Tentang iklan-iklan ini

Tomcat, Serangga Penyebab Herpes


Tomcat dan Dampa (Herpes). Keduanya baru saya kenal ketika kuliah di Solo. Lho kok blog ini mbahas hewan dan penyakit? Saya pernah sehabis perjalanan jauh dengan motor lalu sampai rumah terasa terkena penyakit ini.

Suatu pagi di tahun 2000, bangun tidur saya merasakan sakit di lengan kiri saya. Ada bercak merah memanjang dan terasa seperti luka bakar. Siangnya ketika di kampus, bercak merah itu menggelembung seperti ada airnya.

Salah satu teman saya ternyata pernah mengalaminya. Di lalu berkata:

“Kena dampa kuwi, nyenggol tomcat palingan.”

Tomcat? Apa pula itu.

“Tomcat kuwi kewan kaya semut, lancip tapi warnane selang-seling  oranye ireng. Sing marahi dampa ki jetahe.”

Saya percaya saja namun dalam hati setengah tidak percaya, masa hewan kayak gitu getahnya bisa membawa penyakit yang merepotkan. Teman saya itu juga memberi tips obat apa yang harus dibeli.

Saya kemudian memang menemukan binatang tersebut dan langsung membunuhnya dengan alas. Tapi tetap belum percaya.

Sampai akhirnya ketika mencari nama-nama kumbang di situs luar negeri saya menemukan Rove beetle. Rupanya seperti tomcat. Ketika searching lewat google dengan keyword  “rove beetle” malah menemukan fakta bahwa binatang ini memang penyebab herpes. Penjelasannya bisa dibaca di sini. Dan memang penyebab penyakitnya buak dari gigitan atau sengatan namun dari cairan yang menempel di tubuhnya yang katanya lebih beracun daripada bisa ular.

Hewan ini bisa hidup di alam bebas. Makanya jangan kaget ketika pulang ke rumah setelah naik motor, lalu terasa ada gejala dampa, barangkali sempat di temploki serangga ini.

Eh kalo kena dampa/herpes, saya beli salep ini:

Semoga bermanfaat.

 

Tentang iklan-iklan ini

About Maskur

maskurblog.wordpress.com

Posted on Maret 5, 2011, in KNOWLEDGE and tagged , , , , , . Bookmark the permalink. 101 Komentar.

  1. Lha kalo t0mc4t itu nanti adminnya serayamotor hihihi

    Suka

  2. wah info yang sangat berguna mas… thanks..

    Suka

  3. info yang sangat berguna mas, thanks…

    Suka

  4. Aku pernah keno,lorone ra umum!

    Suka

  5. sama pakde aku jg dah kena..

    Suka

  6. o….kirain nama game si OS robot ijo :mrgreen:

    Suka

  7. Wah berarti bener juga kata temen ane., ada hewan yang membuat kita dompo. . Hehe. .

    Suka

  8. thanks infonya yang apik apik apik

    Suka

  9. ayclovir salep itu biasanya buat yg kena cacar

    Suka

  10. mbahas Galaxy Ace nya kapan nih Pakdhe :mrgreen:

    Suka

  11. Wah.. serem banget yah???
    saya belum pernah liat tuh, terima kasih sharingnya.. :D

    Suka

  12. nambahin info ah, spesies rove beetle yang bisa menyebabkan blister/dampa/herpes nama populernya adalah nairobi fly

    en.m.wikipedia.org/wiki/Nairobi_fly

    Suka

  13. baru tahu gan nama semut jenis ini, mungkinaku pernah megang atau kegigit, tapi gak ngeh

    Suka

    • @phantomxy
      wah iya kah aku malah nggak tahu..
      @Kurniawan
      Panas, asal tidak telat ngobatinya saja.
      @Rosso
      asal tidak dimuka, bisa jadi tanda kayak tatoo heheheh.
      @Cak Poer
      game apa, tembak-tembakan yah?
      @allfine
      memang bener, hati-hati dia suka nempel di dinding.
      @Az147r
      tapi tertulis di tube-nya buat herpes.
      @ardhinugros
      terima kasih tambahannya.
      @masyhury
      iya memang kalo mbaca efek racunnya gitu seremmm..
      @Pak bon
      yang mbikin penyakit bukan gigitannya, tapi getah tubuhnya.

      Suka

  14. Acyclovir itu salep buat cacar air juga kan ya ? Saya pas kena cacar pake juga tuh. Murah lagi

    Suka

  15. maturnuwun.info yg berguna.waktu nikah kena dampa di betis trus merambat ke bawah paha.
    pas sungkeman rasanya sakit buanget.ditahan2 aja(sambil mbayangin malam pertama)he he he

    Suka

  16. kayaknya saya pernah liat serangga ini..nice info gan

    Suka

  17. oalaah, ternyata ada to serangga jenis ini.. dlu ane jg pernah mengalami kulit gatal dg bercak merak, tp ternyata bukan herpes. tp akibat pakaian yg ane kenakan ga bersih

    Suka

  18. Aku ngertine F-14 Tomcat :D

    Suka

  19. Hati-hati dijalan selain karena kondisi lalu lintas juga terhadap serangga hehehe…

    Suka

  20. acyclovir itu obat antivirus. cacar dan herpes disebabkan oleh virus jadi pengobatannya bisa pake acyclovir (baca: asiklovir). selain bentuk salep ada juga bentuk tablet/kaplet untuk diminum.
    mungkin serangga tadi sebagai carrier (pembawa) virus herpes (nempel di keringetnya :mrgreen: ) jadi pas kena kulit bisa terserang herpes.

    Suka

  21. saya mah sering kena….d kostku banyak…..

    hmmm
    gimana yah cara nagatasin serangga ini…..sebel aku d gigit trusss…..

    Suka

  22. waah baru tw neeh! thanks ya bwt infonya….

    Suka

  23. obatnya sama yang dikasih dokter……

    Suka

  24. hesty ochtaviani

    Cara ngebunuhnya gimana ya??
    semprot pake baygon bisa ga??

    Suka

  25. aduh d tmpat sya bnyak bnget bnatang sperti itu,trus kena nya sama baby q trus kasian bgt,…kira2 prtolongan pertama mya gmana?
    nama salepnya apa ga kebaca?
    tks

    Suka

  26. Thanks banget infonya..
    mama aku kena juga kayaknya nih
    jadi terbantu dengan info ini
    thanks again :)

    Suka

  27. wah…berarti aku prnh keno…lambeku je…bekase ora ilang,jih sitik….io acyclovir obate.. :(

    Suka

  28. loh stau saya, herpes itu cm ada 2, simplex n zooster. herpes simplex bysnya ada di mukosa (bys muncul di selaput lendir ato vagina). klo zooster di badan.

    nah yg tomket itu bkn herpes tpi dermatitis venenata. kemerahan memanjang seperti herpes karena getahnya bikin gatal trus biasa nggesek oleh baju ato tangan jadi panjang bentuknya.

    nek mnurut saya, obatnya kortikosteroid salep. bisa hidrokortison ato betametason. dipke bysnya yang 2.5%

    Suka

  29. woh… serangga to pakdhe…. ? aku pernah kena leher…. serasa di cepok setan…. puanaaaaaaaaaaaaaassss..

    :-)

    Suka

  30. josss mas… gek ngerti kui… sering weruh kewan kui,,, tapi ra ngiro penyebab herpes …. hiiiii

    Suka

  31. ceuk urang sunda mah aranna kirarawit :)

    Suka

  32. gk mempan pkek acyclovir lo..
    mkin luas yg kna..
    q pkek benoson uga gk mempan..mlah lma smbuhna..
    tmen2q pda pkek alkhol cpet garingna..
    cra ngelindungi kulit br gk terinfeksi gmna?

