Fungsi Lampu Motor Itu Buat Apa Sih?


Masih membahas tentang lampu nih. Jika ada yang bertanya: Lampu (utama) di motor itu fungsinya apa sih? Mungkin dianggap pertanyaan bodoh, karena anak kecil saja tahu bahwa lampu itu untuk penerangan. Untuk menerangi jalan ketika malam hari.

Itulah pemahaman yang dianut mayoritas pengguna motor di tanah air : Lampu adalah untuk penerangan. Sehingga ketika jalanan masih terlihat maka tidak perlu menyalakan lampu. Makanya program DRL (Daytime Running Lamp) dianggap sangat-sangat aneh.

Bagi masyarakat umum, ada satu fungsi lampu yang kurang diperhatikan, atau bahkan tidak diketahui. Lampu adalah sebagai tanda eksistensi. Maksudnya lampu adalah tanda dimana suatu motor berada. Hal inilah yang perlu ditanamkan kepada seluruh pengendara motor, sebelum program DRL diterapkan.

Karena tidak mengetahuinya, sering kita temui banyak pengendara motor yang tidak menyalakan lampu ketika hujan atau ketika cahaya matahari sudah mulai redup namun jalan masih terlihat. Ini riskan, karena dua kondisi alam tersebut membuat pendangan kendaraan lain menjadi kurang jelas. Pengendara motor yang tidak menyalakan lampunya bisa jadi tidak terdeteksi dan rawan terjadi tabrakan.

Mungkin hal tersebut diatas yang menyebabkan di luar negeri wajib diberlakukan DRL, sehingga pembeli motor “dipaksa”‘ menggunakan motor dengan lampu yang menyala ketika kunci kontak di-on kan atau ketika mesin hidup.

Bagaimana dengan di Indonesia, yang diawali oleh Suzuki Axelo? Apakah akan sukses, bagaimana ketika ada benturan dengan norma kesopanan seperti banyak diutarakan di artikel sebelumnya?

Baca juga:

 

34 thoughts on “Fungsi Lampu Motor Itu Buat Apa Sih?

  1. kebijakan yang membuat banyak pro dan kontra, imho keebijakan DRL ini belum tepat dilaksanakan pada waktu sekarang karena emang ada elemen lain yang harusnya mendapat perhatian lebih dan mendesak untuk segera ditindaklanjuti ( wehhh…bahasane ) yaitu INFRASTRUKTUR a.k.a kondisi jalan di republik ini yang kebanyakan tidakk layak dilewati karena tidak memenuhi standar SNI, iya toh…pake helm aja wajib SNI tapi kok jalannya tidak SNI…tanya kesiapa?

    Suka

  2. coba deh hari-hari terakhir ini semua pada maen ke Malang-Batu. sekarang lagi musim pancaroba; panas nggak, hujan pun enggan turun. bawaannya mendung terus. cuaca kayak gitu bikin kondisi jalan raya gak bisa terang benderang, meski itu siang hari. betul kata pakdhe, lampu utama tuh biar kita ngeksis di jalan raya. jadi, nyalain lampu siang hari di Malang-Batu bukan lagi karena ada razia ya…

    Suka

  3. weleh…. itu foto saya pake skywave lagi ngikutin taruna pas kabut tebal di cemoro sewu, salah satu fungsi lampu juga jadi gampang terlihat, terutama lampu belakang, apalagi lampu belakangnya LED :lol: :mrgreen:

    Suka

  4. @Nurhidayat
    kalo di tanjakan kan?
    @Tiyo
    Jalan SNI? mungkin SNI yang lain, misalnya Standar Ngasal Indonesia :cool:
    @Arif Rakhman
    Heheheh istilah gaulnya pake lampu biar ngeksis ya
    @KB a ka LAN
    baris terakhir == sepakat. btw ditunggu review Skywave ke cemorosewu..sebelum dan sesudahnya.

    Suka

  5. Saya juga paling tidak suka lampu siang, rata-rata setting lampunya terlalu naik, shg sangat menggangu pandangan. Pak Polisi, tolong ditinjau lagi undang-uandang yg tidak berguna bahkan pemborosan.

    Suka

  6. @Bejo
    Kalo siangnya hujan dan berkabut? :?:
    @Shumy
    Ya susah, welutnya kabur semua.
    @Cak Poer
    Automatic Slek On
    @Roso
    Vario techno itu lampu belakangnya bening kan? :mrgreen:

    Suka

  7. @J4na
    sempat2nya naik motor mikin begitu :)
    @Pak Bon
    Oooo sepertinya semua motor juga begitu.
    @Mercon C
    Foto kedua? Skaywave memang cakep lampu belakangnya :lol:
    @raiderobie
    Lha itu CBR 150 R versi CBU kan sudah nyala lampunya ketika kontak di-on kan.

    Suka

  8. Saya kalo siang2 naek motor selalu nyalain lampu. Udah saya rasain sendiri, ternyata banyak manfaatnya. Dan saya juga ngga pernah ngerasa keganggu dg sinar lampu motor dari arah berlawanan. Cuma ya itu, untuk beberapa tempat/wilayah, saya milih matiin lampu, walau tuk sejenak (jiahh…bahasanya) :mrgreen:

    Suka

  9. Setuju Mas, Lampu bukan untuk penerangan, untuk menunjukan “kehadiran” si Sepeda Motor.
    Kalau Lampu Utama dibilang untuk penerangan, makannya ada juga yangtidak menyalakan Lampu dimalam hari karna matanya masih terang(jelas melihat)

    Suka

  10. Ping-balik: “Lebih Baik Lupa Mematikan daripada Lupa Menyalakan” | THE COOLRIDER'S GARAGE

  11. Ping-balik: Perduli Orang Lain, Nyalakan Lampu Ketika Hujan Lebat | Maskur's blog

  12. Ping-balik: Google Dance, Ketika Mbah Gugel Menghapus Jejakmu, Plagiatpun Jadi Nomor Satu | Maskur's blog

  13. Ping-balik: Fungsi Lampu Senja Skywave | Maskur's Blog

Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s