Suzuki TRS, Motornya Pegawai Kecamatan


Suzuki TRS saya ketahui sewaktu masih kecil. Motor ini yang saya tahu merupakan kendaraan dinas Kecamatan. Jadi hampir semua Suzuki TRS yang saya temuai berplat merah. Sangat jarang sekali yang berplat hitam.

Motor ini bisa berada di kelas Sport 110-120 cc, satu level dengen Binter GTO (110 cc) dan RX Special (115 cc). Namun dalam keseharian, sepertinya memang jumlahnya sedikit, raja di kelas ini dipegang oleh Yamaha RX Special.

Di sport 2 tak, tahun 90-an memang Yamaha merajai dengan beberapa andalannya. RX King adalah jaminan mutu yang namanya masih bertahan sampai sekarang. RX Special merupakan alternatif untuk kelas yang lebih ekonomis. Ada juga kelas 100 cc mesin tidur yang diisi oleh Yamaha L2 Super dan Suzuki A100, namun yang lebih banyak di jalanan adalah A100, dan sekali lagi rata-rat merupakan kendaraan dinas.

Kembali ke Suzuki TRS, dengan mengusung mesin 2 tak berkubikasi 118 cc, power yang dihasilkan cukup untuk harian, namun seperti halnya motor Suzuki lainnya, tenaga baru terasa diputaran menengah ke atas. Hal yang sama kita temui di motor Suzuki yang beredar sekarang, untuk mesin 4 tak pun juga.

Hal yang menurut saya kurang elegan adalah posisi karburator yang disembunyaikan di blok sebelah kanan. Binter dan Suzuki yang menerapkan hal tersebut. Yamaha sebenarnya juga menerapkan hal tersebut pada varian L2/L2 Super. Secara fungsi sepertinya lebih aman, namun fungsi sebenarnya apa ya?

Adakah yang tahu?

Jika saya melihat varian RS & RX  dari Yamaha atau CB & GL dari Honda semua menempatkan karburator di belakang silinder. Bahkan vaian Suzuki lebih lanjut yaitu RGR juga karburatornya di belakang silinder. Tampak lebih keren kan?

Satu fitur yang sekarang dianggap modern adalah indikator posisi persneling. Sekarang rata-rata motor bebek menerapkan fungsi ini.

Jika di dalam negeri Suzuki TRS kurang punya nama, di Malaysia motor ini sepertinya termasuk digemari. Jika kita mencari gambar Suzuki TRS lewat engine search, kebanyakan berasal dari Malaysia, ditandai dengan penempatan pelat nomor di atas spakbor depan. Bahkan forum roda 2 sana juga membahasnya. Di Indonesia, jarang sekali yang mengulas, yang saya temui baru blog ini.

Adakah yang punya informasi tentang motor jadul ini, silahkan di share di sini.

97 thoughts on “Suzuki TRS, Motornya Pegawai Kecamatan

  1. Sering liat ni mongtor wara wiri ngarep umah, tapi ga tau detailnya, yg jelas terlihat asap yg tebal keluar dari knalpotnya dg bau nyang menyengat, dan suara khas mongtor 2 tak yg terdengar ‘merdu’

    Suka

  2. Ping-balik: Foto Hari Ini – Foto pohon minyak kayu putih bunga merah « Ahsanfile's Blog

  3. Tatanggaku masih ada yg pake mas, buat naik turun gunung, coz tukang gergaji kayu… kuat bnr tu mtr.
    Karburator di dipinggir kyk Yamaha L2, Suzki TRS coz mereka gak pake katup buluh (reed valve) tp make rotary valve kayak aprilia RS250. Reed valve letaknya nempel di sumbu crankcase

    Suka

    • @Rovino
      2 tak jangan dibandingkan dengan 4 tak. Btw kalo ada tutupnya emang tetap kelelep.
      @Pak hadiyanta
      itu kecamatan Sanden ye :)
      @lekdjie & Ndeso Kluthuk
      ooo gitu yah, aku belum apakah itu rotary valve.
      @Mercon C
      ini langka lho.
      @dnugros
      Suzuki kan emang karakternya gitu.
      @uikjoss
      Tapi TRS ini kan lebih modern
      @kang Ulid
      ama L2 itu sama-sama rotary valve

      Suka

  4. lok didaera ane bukan pegawai kecamatan masbro tapi dipake mantri, entah mantri sunat ato mantri sapi, kalo pegawai kecamatan biasanya make honda win 100

    Suka

  5. Tahun 1984 saya pernah menggunakan motor jenis TRS ini warna silver lengkap dengan velg racing enkey bintang lima standart Suzuki dan dipakai hari-hari untuk kuliah, Bagus bentuknya, enak ditunganginya, lumayan kenceng juga.

    Suka

  6. Aku masih punya koleksinya Satu, th 1994 yang ada batok lampu depannya warna hitam mulus,pajak aktif plat D (BDG). kinclong 97,5% orisinilan. yg tdk ori spion, ban dan bungkus jok. tidak pernah dipake jauh.(hanya utk beli kupat tahu,maks 700 M). hanya utk koleksi beberapa orang berminat membeli tapi tdk utk dijual, Keluar garasi 2 bulan sekali.Lumayan bisa buat menjemur kasur….

    Suka

  7. baca tulisan ini..aku jadi pengen cepet ke rumah ortu..
    di rumah masih ada TRS 86 yang sudah aku cat lemon green dan engine gold, tapi…dah gak diperpanjang lagi STNKnya..maklum ortu pake dari thn 86 dan mulai tergusur dengan Honda Karisma dan 2 unit Honda Tiger..dan sekarang hanya jadi pajangan aja..buat obat kangenku..

    Suka

  8. TRS pake rotari. Over stroke Gak gelem diembat spontan dari diam. RX s pake katup buluh , karakternya ganas nyalip trs. Spontan kono.. Opo meneh di copot saringan udara ne. Ngooook… Mirip king..

    Suka

  9. Mtr trs ku naik turun gunung TAPI koplingnya slipo trus s pere udh ganti per ama fiber kopling tp tetap saja.

    jd terima nasib aja sama si trs

    Suka

  10. Gw punya TRS tahun 82 . udah gw modif trail . tarikanya mantap juga . kalo bensin memang borosnya minta ampun dibanding 2 tak lain . pernah ketangkap polisi trus ngendon 10 bulan . tetep gw ambil lagi . meski semua kropos , gw bangun dari awal lagi . udah terlanjur sayang . enak juga diajak trabas . TUA-TUA KELADI .

    Suka

  11. hehehe….. itu motor kesayanganku waktu kuliah th 91. seimbang sama rx-king tarikannya. bunyi knlapot yg khas agak berdenting. body berat, mantap..

    Suka

  12. Itu Motor Suzuki TRS , Setara Tarikan nya sama RX King. . . Emang Sih Boros gua masih gua sering ngerasain Tuh Suzuki TRS karena gua masih punya smpe sekarang dari tahun 1992-2012. . . Tapi Tarikan nya masih Pool. . . . Dan Jangan Di hina tuh Motor . . . Banyak Cerita nya. . .

    Suka

  13. Bang Maskur, suzuki pernah ngeluarin TRS yang ada fairing half (mirip rxz), itu produksi tahun berapa yah? Gue naksir banget ama fairing half nya.

    Suka

    • Gak apal….yang jelas TRS seingatku ada dua versi. Yg dipake pegawai kecamatan itu seingatku yang versi kedua ( upgrade / facelift), dan yang yang ini yang ada option tudungnya

      Suka

  14. Bang maskur tolong dong nama type TRS apa sih yg ada tudungnya?? Kok gue nyari di google gak pernah ketemu, sampe gue nyari “Suzuki TRS Impulse” pun gak ketemu yg ada tudungnya.

    Suka

    • setahu saya, yang ada tudungnya :
      1. seri TRS-X1 (ada yang menyebutnya seri TRS Katana) keluar pertama sekitar th. 1988. Engine-nya sama aja dengan TRS lama, cuma settingannya lebih galak.
      #palang besi yang ada di jok (istilahnya apa ya…??), dibungkus karet.
      2. seri TRS-X2, keluar pertama th. 1991. Model Tudungnya terlihat lebih futuristik (menurutku tampak lebih macho).
      #palang besi yang ada di jok, TIDAK dibungkus karet,

      * baik yang X1 maupun X2, di ujung knalpotnya ada tempelan tulisan “Impulse”

      Suka

  15. mas maskur, aku punya suzuki gt 185 tahun 1973,karena jarang dipakai jadi tak iklankan di toko bagus termasuk foto2nya, barangkali ada yang suka motor lawas.saya nulis di komen ini karena baca sampean ketemu motor jenis ini dijalan jadi barangkali punya komentar tentang motor ini, salam dan terima kasih

    Suka

  16. 15 januari kemarin ada lelang kendaraan di pemprov DIY, saya iseng ikut…ehhh g dapet mobil tapi dapet TRS 118 th 91, cuma Rp 1,3 jt memang jadul sehhhh…tapi g apalah…

    Suka

  17. mas, aku mau nanya nich, cara buka karburator trs it gimana ya, alnya aku baru beli seminggu yg lalu, jd kurang paham cara bukanya.
    terus kalau cok gak ada pengaruh gak untuk ngidupin tu motor, soalnya kalau dah mati, susah tuk ngidupinya, mohon compirmasinya.

    Suka

  18. mas, aku mau nanya nich, cara buka karburator trs it gimana ya, alnya aku baru beli seminggu yg lalu, jd kurang paham cara bukanya.
    terus kalau cok gak ada pengaruh gak untuk ngidupin tu motor, soalnya kalau dah mati, susah tuk ngidupinya, mohon compirmasinya.

    Suka

  19. bos tuk skema dlaman mesin TRS 125 punya ga? soalya saya coba mau turun mesin? biar tuk touring jkarta bali ngacir kayatahun 1980 an
    ? Thakns Salam kenal

    Suka

  20. Ane punya ni motor… tapi dah berantakan (alias dah bukan dirinya lagi), ane sih pinginnya modif ni motor biar bagus lagi.. tapi jarang yang bisa.. mungkin ada yang tau di daerah sekitar ?

    Ane tinggal di Depok Jl.Pitara Raya, deket wadas…

    Suka

  21. kakak ane masih punya TRS yang pake faring lampu depan. namanya Suzuki TRS X2. buatan 1992. ada stiker Pemilu-92. masih enak aja dipake, bentuk standard. pengen dibeli atau pemutihan belum boleh, soalnya plat merah, motor dinas kecamatan. katanya kalo pemutihan nunggu ijin dari menteri

    Suka

  22. saya masih pake TRS X2 tahun 1994…..ori semua…. yg gk ada spion aslinya….saya pake sejak 1999 sampai sekarang tokcer aja…yg sering bermasalah tangki bensinnya yg sering bocor…maklum dah tua..karatan…tp skrg dah gk bocor lgi…tambah kinclong karena baru di repaint…

    Suka

  23. Aku juga punya L2 super CDI tahun 1990,tapi udahaku modif cross abizzz,,
    ban depan: 18,irc croz
    ban blakang: 16,irc croz dingin
    sock dpn: rx king
    sock blkng: mega pro
    blok: boring f1zr
    kenalpot: bobok
    kampas + per kopling:rx king
    slebor dp+bl:trail
    stang: YT putra dunia

    itu aja bro pokok nya mantep

    Suka

  24. Motor suzuki trs saya baru selesai 2 minggu yang lalu.
    Knpa y gasnya kadang suka keras kalau mesinnya udah dingin.
    Apa lagi udah nginep kadang suka ngebrebet kalau lagi dibetot.
    Mohon petunjuk.

    Suka

  25. Sy pux jg ms ad ni trs thn 95 cmn uda di madif tengki ame tmpt du2kx da di gnti pake king ame knalpot juga,, ko smuax bilang ni motr boros amt,, pux sj biasa aja tu,, suku cadang trs ms ad x jual nga y?,, sy lg cr piston ame ring over vize 75 ad x tau bantuin dong,, sy di malut/ teptx di ternate..

    Suka

  26. Sy punya thn 92 …sy lg cari saklar lampu,sen,dll yg ada di sebelah kiri nih gan..cos kedudukan buat koplingnya patah…ada yg jual ga spertnya..ato di ganti yg laen bisa ga..
    tolong bantuannya dong gan…

    Suka

  27. Saya masih punya TRZ Katana 125cc tahun 1984/85 (di rangkanya tertulis TRZ bukan TRS) ada lambang pedang pendek (Katana) di box oli/aki kiri-kanan…hampir semua orisinil, pakai sejak 1992. Lagi nyari bengkel yg jago nyeting nih mesin 2 tak , pls infonya kalau ada montir/bengkel yg piawai di sekitaran ciledug. Sekalian mau stel kaliper rem depan biar makin enteng tarikannya, syukur-2 ada yg jual NOS kaliper rem depannya.

    Suka

Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s