Motor Langka – Yamaha Alfa II Z


Ketika membuka file-file foto yang dicapture dari jalanan, saya menemukan sebuah foto dimana terdapat motor unik. Motor tersebut saya bahkan yakin, tidak semua orang tahu.

Alfa II Z

Motor tersebut adalah Yamaha Alfa II Z. Foto tersebut saya ambil di Jalan Jendral Sudirman Semarang, tepatnya di lampu merah Kalibanteng.

Alfa II Z, apa pula itu?

Alfa II Z adalah varian bebek Yamaha bermesin 2 tak 102 cc, sama dengan yang digunakan di Alfa, Alfa II, Alfa II R, Champ dan Sigma.

Dibandingkan Alfa II R ada 2 poin utama pembedanya:

  • Alfa II Z menggunakan knalpot model racing. Bentuknya sama persis dengan yang digunakan Yamaha Champ, yaitu tidak memanjang seperti knalpot F1Z, namun agak pendek dan terkesan gemuk.
  • Strippingnya juga beda dengan Alfa II R. Seperti di foto di atas, kurang lebih seperti itu, ada aksen ungu dan kuning.

Lho apakah foto itu bukan motor modifan?

Walaupun saya tidak bisa melihat dan mencapture logo sampingnya, namun jika melihat dari knalpot dan strippingnya saya yakin asli.

Saya kurang tahu tahun berapa motor ini dijual dan ada berapa generasi.

Namun sepertinya sangat-sangat langka. Saya baru menemuinya 3 kali, waktu SMU di Banyumas, waktu kuliah di Solo dan terakhir adalah foto di atas.

Bandingkan dengan foto berikut

Alfa 2 z

Ada yang punya informasi tentang motor ini

71 pemikiran pada “Motor Langka – Yamaha Alfa II Z

  1. Baru benger ada Alfa II Z, kl Alfa, AlfaII, Alfa II R ma Sigma mah tau… Kl gak salah, Alfa II R adalah motor pertama yg foot step boncengernya gak di swing arm alias terpisah kyk mtr2 skr. CMIIW.

    Suka

    • Alfa II R footstep boncnegernya masih nyatu dengan swing arm bro!!
      generasi awal bebek yang footsptep boncengernya pisah Honda = Grand, Yamaha = Force 1, Suzuki = Crystal

      Suka

  2. Alfa 2 r bukan motor modifan, asli keluaran ymki. Temenku semasa sma pernah punya, knalpot racing. Knalpot seperti punya champ. Generasi terakhir alfa sebelum brojol force 1

    Suka

  3. Dulu sy penyuka mtor2 antik, tp skrg udah bosen, sisa 1 lg tuh, walau cuma di tongkrongin doan digudang. Wakakakaka i love honda s90, wakakakakaburrrrr….

    Suka

  4. absen pa’de, salam MEREDEKA……….waktu pertama kali belajar naik mongtor ya pake ini, yamaha alfa, mongtor bebek yang rasanya ( cmiiw ) di buat untuk wanita, dgn setang pendek, dan ground clereance alias jarak ketinggian dari jok ke tanah yang rendah, merupakan the first mover yamaha sebelum era mio, once again, cmiiw…………….

    Suka

    • @Pak Mitra
      Oooo yang tebeng item itu Limited Edition yah, aku malah nggak tahu. (maklum dulu nggak kenal Honda sama sekali) Kalo Prima rata-rata nggak pake tebeng tuh :mrgreen:
      Kalo F1Z limited edition kayaknya banyak di internet tuh, cari saja. aku kayaknya punya

      Suka

    • @mukhtarom
      Wah ada indomotoblogger yang punya rupanya
      wah masih pake blogspot ya
      kapan pindah ke wordpress, biar teman-teman komentator mudah dan enak kalo mau komentar
      **SalesWordpressKumat**

      Suka

    • @Pak Mukhtarom

      Wah selamat datang di wordpress orang kedua yang kena hasutan saya untuk pindah ke wordpress setelah Motorkencang.wordpress.com :mrgreen:
      silahkan memperkenalkan diri ke warung lain,
      dijamin akan banyak pengunjung dari rekan-rekan komentator :razz:

      Suka

  5. Yamaha Alfa II Z,keluar dealer tahun 1992-1993.Gua pakai Alfa Champ,tahun 92.Cuma facelift aja kok tipe ini.Asal tau aja,Yamaha Alfa Champ inilah pelopor rem disk brake depan buat motor2 underbone/bebek.Muncul tahun 1990 sampai tutup produksi tahun 1993.

    Suka

  6. pernah make alfa II punya temen.. asli tenaganya yahud nih motor, boncengan tiga org aja masih wuss..
    sekarang gw make motor langka juga nih.. suzuki econos A100, jarang ada yang make.. motor inventaris kantor sih, ada king, supra X 125 tapi gw milih suzuki A100 ini..klo ada lelang mo gw beli aja..

    Suka

  7. Spuyernya beda sama alfa biasa..
    kalo gak salah tutup rante juga mirip champ.
    Saya juga lagi nawar motor seperti ini. bagus kok.. Cuma lagi takut partsnya yang agak sulit di pasaran..

    Suka

  8. Saya simak obrolan rekan-rekan 2tak-er. Wah seru. Saya kebetulan baru dapet Susi Crystal tahun 91 lelangan dari perusahaan. Dapetnya murah 400 rb. Tapi pajaknya mati 5 tahun, habis 680 rb (blm balik nama nih), ongkos ngangkut dari pool ama mbengkel dll 500 rb. Sy seneng waktu udah hidup tenaganya gede. Tapi kalau ditancep gas…malah batuk kaya kakek-kakek. Diskusi ama bengkel, dia bilang gak mau nyetel lagi kalo gak diganti carbu, pasalnya si Susi berkarbu lokal yang paling murah, mungkin dituker sama tangan jahil waktu di pool. Karena udah jatuh cinta sama si Susi, maka tak beliin carbu ori (Mikuni), wah ampun mahalnya…. 700 rb. Saya terkejut sendiri setelah penjumlahan akhir…….. tapi motor ini memang kenceng, lincah dan nyaman dipakai di kepadatan kota Bandung….he…he… menghibur diri.

    Suka

  9. memang ada motor Alfa II Z itu mas.
    beredar sekitar bulan Januari 1993 s/d Juni 1993.
    saya ingat bener motor ini, ceritanya sekitar bulan desember 1992 saya dibelikan motor Yamaha bebek Terbaru waktu itu, Alfa II R, harganya saya masih ingat betul gan, Rp. 2.900.000,- ( dua juta sembilan ratus ribu rupiah )

    eh, belum sebulan pakai, keluar versi terbarunya, ya Alfa II Z ini gan….wah, gondok bener rasanya…

    tapi kayaknya motor ini gak berhasil gan, buktinya pada Juni 1993 keluar Yamaha Force One, Sang Legendaris itu…

    Wah, siapa yang masih nyimpen motor ini ya gan ?
    bener2 unik….

    Suka

  10. ane mo jual nech Suzuki RC 100 th. 90..
    mesin masih tokcer full orisinil harga 2jt aj nego..
    klo minat hub. 022 9362 3373 trims…

    Suka

  11. jangan salah gan. Alfa II R ini versi racing lho. kode R = Racing. klo dalam kondisi normal bisa dipacu lebih dari 100 km/h. aq pake ampe skr. dulu dalam kondisi normal (2006-2010) pernah ta pacu ampir 120 km/h. padahal ga dimodif sama sekali. bensinnya jg irit. kira2 1 liter = 50 km lebih. biasanya isi 10rb= 2,2 liter bisa PP Kendal-Semarang (kr2 65km) itu aja masih bisa jalan2 sekitar 15km lagi. lagian ga ngebul bgt tuh kayak 2 tak yang laen. pake oli-nya Shell, mesin ama samping. sekarang paling pol 80 km/h udah loyo seh hehehe…. klo bersaing ama honda yang suprafit, masih brani diajak kebut2an. dulu pernah ngetrek ama Kaze R standar n pya aq standar jg, baru gigi 3 udah jalan sejajar. gigi 4 pya aq dah jauh didepan. sekedar share aja.

    Suka

  12. wahaha teman-teman disini seprtinyya jiwa 2tak ya? walaupun ngebul tapi tetep asik brother, saya masih pake tiap hari bogor-cengkareng nyussss sambil menikmati udara pagi. walaupun ada Yamaha s*****o,F**o,F**R, tetapi Alfa IIR tetep pilihan utama menemani kerja, Motor beli tahun 1991 harga 2.800.000 (new) ampe sekarang servis rutin part ori dikirim langsung dari solo jateng karna populasi terbnayak dijateng kususnya di solo. top speed alhmdllh masih nyampe 100kpj. jika berminat kita bikin tempat memadu kasih 2takan yuk? Salam damai selalu AD 5880 NB

    Suka

  13. wew mantep nih ngingetin masa sma dulu,dulu pernah ngambek minta alfa sampe gak mau sekolah kalo gak dibeliin alfa..akhirnya sampe sekarang motor ane simpen,dan kalo mudik kampung ane pake muter muter sampai ujung kampung

    salam

    Suka

  14. jadi inget, jaman dulu awal awal kerja, nih motor banyak juga kok yang pakai, cuma bebek yang paling top saat itu yamaha force one bisa saingan dengan motor laki macam rx king

    Suka

  15. Kalo setahu sy yamaha alfa ada 2 model : yamaha alfa pertama keluaran tahun 89 dan yamaha alfa II keluaran tahun 92 keatas.demikian gan yang sy tau,maaf kalo sy salah.salam kenal dari sy.

    Suka

  16. ike msich pnya alfa th91tp udah trun msicn 1x’soal kebut2an yg sesama 100cc standar udah ndksah tnya dech..msich wuzz..kitir2 brow’
    hehehehe;-)..

    Suka

  17. saya punya yamaha alfa II Z tahun 88, cuman kondisinya udah rada memprihatinkan.
    tapi saya juga lagi di modif tuh motor.

    Suka

  18. Saya punya bener2 persis ini.stickernya jg utuh…semua orisinil…ada yang minat?
    Hub:
    Agung Setiawan
    Hp: 0857 3237 3737
    Barang ada d surabaya plat L.
    Terima kasih

    Suka

Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s