    Suka

  33. Ane pernah sekali kena dompo, 1 dimuka memanjang dari atas mata kiri menyilang sampe pipi kanan, terus dileher rata … panassnya yg gag kuatt berlendir lagi, karaena belom kering.. jadi tau ternyata penyebabnya serangga ini

    Suka

  34. lahhh ni dia serangga yang mengancam idupku…
    ku dah searching kga nemu2, tnyata namana tomcat, aneh tapi medeni euy!
    dikosan saya banyak mass, kalo da yang tau info gmna cara ngusirnya, tolong share ya!! cs temenku juga dah pada dicium ma ni serangga!!

    Suka

  35. bagus nih informasinya

    Suka

  36. aku lagi kena ki, jan asem tenan kiye kewan, rasane pengen sate terus takpakakake nang mbahne tomcat

    Suka

  37. abdi oge atos ngaraosan yeuh , janten herpes meureun kena tom cat eta … anying eta tom cat !
    tapi teu acan meser obatna teu aya artos …

    Suka

  38. Q juga lgi kena, berapa hari sembuhnya ya….

    Suka

  39. tenkyu banget infox mas… saya digigit pas lagi tidur, bangun pagi lipatan lengan kiri udah ruam besar banget besoknya timbul 2 lepuhan (kayak kacamata), nggak gatal tapi nyeri bgt terus berasa panas.. malux karena saya guru TK diliatin ortu pasti disangkax kurap (alamak)… Tenkyu jg buat ARE, jd ini bukan herpes ya tapi dermatitis… soalx kalo herpes itukan penyakit kelamin :(

    Suka

    • herpes bukan penyakit kelamin. penyakit ini ditimbulkan oleh varicella zoster, virus yang sama dengan cacar air. jika terinfeksi pertama kali oleh virus ini maka yang muncul adalah cacar air. selanjutnya virus akan dorman dalam tubuh kita. pada kondisi tertentu, misal kondisi sedang lemah dan virus dari luar juga banyak, maka virus bakal bangun dan memunculkan kondisi herpes.

      Suka

  40. terimakasih mas infonya
    tapi gatlku kok pindah pindah ya mas
    memang bener kemerin aku ngelihat juga serangga seperti itu
    bahkan lebih dari 2 kali aku ngelihatnya di kamar kost ku terus langsung tak bunuh

    Suka

  41. saat ini saya lagikena dampak serangga tersebut dan sangat menyiksa sekali mungkin teman2 bisa menggarahkan kami hrs bagai mana?

    Suka

  42. Mas, saya sudah pernah terkena penyakit ini bulan nopember 2011 , saya kasih salep tsb (saya berprofesi sebagai bidan) dan sembuh tetapi meninggalkan bekas. Lalu bulan januari 2012 saya terkena lagi ditempat yang sama dengan gejala yang sama. Mangkel, saya periksa ke salah satu dokter spesialis kulit dan kelamin lalu diberi salep dan obat oral. Sekarang tinggal bekas hitam yang sangat sulit saya hilangkan. Kalau ada yang tau bagaimana menghilangkan efek kambuh dari penyakit ini dan bagaimana mengatasi bekas luka tsb mohon share di email saya. Thanks

    Suka

  43. Masya Allah..keren banget mas infox.. ini sy jg lagi kena.. panas,perih,.skrg lg pake acyclovir salep & oral. kalo nyeri,tambahin aj pke pamol/asam mefenamat..

    Suka

  44. kalau sempet pakai daun pepaya lebih ampuh

    Suka

  45. yonatan yanuar

    ini kalau udh kena getahnya terus pakek apa y? yg ampuh?

    Suka

  46. Wah tu pasti akan berarti jika salah satu keluarga ku kena thanks ya buat bikin web ini pasti berguna !!!!!!

    Suka

  47. herpes disebabkan oleh virus yang sama dengan cacar air. ‘tomcat’ ini menyebabkan penyakit yang mirip dng herpes, tetapi bukan herpes karena disebabkan oleh cairan kimia yang disemprotkan oleh serangga tersebut. jadi penggunaan aciclovir sebagai obat tidak akan berpengaruh karena aciclovir adalah antivirus.
    klaim cairan yang disemprotkan lebih kuat dari bisa ular juga tidak bisa diterima karena cairan tersebut hanya menimbulkan ‘luka bakar’, tidak sampai menyebabkan kematian seperti bisa ular.
    hewan ini banyak di rumah saya dan selama ini aman-aman aja, karena berguna sekali untuk melawan hama tanaman di taman, kerja bareng dengan ladybug.

