About these ads

Lemah Bikin Ndut-ndutan


Lagi ngetest Jupiter MX buat tarikan (nyoba ngetrek Vixion di lampu merah :) :mrgreen: ), gigi 1: s/d 40 kpj, gigi 2: s/d 60 kpj, gigi 3 baru 80 kpj terus mesin ndut-ndutan. Kemudian putaran mesin turun lalu tak ada tenaga dan mati.

Kenapa ya? Kalo karburator kotor, kok agak nggak yakin, soalnya motor baru servis satu bulan lalu nganggur 3 minggu. Apa karena pemasangan kunci rahasia yang diambil dari koil?

Setelah didiamkan satu menit motor bisa jalan lagi tapi tidak berani main rpm tinggi. Besoknya pagi-pagi dihidupin lancar, tapi baru jalan 1 km motor ngadat dengan gejala sama, padahal main di rpm rendah. Besoknya lagi bisa jalan lama, sewaktu lewat dekat bengkel Yamaha kok ngadat lagi. Wah parah nih kayaknya, ya sudahlah masukin bengkel sekalian.

Setelah di cek mekanik teryata koilnya lemah yang bikin ndut-ndutan di putaran atas. Kunci rahasia ikut memperlemah lagi, ya udah copot saja. Mau ganti ternyata stok tidak ada. Puter-puter Cilacap ke bengkel lain yang lebih besar, ternyata harus pesen seminggu. Wah susah di kota kecil memang.

Kepikiran biasanya motor Yamaha ada yang bisa tuker sparepart. Akhirnya ubek-ubek internet dan ketemu kutipan artikel M+. Ternyata koil Jupiter MX setipe dengan F1ZR. Kalo yang ini toko sparepart non bengkel resmi biasanya malah punya. Dan bener, dengan 65 ribu saja, koil baru terpasang dan sudah nggak ndut-ndutan lagi.

About these ads

About imam maskur

maskurblog.wordpress.com

Posted on April 1, 2011, in MOTORCYCLES and tagged , , , , . Bookmark the permalink. 25 Komentar.

  1. kalo tigerku dulu.spulnya tewas.gejalanya giitu juga.

    Suka

  2. jadinya minang mx tho mas :D

    Suka

  3. Saya kira ‘ndut’ di sini gendut…. :D

    Suka

  4. hmmm….moto baru..ngebut=ndut qqq… :mrgreen:

    Suka

  5. udah berapa tahun MXnya? kok koilnya udah lemah?

    Suka

  6. Kok cpet BGT lemah bos,…mx ane ja 4 thun lbih masih seht,.

    Suka

  7. Tuh koil lemah karena pake saklar rahasia yg ngambil listrik dari kabel cdi ke koil ya, makana mati

    Suka

  8. Kalo pasang saklar rahasia, mending ambilin kabel yg menuju rumah kontak ato kabel aki. Kalo ambil plus dari cdi ke koil maka gampang tewas koilnya karna plus lgsung d pertemukan ground

    Suka

  9. Hmm…
    Kunci rahasia yang menyusahkan…

    Suka

  10. sabdho guparman

    kunci rahasia pensiun . . . maksud hati mau ngrepoti maling malah repot sendiri ya pak dhe?

    mx e tahun piro pak dhe ?

    keep brotherhood,

    salam,

    Suka

  11. gaplek mania
    mengatakan:
    April 1, 2011 pukul 05:31
    kalo tigerku dulu.spulnya
    tewas.gejalanya giitu juga.
    ======
    Teringat ganti spul juga dulu wkt pakai tiger.. :-D

    Suka

  12. pernah mati hhidup mati hiduup

    setelah di cek eh CDI masalahnya

    Suka

  13. akhire diagnosa waktu itu ketemu , curiga di ignition system , kalo ga busi, coil, magnetic, tep curiga terakhir di CDI :mrgreen: selamat pakde dapat kanibalnya juga :D

    http://azizyhoree.wordpress.com/2011/04/02/enjoy-ride-to-bandung/

    Suka

  14. Ini Jupiter MX tahun 2007.
    Sama mekanik udah di coba swap CDI nya pake punya motor lain. Tidak masalah. Sampai sekarang tidak ada masalah.
    Tentang kunci rahasia, terima kasih sarannya semua.

    Suka

  15. Jupiter MX yang lain semakin pasrah….

    Suka

  16. Mtr q cdi varro baru, karbu + seker udah servis, tp kadang msh ndud ndud an gk pduli rpm tggi rendah, coil lemah apa ya?

    Suka

  17. Nmpang komen,mx saya ,saya psang kunci rhsia ngambil dari koil,tapi gak da masalah tu di koil

    Suka

  18. punya ku pake kunci rahasia juga gak ad mslh kok? mlh udah lama banget…sejak aq beli thn 2006, ampe skrng masih sehat…mungkin kabel yg menuju kunci rahasia ad yg terkelupas bro…, ohya biasanya klo gak pake koil punya F1ZR, bisa pake koil Kharisma, malah pengapiannya jd tambah gede.. cuma dimensinya lbih bsar koil kharisma…jd baudnya cma bsa d’pasang satu aj…

    Suka

  1. Ping-balik: Mencoba Oli Avenged Sevedfold « Learning To Live

  2. Ping-balik: Kesialan Yang Dialami Ketika Bermotor | Maskur's blog

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 2.186 pengikut lainnya.

%d bloggers like this: