bosowa adalah Hyosung, produksi Korea CMIIW..

    Suka

  4. hadir mar
    yang paling anyel shock belakang dua pakai type KTMK/HKPH yg dipakai supra 125 / karisma / supra fit series bajakan lagi :mrgreen:

    Suka

  5. Pernah liat juga waktu pengiriman kekonsumen keknya… Sampe kaget whuiii apaan neh….. Vario manual…. Wkwkwk…..

    Mbeeeek….. :mrgreen:

    Suka

  6. Kasihan banget ya nama KTM disini diahncurkan oleh mocin. Padahal KTM di luar sana sudah cukup terkenal. Takutnya nanti kalau KTM nya Bajaj beneran mau bikin motor disini, dikiranya mocin lagi

    Suka

  7. wah saya salut sama keberanian mereka menggelontor produk.
    misalnya saja kloningan vario itu, mereka ga perlu banyak pertimbangan ina-inu. gimana segmentasi pasarnya, demand masyarakat, produk kompetitor, etc..etc..
    termasuk disini adalah minerva, yg saya ibaratkan mereka ga peduli deh gimana pendapat org nantinya.

    berbeda sekali dg yg kondisinya sudah di atas, seperti lagu tak gendong: uenak tho.. muantepp thoo..?!
    hari gini masyarakat Indonesia dianggap apa sama mereka ya, sangat diragukan hubungan timbal-baliknya.

    Suka

  8. tapi bukan cina saja yang jago kloning..pada awalnya dulu motor buatan jepang juga kloningan motor2 eropa…..
    kayak kawak meguro 650 (yokohama) beli blue-print sak moldinge…bsa golden star…..tapi sekrang dah bisa buat ninja….kalo menurut aku sih semua melalui proses…..
    honda pas awal2nya juga industri rumahan…..
    tapi sekarang dah punya fans boy…xixixixixi………..

    Suka

  9. Ane penasaran dengan yang masbro sebut Honda Future!!!
    Ane baru tau kalo Beijing Ranger itu klonenganne salah satu type bebek Honda… dulu ane sempet mbathin, kalo design bebek Beijing Ranger itu lumayan keren, dan ane sama sekali gak kepikiran kalo itu design nyontek bebek Honda. Soalnya menurut ane waktu itu (taon 2000an) gak mungkin Honda bikin bebek berdesign se sporty Beijing Ranger. ya ane kira2 aja itu mungkin klonenganne bebek Suzuki ato Yamaha di luar sono…
    Dan setelah tau Beijing Ranger itu klonenganne Honda Future (dipasarkan di Kamboja ma Vietnam), Ane jadi sangat2 heran mengapa AHM enggak memasukkan bebek sekeren itu di Indonesia… dengan kubikasi 110cc lagi!!! itu kan bisa buat head-to-head dengan Jupiter dan Shogun!!! Jujur, ane “Nggonduk” sama AHM!!!

    Suka

  10. @Bro Maskur

    Iya, bro, ane nggonduk karena waktu itu ortu ane nawarin motor baru bwt ane namun disuruh milih bebek Honda aja, soale ortu ane gak setuju kalo milih bebek selain punya honda, alasannya boros, pikir beliau… Padahal ane penginnya kalo gak jupiter ya shogun 110. soalnya waktu itu bebek honda gak ada yg keren. adanya ya legenda sama supra cepek. ya sudah ane pilih supra.
    Coba waktu itu AHM masukkin Honda Future… pasti ane langsung pilih tu bebek yg bodynya keren, gak kalah sama jupiter ato shogun…

    Suka

  11. @juragan…ada juga yang beli putus….sama kayak kawak…kalo emang nyontek..mesthi wes dedel duwel di somasi..gak perlu buat astrea legenda untuk membunuh market positioning-nya…..(IMHO)….lha wong decompresi dicontek aja..mochin babak belur di mejahijaukan kok…apalagi desain..ama mesin c series….

    Suka

  12. ehhh…om…Happy itu termasuk mochin apa monas (motor nasional) sih? soale kalo bolak-balik ada keperluan kerja diMalang sering lihat pabriknya dan secara design kebanyakan mereka ga copy paste sama mopang… :-D

    Suka

  13. kreatif banget…
    china walaupun belum begitu brani bikin model sendiri tapi g malu kalo ngakuin jago ngejiplak….
    indonesia takut di bilang suka ngejiplak jd ga bikin2 motor…

    Suka

  14. Bangsa China emang dikenal sebagai bangsa plagiator nomor satu di dunia.Jangankan motor,pesawat jet tempur MiG buatan Russia aja di contek.So soal contek mencontek motor mah ecess,bos.Kasusnya sama pada handphone2 ex China yang menjamur.Hp2 BB like,begitu ramai menggelontori pasaran hape kita.

    Suka

  15. @ 8. Ardhi – Juli 25, 2010
    Iya tuh, heran gw sama juragane blog, mosok bosowa dibilang mocin, Yang bener tuh Korea, basicnya Hyosung.Juga Kanzen, basicnya Daelim Korea juga.
    Cina tukang kloning? Plagiat? lumayan lah daripade bangsa yang cuman berkoar pating petakilan tapi mentalnya melempem pem pem …..
    Pisss ahhhh.

    Suka

  16. Ping-balik: Aku dan motor-motor ku (part 1) « Rizki Novrizal’s Blog

  17. Bagaimana dengan motor viar? Kayaknya yang satu ini agak beda. cos punya pabrik sendiri di Semarang yang lumayan gede… Dari segi dealer dan pelayanan after sales juga lumayan baik. cuma memang design masih mencontek sana sini.

    Suka

  18. aku pk ktm dr taun 2004 smp skr msh bagus, mau mocin kek mau motor jepun kek, yg penting perawatan.
    dari pada pake motor bodong

    Suka

  19. Dulu ada 2 tak yg mirip suzuki A100 mesinya,body jg hampir mirip tp beda.. mirip2 A100 yg buat motor plat merah jaman th 1990-an. KLo skarang ada sip tuh. Di modif jd motor gp50 kriedler van veen.

    Suka

  20. ane punya mocin di modif trail dr tahun 2002 tidak ada masalah yg berarti ampe skrng… gmn kita ngrawatnya aja,
    motor sport jepang keluaran terbaru juga lebih dr satu di garasi..
    ……… biasa saja

    Suka

    • tpi setau saya motor viar dan kanzen itu buatan INDONESIA gan, saya aja skarang mau beli motor viar new star z tpi ga di bolehin ortu nie, padahal saya pengen bnget motor itu karna saya secara cinta indonesia gan, tpi kata ortu motornya cepet rusak gtu, tpi kn seenggaknya klo beli motor buatan INDONESIA bangga gtu walaupun cepet rusak tpi klo kita sering” rawat pasti ga rusak kn

      Suka

  21. Ping-balik: Gaza Xtreme R, Mocin Dengan Tagline Paling Greget | Maskur's blog

Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s