    Suka

    • tp serangga itu mnjgkelkan loo…
      hmpirr pghuni dsni kna tomcat..
      jd suudzon sma herves…

      cra ngilangin bkas hitamx gmna donk!!!

      thx

      Suka

  48. ak jg uda kna,,ne aja barusan sembuh tp bekas itemnya masih da n kdang msih trsa gtellll bgetss….
    prtma ak gc taw,,tk krain herpest!!!
    trxta serangga busukk…

    hihh… kurg ajarr!!!

    Suka

  49. valentine putri

    wah… ngeri juga yah…
    tapi tdk berbahaya khan ?

    Suka

  50. waduh,, ne aq skg lg kna kayaknya,,
    kulit memerah di punggung trus,
    kira2 dg acyclovir ampuh g y??? tlg bagi infonya mas ato mbak,, menggangu banget,,!!

    Suka

    • wkt aq kena herpes, aku kash krem Miconazole,,, mdh2n cocok… trus jgn smpi kna air ya,, krn kulit yg melepuh td akn mencair dan merata ke kulit…..

      Suka

  51. lagi kena gara2 motrat macro di hutan.. aduh panas sakit bgt rasa ketusuk2 jarum ga bisa tidur … ni hanya di oleskan salep hidrokortison 1%… help2

    Suka

  52. Waktu aku masih kecil…. kayaknya di tempatku namana CEPET…

    Suka

  53. Ngeriii :(
    Takuuttt .
    Tengkyu buat info’ny , kak .

    Suka

  54. aya ..aya ..waeee nih ah penyakit modern… tanks infonya

    Suka

  55. Kaa… makasih banget yaa infonya..
    kebetulan mmah aku kena penyakit itu, udah hampir 1 minggu.. malah di biarin aja karna ga tau kirain itu penyakit biasa aja pas baca blog ini, jadi tau deh,dan sekarang mau ke dokter, makasih ya ka..
    ^-^

    Suka

  56. bagi yang naik motor tomcat bisa di atasi dengan hansbody, dulu saya pakai citra untuk ngatasinya. dan itu tergantung kringat kita. kadang2 sdh pakai hansbody eeh kalah dengan keringat malah teurai sama keringat dan kawan saya malah kena tomcat….jadi cocok-cocokan..jadi silakan cari merek hansbody yang balance dengan keringat kita supaya tidak terurai dan mencegah tomcat menggigit tubuh kita..(tahun 2003 waktu saya di surabaya).ya setidaknya mencegah dari pada tergigit tomcat…..oke guest selamat mencoba….

    Suka

  57. untuk menghilangkan bekas.na iitugh gimana yaw . . . .

    Suka

  58. Wah bahaya niih penyakit. Knp br terkenal tahun 2012 ya?

    Suka

  59. artikelnya republish aja neh Om… hot issue neeh

    Suka

  60. 3 bulan lalu aq juga mengalami herpes akibat sengatan dr Tomcat,, Tomcat suka nyerangnya mlm2, bangun tdur lgsg terasa perih dan ada tanda merah melepuh spt luka hbs tersulut obat nyamuk,, kalo cairan di kulit yg melepuh td menyebar kekulit maka luka juga smkin menyebar,, gejalanya panas tinggi dan bdan rasanya lemes banget,, kalo org jw baiasanya mengenal dg sebutan DAP krn hmpir mirip gejala dan bentuk lukanya.. bl 3 hr tdk lgsg ditangani maka akn smkin menyebar krn terkena air saat mandi,, jd aq sarani kalo udah ada gjl luka herpes jgn samp terkena air,,, trus pake krem Miconazole ya,,,, u/ ngilangin bkas lukanya pakeVitaqueen,,,, alhamdulillah skrg kulit paha saya kembali sprt semula dlm 1 bln,,,, moga bermnfaat infonya ya………

    Suka

  61. saya ada obatx
    untk menetralisir racun dan
    mengobati bg yg sudah
    terserang,
    obatx adalah PROPOLIS dminum untuk
    menghilangkan racun dlm
    tbuq dan d oleskan ke luka
    akan kmbali normal tnpa
    bekas, keterangan lbh lanjud
    slahkan hub saya
    nama: erik setiawan
    alamat: pradah permai 4/19
    hp: 083849667202
    sgala jenis pnyakit dpt smbuh dan sdh trbukti bkan rkayasa

    Suka

  62. dirasaske yo pedes ning ndas og pakde….

    Suka

  63. jadi ngeri yah, tapi racunnya gak nyebar ke tubuh kan ya?

    Suka

  64. o begitu ya, makasih sarannya :D

    Suka

  65. serem yah tomcat ithu :(
    kapan bisa tewas hewan hewan ithu

    Suka

  66. jualan yea

    Suka

  67. pake beoplasenton juga bisa yaa

    Suka

  68. smoga ajj gk mampir k homez ku ..
    huh . . tkut bngtz :'(

    Suka

  69. semarang Udah kna dampak tomcat neh,,
    neh q jga kna,,
    nyikza banget deh pokoknya,
    merah melepuh d leher ,,,
    :'(

    Suka

  70. BELI SAEPNYA DIMANA ..??

    Suka

  71. Sy JG keNA. Tp MEnyeBAr kEMana2 kK. BGmna cRA menGAtasinYA? Mhon BAntUAnx Kk. Trima kasih bXk

    Suka

  72. gwa kena nih gan
    tpi belum terlalu yakin sih
    coz bintik ny gak kecil2 kyk gitu
    tapi bakalan gwa coba dulu deh obat ny
    \thank ya info ny

    Suka

  73. w lg kena bintik2 berair,gatel bgt tp ga bergerombol,satu2 ky jerawat,ne herpes bkn? bs ga pke salep it?

    Suka

  74. cowok saya juga kena & udh 3 hari ini. awalnya sy didikasih tau kalo kena herpes, emang dasarnya sy belum tau tuh apa penyakit herpes.
    ya untungnya pas searching bisa nemuin ni blog. bermanfaat banget dah bisa mengerti & selain juga tau obatnya.
    thanks yak

    Suka

  75. bisa tp di oleskan tipis2 buUu anak ku juga kna nie

    Suka

  76. waeduch aq kira aq sndrian yg kena,,bnyak jga tha trnyata,,,,,,emm aq lgi kena ni skrng kira” sembuh’y brapa lma y gan,,& lo buat perjalanan dri pekan bru ke jawa apa gak pa”,,,kasih soluci’y yg sob,,thankz blz’an & saran’q harap

    Suka

  77. Bos…..Tomcat tidak menyebabkan Herpes. Herpes disebabkan oleh Virus, sedangkan tomcat mengeluarkan toxin (racun) . dimana racun tersebut jika kena kulit akan menyebabkan gejala yang mirip dengan herpes. Gejala yang nampak tersebut dinamakan Dermatitis kontak. Jadi obat untuk untuk herpes memang benar acyclovir, tapi untuk pengobatan dermatitis kontak oleh karena tomcat adalah kortikoSteroid ( misal: hidrokortison salp) dan bisa di gabung dengan antibiotika topikal untuk menangani infeksi skunder ( misal : gentamicyn salep)

    Suka

  78. Make yourself happy and enjoy the advanced games that can help you get bored enjoying.
    This basically means that the Finnish mobile giant knew at the Japanese game
    company. According family guy the quest for stuff cheats to industry analysts Frost & Sullivan,
    the screen shots and really responsive too. In order to start the program.
    Nonetheless sooner or later you’d probably get fed up
    through playing family guy the quest for stuff cheats these games are
    running a Kickstarter Project to get a little bit action etc, in late 2011.

    Suka

Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 2.344 pengikut lainnya.

%d blogger menyukai ini: