Beli Sepeda Motor Di Showroom Bekas, Kenapa Tidak


Beli motor second hand, kenapa tidak! Beli di showroom motor bekas, nanti dulu!


Banyak yang anti terhadap penjual motor bekas, lebih memilih beli ke “orang” atau pemilik langsung. Alasannya banyak, dari takut onderdil oplosan, takut mahal dari harga pasaran, takut motor curian dan sebagainya.

Memang beli ke pemilik langsung kita bisa tahu riwayat motor, kalo pemiliknya “gemati” pasti motornya terawat. Lha kalo tidak? Atau malah pemilik motor itu termasuk “orang pintar”.

Tapi beli ke pemilik langsung kita tidak bisa milih mau motor tipe apa. Mencari info orang mau jual motor itu tidak mudah, apalagi di daerah. Kalo di kota memang bisa lewat media, seperti koran atau situs jual beli semacam FJB kaskus atau toko bagus. Di daerah, kalau ada info orang jual motor atau cari motor, biasanya para “penjual jasa” akan cepat bergerak.

Saya pernah tanya-tanya ke kenalan mau nyari motor tipe tertentu, kenalan saya itu termasuk orang yang pergaulannya luas. Tiba-tiba ada orang tak dikenal yang datang bawa motor yang saya cari.

Ketika kita butuh motor dalam waktu cepat, tidak ada rencana beli motor baru, sudah menentukan modal dan modelnya, showroom motor bekas bisa jadi tujuan kita. Pengalaman saya selama ini adalah keliling-keliling ke beberapa showroom, tanya-tanya harga kalo perlu dicatat, tanya juga cara pembayarannya lalu pulang. Jangan lupa catat nomor telepon showroom dimaksud.

Di rumah dibanding-bandingkan dulu, jika harga satu tipe motor itu mendekati atau sama berarti memang pasaran (dalam hal ini harga penjual) memang segitu. Setelah menentukan pilihan, kita teliti lebih lanjut motor incaran kita. Dari fisik riwayat dll dll. Dari nomor telepon yang kita catat, kita bisa tanya-tanya tanpa tatap muka.

Mengenai pemilihan dan pengecekan kondisi motor sepertinya sudah tahu semuanya, sudah banyak artikel memilih kendaraan bekas. Tentang cara pembayaran, ada kalanya uang yang kita pegang masih kurang, misal kita tarik dari ATM ada batasan penarikan per hari, atau nunggu gajian lagi. Pengalaman saya penjual mau menerima pembelian kontan namun tunda. Maksudnya statusnya lunas, kwitansi dipegang, namun sebenarnya masih kurang. Misal kurang satu juta dengan jangka waktu sebulan, nunggu gaji bulan berikutnya misalnya.

Setelah kita pilih dan bayar, kadangkala ada kenalan yang bertanya habis beli dengan harga berapa. Seteah kita jawab, sering disebut “kemahalan tuh!, kemarin aku beli dari si A bla bla bla.” Cuek saja dengan yang ini, karena kita beli ke penjual pasti mereka ambil untung beberapa. Itu manusiawi.

Ini semua pengalaman yang saya alami, barangkali kondisi di beda daerah akan berbeda.

64 pemikiran pada “Beli Sepeda Motor Di Showroom Bekas, Kenapa Tidak

    • slm kenal

      setuju jg mas,aku br beli cs1 di sorum bekas harga 11jt th09, udah puas, ada yg blg kmahalan tpcuek aja, lgian cr cs1 tdk smdah cr mtr merk lain,ok

      Suka

  1. Pengaalaman beli motor bekas di showroom, kita bisa minta tukar body jika warna dan jenisnya sama meski tahun pembuatan beda. Waktu itu bokap yang beli, aq masih kelas 3 SMP jadi belum punya pikiran2 yang jelek2. Pas dipakai beberapa bulan banyak banget jajannya tu motor. Sekarang baru ngeh kalo beli motor bekas di showroom gitu onderdilnya pasti bisa ditukar2 (diopolos). Memang sih itu hanya ulah oknum2 tertentu saja, ga semua showroom jelek. Kalo ga terlalu ngerti tentang mesin mending ajak temen yang ngerti mesin kalo berminat beli motor bekas.

    Suka

  2. siip… mau sedikit berbagi kuenya buat penjual motkas, tapi sebisa mungkin kita pahami dulu track record showroom motkas. cari info ke kenalan atau kerabat terpercaya, kalo ditempat saya ada temen pemilik showroom motkas yang jujur dan ada juga yang nakalan ( suka ngoplos)harga dibanderol sama soale janjian aturan pasar, yup sekedar berhati – hati aja, jaringan mafia dimana – mana pasti ada :-D

    Suka

  3. pengalaman nyari motkas di showroom motkas bandung, bener2 mengecewakan, selain harganya di atas pasaran (padahal udah di tawar) kualitas barang juga meragukan. Akhirnya dapet dari makelar motor di kampung, lumayan barang sesuai dngn harganya (ga banyak njajan & masih OK sampai sekarang).

    Lebih sip lagi sebelum beli motkas kita bisa meminta petunjuk Yang Maha Kuasa dan pastikan sumber uangnya juga bener2 “steril” :) InsyaAllah berkah tuh motor

    Suka

  4. ad benarnya mas, waktu itu ane beli motor jupiter bekas dari temen kakak ane, karena gak sabaran motor itu dibeli. abis itu nyesel krn motor sering servis dan mesin udah parah.. biasanya klo lg gak niat nyari motor malah dapat motor bagus…

    Suka

  5. Cs1 ane tadinya itu mau dijual ke showroom tempat ane nanya tuh motor,tapi pas pulangnya itu orang ngasih no telp ke ayah ane,ya sapa tau jodoh katanya,dan bener jga tuh…
    Dapet harga lebih murah pula daripada showroom motkas,ya kan kalo beli ke showroom nambah lagi buat dianya

    Suka

  6. w lagi bingung nih pengen mio soul tapi duitnya kurang buat beli yang baru tapi kalo mio new cw baru cukup
    tapi yang w mau tanya bagusan mio soul apa mio cw
    hatur tengkyu agan – agan

    Suka

  7. benar itu aq pernah juga beli motor di shorum klu kita gak benar2 ngecek kondisi motor bisa2 ada yg gak ada atau ditukar,, saya kan beli motor honda CS1 yang penting kita cari tahun motor yang muda, klu perlu pengaluaran tahun 2011 yang baru dipakai 5 bulan,, atau tahun pembuatan th.2010 .
    pasti kondisi motor masih bagus,, tapi kita harus cek kelengkapan motor itu, waktu aq ngecek motor yg mau aq beli ternyata tutup radiator gak ada dan di org sworum memakai tutup dari sendal jepit yg di bundari utuk ditutup,
    waktu aq ngetes motor kok aq liat air radiator tumpah atau tercecer di jalan aq kira radiator bocor ternyata tutup gak ada .
    aq komplin dg sworum diganti dg tutup radiator vario di ambil dari motor di sworum itu juga,,dan juga tutup rantai gak ada aq kumpiln juga baru di carikan,, alhamdulillah motor yg aq beli di sworum baik2 gak masalah
    langsung aq minta cek kan ke deler honda minta servis dan apa aja keluhan motor cs1,,,ternyata gak ada yg rusak,,,,alhamdulillah

    Suka

  8. kang darsan motor,,,,,,q njaluk info rega motor honda beat tahun 2010 plat B (jakarta) siki pasarane pira nang cilacap???
    maturnuwun,,,,,

    Suka

Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s