Tentang iklan-iklan ini

Kenapa Ban Tubeless


Sebagai orang awam, dulu sekali saya sering bertanya :”Kenapa orang pada pake ban tubeless, bukankah harganya lebih mahal, terus kalo bocor susah nyari tukang tambalnya?”

Sampai kemarin saya berencana mengganti ban motor saya dengan ban tubeless, ternyata teman sekantor saya mempunyai pertanyaan yang sama. Dan ternyata banyak orang yang menanyakan hal yang sama.

Penjelasan saya begini : Kalo dipikir-pikir, dengan harga yang lebih mahal daripada ban konvensional, pasti ada suatu kelebihan yang bisa di dapat.

Jawaban sederhana dari keuntungan ban tubeless adalah karena jika tertusuk paku tidak langsung bocor atau habis anginnya. Jadi kita masih punya banyak waktu untuk menambal ban tersebut walaupun tukang tambalnya jarang.

Kita cari jawaban ilmiahnya saja:

Karet bundar tipe ban tubeless memiliki bagian yang tidak di miliki ban tipe tube “lapisan ini di sebut sebagai inner linner. Fungsinya seperti ban dalam” ujar Joko Suseno, Quality Control Outdoor Test PT Suryaraya Rubberindo Industries (SRI) selaku produsen FDR.

Nah, lapisan ini mempunyai sifat kedap udara. Sehingga udara yang ada di dalam ban tidak mudah menembus pori-pori karet. Apalagi, jika ban tertusuk paku dan paku itu tidak di cabut. Meski tidak sepenuhnya melindungi tapi inner linner ini bertugas buat menjaga udara agar tidak dengan mudah keluar.

“Terlebih jika inner linner ini punya mutu yang bagus,maka udara yang keluar semakin minim” tambah Joko yang juga sibuk urusi keperluan FDR di road race. Mantap!

Bukan hanya inner linner aja yang bertugas menjaga kehebatan ban tubeless masih ada lagi! misalnya seperti karet bundar merk FDR. Ban yang sempat pegang ban balap resmi road race ini mengadopsi breaker atau semacam lapisan khusus di tipe tubeless.

Lapisan ini berfungsi untuk menjaga agar benda tajam tidak mudah menembus ke sisi dalam ban. Misalnya, paku. Nah letak lapisan ini ada di bagian permukaan dasar ban. Malah, banyaknya breker bisa lebih dari satu lho.Tergantung dari pabrikan ban itu sendiri.

Dengan adanya breaker di ban tubeless ini, pelek juga tidak gampang rusak :“Sebab breaker ini bisa sedikit meredam hantaman dari benda asing, Sehingga, pelek tidak mudah penyok atau pecah” aku pria ramah ini.

Kelebihan lain yang di bawa ban tubeless pasti soal waktu, iya waktu buat tambal ban. Selain pelek tidak mudah lecet akibat musti buka ban dalam seperti ban tube. Menambal cukup dalam hitungan 5 menit. Yap, seperti yang di lakukan tukang tambal ban. Cukup tambal dengan alat khusus melalui permukaan luar ban.

Sumber : Motorplus

Perbedaan antara ban ber-tube dengan tubeless kurang lebih bisa dijelaskan sebagai berikut:


Silahkan share pengalaman anda

Tentang iklan-iklan ini

About I-M

maskurblog.wordpress.com

Posted on September 7, 2010, in MOTORCYCLES and tagged , , , . Bookmark the permalink. 29 Komentar.

  1. keduaxxx dah….
    blm sempet nyari info harga ban tubles 16 inchi…

    Suka

  2. hikz…kemaren mo ganti ban tubeless buat nyi iteung, tapi gak jadi…uang jajannya kurang :(
    insya Allah abis lebaran ganti ban corsa, ukuran 100 :D
    soale ban belakang ane sering banget bocor..kena batu tajem di jalan masuk rumah…

    Maskur® :”Duit angpau bisa nih buat tubeless :mrgreen:

    Suka

  3. kira-kira bisa ga ya ban tubeless dipasang divelg vespa???

    Maskur® :”Sepertinya bisa, jaman sekarang bayak yang bisa modif kok”

    Suka

  4. berdasarkan pengalaman….

    ban tubeless kualitas terbaik di indo masih dipegang battlax….
    dan dengan harga hampir separuh battlax tapi dengan performa dan kualitas tidak beda jauh yaitu FDR…

    bagi yang mau masih mikir buat ganti tubeless…
    dah ga usah mikir …. langsung ganti aja kalo dana dah tersedia.. jalanan di negri kita ini dah layaknya medan perang… ranjau ada dimana2 … dari jalan raya sampai jalan komplek….

    gw aja dulu sebelum ganti… sampe bosen tiap minggu nambel ban mulu gara2 paku sialan…. kalo dikumpulin bisa gw jual ke tukang besi tuh paku pada… :mrgreen:

    Suka

  5. klo uang ga ada yha jgn ngotot beli yg mahal ampe bela2in ngutang demi gengsi semata pdhl blm tentu tuh ban baguz walau merk luar, yg murmer aza tp berkualitas…

    Contoh gw,
    Pke merk swallow type Thunder XX harga 225rb udh ma pasang n pentil udh 1 setengah tahun pke di Baja Item utk ban belakang msh baguz2 aza ga licin waktu hujan pdhl jln yg gw lalui tiap hr bs dikata 80% ny rusak abiz 20% ny aspal mulus. Pernah satu ketika bocor kena pecahan keramik di jln lobang ny cukup gede dan angin ny keluar dlm hati wahh mesti dorong mtr nich cr tukang tambal band ehh ajaib ny angin ny tiba2 ga keluar lg pas gw standar tengah cek tekanan ban cukup lahh buat di bwa jln. Syukur setelah 1KM ketemu tukang tambal Band n ampe skg ban gw Fine2 aza tuhh…
    * bukan promosi lohh yha

    Maskur® : “Terima kasi sharingnya Mr_Long’S, percaya produk lokal ya

    Suka

  6. karena:
    -tersedia ukuran lebar, modelnya keren2
    -klo kena paku ga langsung bocor
    -nambal cuma 10menit, ga perlu cungkil ban luar, so Velg CW ga lecet
    -tekanan angin lebih awet, ga sering isi angin
    -karena tekanan angin selalu terjaga kerja mesin enteng, bensin lebih hemat
    sisi negatif cuma 1 : harganya mahal
    Tips, klo kena paku penanganan sementara jika ga ada tambal tubeless, cabut pakunya trus tutup lagi pake baut skrup, dimasukkan ke sumber kebocoran dengan cara dibaut. (lumayan efektif, sampe beberapa hari. tapi sekarang sih hampir smua tambal ban bisa tambal tubeless. klo urusan merk mah pake IRC roadwin aja kemarin ukuran 130/60-17 di PRJ kena 360 rb. merk terkenal, dan dipercaya Kawasaki, dan Minerva untuk produknya. Pasti ada pertimbangan knapa mereka milih IRC.

    Maskur® :”Terima kasih tipsnya nih, makin mantap untuk ganti tubeless

    Suka

  7. swallow juga lumayan udah 2 tahun pake(sebelum pake IRC). asalkan jangan tipe Xworm, licin bgt klo hujan. percuma sih beli mahal2 toh dengan ganti ukuran diatas standar udah nambah safety.

    Suka

  8. inginnya sih mo ganti ban tubeles, tapi… ban bawaan masih amat sangat tebal… jadi tunggu sampe abis aja dah batiknya
    sebenernya untuk mencukil ban luar agar tidak merusak velg ada caranya lho!

    Maskur® :”wah bagaimana itu caranya. bisa di share?”

    Suka

  9. mo ganti tubeless…tp dana kurang..ihikss.. :mrgreen:

    Suka

  10. mau ganti tubeles juga.. ntar siang.

    Suka

  11. SWnya pake ban apa pakde? Soale mau ganti ban belakangku pake tubeless, tanya2 kok adane cuma Swallow n Battlax. Padahal ngefans FDR. Hehe
    ditawari Swallow Venom 16″ 80/90 145rb termasuk murah/mahal ya?

    Suka

  12. @Lingga
    THR kan bisa tuh :mrgreen:
    @Mukhtarom
    wah nanti dishare artikelnya
    @Moko
    Yah standarnya segitu

    Suka

  13. ooo jadi batlax yang bagus ya, kalo kekuranganan pake cairan super glue apa donk?

    Suka

  14. numpang rembuk , sy pakai honda vario 2007 CW dari baru bannya federal ori bawaan motor,ban depan dan belakang sy ambil ban dlm y trus peleknya sy pasangin pentil tubelless hasilnya ok aja tuh,malah sdh ganti ban dgn merk yg sama kali ke dua.

    Suka

  15. @Heri
    Superglue hanya untuk lubang kecil
    @Pram
    Wah nice to share

    Suka

  16. Alo bro,,artikel ban termantap yg pernah sy baca..
    ada pertanyaan nih mengenai ban tubeless, begini: kelebihan ban tubeless kan kalo kena paku nga bocor, lalu kalo misalnya ban tubeless kena paku dan lengket di bannya,dan kita nga tau karna bannya nga bocor, bukankah itu sangat berbahaya? .mengendarai dgn paku di ban kita.selain itu,point no 2 nya,yaitu bukankah berbahaya jg berkendara dngn kondisi ban yg kempes perlahan tanpa kita ketahui…
    sy mao beli ban tubeless dan ragu di point 2 itu..thx..

    Suka

    • kalo dipakai rutin dan kita care dengan kendaraan kita pasti minimal seminggu sekali mencucinya. Ketika mencuci kita juga membersihkan roda-rodanya. Pada waktu membersihkan kita juga mengeceknya kan. Kalo menemukan paku dan sebagainya kita bisa segera menambalnya. Gitu bro

      Suka

  17. wah pengen ganti ke tubeless juga nih… yang tidak licin kalo turun hujan, merek apa bagus ya….

    Suka

  18. gue baru 2 bulan pake ban tubeless merk “FDR” , berhubung jalanan banyak batu kerikilnya,, alhasil ban gue sobek sekitar 5mm ,, udah ditambal tetep ajj bocor ,, adakah solusi selain lem biru ?? #lempar beli yg baru, thx

    Suka

  19. prnah tengah malam aku pulang krumah,aku gk tau klw ban ku kena paku entah dimana,pas paginya aku lihat paku itu…cukup besar sih.
    jadi aku ad wktu untuk cari tukang tambal krna ban belum sempat kempes…setelah di tukang tambal, baru paku itu di cabut n ban ku di tambal.
    Ban ku Beatlex ukuran 160/60 R17 (belakang) 120/60 R17 (depan).

    Suka

  20. malam agan2… ;)
    saya punya sedikit cerita menjenkelkan tentang ban tubeless 100/80-17 berlogo FDR ( Genzi ).
    beberapa hari lalu.. :(
    ntah dari dunia mana sebuah paku ( beton) dengan panjang +/- 5 cm bersarang diban belakang motor saya..memang pada awalnya ban belakang saya tidak langsung kempes ( masih ada sisa angin ) tapi, lama kelaman kempes juga…akhirnya saya putuskan membawa ke t4 tambal ban yg bisa menerima ban tubeless ( t4 asal muasal ban motor saya berubah jadi ban tubeless )… :)
    banpun segera diisi angin untuk mengetahui kebocoran lain selain dit4 paku itu bersarang..alhasil setelah diisi angin ternyata keluar angin disertai suara ssstttt……….. :/
    ternyata angin itu keluar dari sisi samping ban…intinya paku tersebut tembus dari permukaan sampai disisi samping ( hampir mengenai velg )… :'(
    dokter tambalpun tidak bisa berbuat apa2 dengan kondisi paku yg sudah melubangi sisi samping…beliau menyarankan untuk pakai ban dalam…
    padahal ban itu baru saya pakai +/- 2 bln..
    dengan berat hati dan kecewa dan jengkel saya harus menggunakan ban dalam lagi ( kembali ke laptop ).. :'(
    semua karna seekor paku sialan yg ntah dari mana asalnya…heheheheheee :p

    sekian cerpen dari saya…semoga agan2 berhati2 dijalan raya, agar ban motor tubeless agan2 tidak terjadi seperti saya..sedih sih tapi, apa boleh buat…sudah terjadi
    ;)

    Suka

  1. Ping-balik: Artikel-Artikel Tentang Ban Tubeless [Reblogs] « Learning To Life

Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 2.364 pengikut lainnya.

%d blogger menyukai ini: