Glove, Perlu Pembiasaan


Glove adalah salah satu piranti keamanan dalam berkendara. Fungsi utama adalah mengurangi cedera pada tangan. Namun mayoritas pengendara tidak menggunakannya.

Menggunakan glove juga adalah hal baru bagi saya. Sekarang memang karena jarang menggunakan motor. Namun jaman dulu ketika bekerja dengan motor, saya juga tidak menggunakannya karena rasanya ngganjel dan pegangannya kurang mantap. Memang saya tidak pernah jatuh, namun tangan memang jadi hitam kelam karena terkena sinar matahari. Berarti fungsi lain sarung tangan ini adalah melindungi kulit.

Ketika teman saya mengalami jatuh sehingga mengakibatkan luka di telapak tangannya, saya jadi berpikir, sarung tangan sepertinya hal penting dalam mengendarai motor. Akhirnya ketika masuk Ace Hardware Semarang, saya membali sepasang Glove dengan harga termurah :mrgreen: Saya pakai pertama kali ketika Kopdar Banyumas II di Win’s Paddock.

Mungkin secara fungsi, Glove bermerk Scoyco ini masih jauh dari fungsi yang sebenarnya. Namun tak apalah sebagai langkah awal dan sebagai pembiasaan. Jujur saja, awal-awal menggunakan glove ini rasanya repot, bentar-bentar copot-pasang. Jalan sedikit, mampir ke warung, copot glove untuk ambil dompet. Jalan lagi, pasang glove lagi….isi bensin, copot glove, jalan pasang lagi. Mungkin ini sebabnya orang malas pake glove ini ya..

Namun karena sesuatu yang baik, harus mulai dibiasakan. Kamen rider saja kebingungan karena lupa naruh glove-nya. Kotaro Minami juga selalu make glove tuh :mrgreen:

Sudahkah anda pake glove hari ini? Harus dua! :)

30 thoughts on “Glove, Perlu Pembiasaan

  1. Aku malah gak enak kl riding gak pake glove…
    Awalnya emang kaku, narik tuas rem aja gak berasa, kurang mantab gitu rasanya, tapi kelamaan mah biasa aja. Yg terpenting fungsi glove emang melindungi tangan dari cedera ketika terjatuh. Lbh bagus sih yg terbuat dari bahan kulit, yg murah jg ada, dibawah 50rb jg ada. Cukup buat melindungi tangan kl untuk jalan harian mah.

    Suka

  2. ha ha ha ha :mrgreen:

    kalau belum biasa, ada gejala; KERINGETAN… :mrgreen: dan kalau kita tidak bersih (sampai hal terkecil) maka GLOVE MUDAH KOTOR :shock:
    :?: hmmm… jadi inget Glove AHM pemberian Om Nadhi :mrgreen:

    Suka

  3. kalo saya pas riding jauh baru pake, karena tangan emang terasa nyaman kalo udah pake glove sih, saatnya berubah………………..wake up kotaro san…

    Suka

  4. sy slalu pake,n biar ga ‘eungap/pegah’ maka milih yg ga tertutup pnuh,alias jari2nya nongol,jd ga perlu dibuka kalo mo ambil dompet

    Suka

  5. Pernah pake half glove waktu turing dari purwodadi ke ponorogo, pas nyampe ponorogo jari2 yg nga ketutup pada belang kebakar. :mrgreen:

    Suka

  6. Kalo ane pake yg half, disamping gak bikin item bisa buat “nguthik2″ (ambil receh, dompet, ngupil :mrgreen:, etc)

    @Juragan Bebek
    Kalo ane yg agak kebakar setengah jari telunjuk aja bro :D karena stand by buat narik rem cakram depan.

    Suka

  7. betul pakdhe, penting tuh glove.
    ane pernah nyusruk ke kerikil, untuk pake glove kulit
    jadi yang bolong cuma glove-nya, telapak tangan aman . ( tapi dengkul mlocot juga :mrgreen: )

    Suka

  8. Kl memang ada duit…mending ambil glove yg memang diperuntukan buat touring. Ada bbrp merek yg memang sdh terbukti bagus dipake. Aman serta nyaman.
    Sy sudah kapok make glove abal2. Mulai dr kain biasa smp kulit. Yg kulit justru paling bahaya krn kulit (kualitas jelek) biasanya kurang lentur n justru makan bidang yg lbh gede n itu mempengaruhi posisi jari saat megang tuas rem n kopling. Feeling ke grip gas jg berkurang.
    Sehari2 sy selalu make glove, helm full face, jacket tebal. Walau memang trasa lbh gerah namun smuanya demi safety.

    Suka

  9. merekke podho karo sarung tanganku, awalnya saya pake yang setengah, jadi jari-jari masih kelihatan separo, tapi saat sekarang pake pulsar, saya beli yang full dan ada lapisan keras di bagian atas, juga di buku-buku jadi, dipastikan lebih aman, tapi susahnya kalau mau ambil dompet susah.

    Suka

  10. Walopun repot saya berusaha membiasakan.
    Yang model setengah jari sepertinya kurang maksimal.
    Di Ace Hardware sepertinya barangnya mutunya lumayan.
    Disana ada berbagai macam model dan harga. Yang saya beli itu harganya 100 ribu.

    Suka

  11. @maskur
    sy dl smpt muter2 di ace hardware n lht bbrp glove. Ada yg memang lumayan kok. Tp pengalaman sy merek Scorpion sdh lbh dr cukup buat dipake sehari2. Grip n proteksi bagus. Harga memang 300-an ribu. Cuma feeling bawa motor enak bgt. Bahannya kulit lentur n menyerap keringat. Nyucinya gampang tp keringnya susah wakakakakakak. Atau merek axo jg sdh lumayan bagus….harga setengah scorpion tp dipake setaon udh robek ujung jarinya. Mungkn krn sy make tiap hari.

    Suka

  12. Ping-balik: Glove Itu Belum Umum Part 2 – Bima Satria Garuda Juga Belum Pake | Learning To Live

Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s