Beli Sepeda Motor Di Showroom Bekas, Kenapa Tidak


Beli motor second hand, kenapa tidak! Beli di showroom motor bekas, nanti dulu!


Banyak yang anti terhadap penjual motor bekas, lebih memilih beli ke “orang” atau pemilik langsung. Alasannya banyak, dari takut onderdil oplosan, takut mahal dari harga pasaran, takut motor curian dan sebagainya.

Memang beli ke pemilik langsung kita bisa tahu riwayat motor, kalo pemiliknya “gemati” pasti motornya terawat. Lha kalo tidak? Atau malah pemilik motor itu termasuk “orang pintar”.

Tapi beli ke pemilik langsung kita tidak bisa milih mau motor tipe apa. Mencari info orang mau jual motor itu tidak mudah, apalagi di daerah. Kalo di kota memang bisa lewat media, seperti koran atau situs jual beli semacam FJB kaskus atau toko bagus. Di daerah, kalau ada info orang jual motor atau cari motor, biasanya para “penjual jasa” akan cepat bergerak.

Saya pernah tanya-tanya ke kenalan mau nyari motor tipe tertentu, kenalan saya itu termasuk orang yang pergaulannya luas. Tiba-tiba ada orang tak dikenal yang datang bawa motor yang saya cari.

Ketika kita butuh motor dalam waktu cepat, tidak ada rencana beli motor baru, sudah menentukan modal dan modelnya, showroom motor bekas bisa jadi tujuan kita. Pengalaman saya selama ini adalah keliling-keliling ke beberapa showroom, tanya-tanya harga kalo perlu dicatat, tanya juga cara pembayarannya lalu pulang. Jangan lupa catat nomor telepon showroom dimaksud.

Di rumah dibanding-bandingkan dulu, jika harga satu tipe motor itu mendekati atau sama berarti memang pasaran (dalam hal ini harga penjual) memang segitu. Setelah menentukan pilihan, kita teliti lebih lanjut motor incaran kita. Dari fisik riwayat dll dll. Dari nomor telepon yang kita catat, kita bisa tanya-tanya tanpa tatap muka.

Mengenai pemilihan dan pengecekan kondisi motor sepertinya sudah tahu semuanya, sudah banyak artikel memilih kendaraan bekas. Tentang cara pembayaran, ada kalanya uang yang kita pegang masih kurang, misal kita tarik dari ATM ada batasan penarikan per hari, atau nunggu gajian lagi. Pengalaman saya penjual mau menerima pembelian kontan namun tunda. Maksudnya statusnya lunas, kwitansi dipegang, namun sebenarnya masih kurang. Misal kurang satu juta dengan jangka waktu sebulan, nunggu gaji bulan berikutnya misalnya.

Setelah kita pilih dan bayar, kadangkala ada kenalan yang bertanya habis beli dengan harga berapa. Seteah kita jawab, sering disebut “kemahalan tuh!, kemarin aku beli dari si A bla bla bla.” Cuek saja dengan yang ini, karena kita beli ke penjual pasti mereka ambil untung beberapa. Itu manusiawi.

Ini semua pengalaman yang saya alami, barangkali kondisi di beda daerah akan berbeda.

About Kluban.net

blogger dari daerah terpencil

Posted on April 28, 2011, in MOTORCYCLES and tagged , , . Bookmark the permalink. 64 Comments.

    • slm kenal

      setuju jg mas,aku br beli cs1 di sorum bekas harga 11jt th09, udah puas, ada yg blg kmahalan tpcuek aja, lgian cr cs1 tdk smdah cr mtr merk lain,ok

      Like

  1. bener, berbagi kue dikit lah ama si penjual alias kasi dia untung juga…

    Like

  2. bentuk berbagai ikhtiar pak De

    Like

  3. pasaran gl pro 95-97 dsana brp om?

    Like

  4. betul jg ingat tujuan awal sm kemampuan kadang sampe showroom buyar liat motor bekas byk model menawan plus rayuan…

    Like

  5. GL masih moncer aja rondonya

    Like

  6. Harga Megapro 2006 (agustus) brapaan om?

    Like

  7. Pengaalaman beli motor bekas di showroom, kita bisa minta tukar body jika warna dan jenisnya sama meski tahun pembuatan beda. Waktu itu bokap yang beli, aq masih kelas 3 SMP jadi belum punya pikiran2 yang jelek2. Pas dipakai beberapa bulan banyak banget jajannya tu motor. Sekarang baru ngeh kalo beli motor bekas di showroom gitu onderdilnya pasti bisa ditukar2 (diopolos). Memang sih itu hanya ulah oknum2 tertentu saja, ga semua showroom jelek. Kalo ga terlalu ngerti tentang mesin mending ajak temen yang ngerti mesin kalo berminat beli motor bekas.

    Like

  8. siip… mau sedikit berbagi kuenya buat penjual motkas, tapi sebisa mungkin kita pahami dulu track record showroom motkas. cari info ke kenalan atau kerabat terpercaya, kalo ditempat saya ada temen pemilik showroom motkas yang jujur dan ada juga yang nakalan ( suka ngoplos)harga dibanderol sama soale janjian aturan pasar, yup sekedar berhati – hati aja, jaringan mafia dimana – mana pasti ada :-D

    Like

  9. Setuju
    + beli motkas di showroom kalo ada apa2 kita bisa komplain

    Like

  10. memajukan perekonomian masyarakat juga. mantap dah :D

    Yamahandfriends mengadakan blog awards. info selengkapnya klik aja di http://www.yamaha-friends.com/?act=articles&aid=858
    semoga berhasil friends

    Like

  11. ada kembaran shogun sp di foto :D

    aku juga beli bekas,langsung tek bawa lari . . .
    murmer kok, soale merk suzuki

    Like

  12. pengalaman nyari motkas di showroom motkas bandung, bener2 mengecewakan, selain harganya di atas pasaran (padahal udah di tawar) kualitas barang juga meragukan. Akhirnya dapet dari makelar motor di kampung, lumayan barang sesuai dngn harganya (ga banyak njajan & masih OK sampai sekarang).

    Lebih sip lagi sebelum beli motkas kita bisa meminta petunjuk Yang Maha Kuasa dan pastikan sumber uangnya juga bener2 “steril” :) InsyaAllah berkah tuh motor

    Like

  13. Thunder saya juga beli di showroom motor bekas kok..

    Like

  14. ad benarnya mas, waktu itu ane beli motor jupiter bekas dari temen kakak ane, karena gak sabaran motor itu dibeli. abis itu nyesel krn motor sering servis dan mesin udah parah.. biasanya klo lg gak niat nyari motor malah dapat motor bagus…

    Like

  15. Cs1 ane tadinya itu mau dijual ke showroom tempat ane nanya tuh motor,tapi pas pulangnya itu orang ngasih no telp ke ayah ane,ya sapa tau jodoh katanya,dan bener jga tuh…
    Dapet harga lebih murah pula daripada showroom motkas,ya kan kalo beli ke showroom nambah lagi buat dianya

    Like

  16. mau jual nih yamah mio cw hitam,jup zx biru,supra x125r dd thn 2010 semua

    Like

  17. Mantap infonya gan

    Like

  18. w lagi bingung nih pengen mio soul tapi duitnya kurang buat beli yang baru tapi kalo mio new cw baru cukup
    tapi yang w mau tanya bagusan mio soul apa mio cw
    hatur tengkyu agan – agan

    Like

  19. benar itu aq pernah juga beli motor di shorum klu kita gak benar2 ngecek kondisi motor bisa2 ada yg gak ada atau ditukar,, saya kan beli motor honda CS1 yang penting kita cari tahun motor yang muda, klu perlu pengaluaran tahun 2011 yang baru dipakai 5 bulan,, atau tahun pembuatan th.2010 .
    pasti kondisi motor masih bagus,, tapi kita harus cek kelengkapan motor itu, waktu aq ngecek motor yg mau aq beli ternyata tutup radiator gak ada dan di org sworum memakai tutup dari sendal jepit yg di bundari utuk ditutup,
    waktu aq ngetes motor kok aq liat air radiator tumpah atau tercecer di jalan aq kira radiator bocor ternyata tutup gak ada .
    aq komplin dg sworum diganti dg tutup radiator vario di ambil dari motor di sworum itu juga,,dan juga tutup rantai gak ada aq kumpiln juga baru di carikan,, alhamdulillah motor yg aq beli di sworum baik2 gak masalah
    langsung aq minta cek kan ke deler honda minta servis dan apa aja keluhan motor cs1,,,ternyata gak ada yg rusak,,,,alhamdulillah

    Like

  20. allkhamduliah laris selalu
    trimakasih atas komentar.a

    Like

  21. Lokasi ni dmn pak,saya ♏ªu tuker mtor saya nih gl max neo tech 2003

    Like

  22. lokasi di jalan bisma pak perempatan lampu merah

    Like

  23. ada rencana ne beli sepeda motor bekas, tapi kredit gimana itu yah…. alnya blum bisa kontan …

    Like

  24. Gan aku mau nanya ne?
    Klaw honda cs1 secod harga 8 jta’an kemahalan pa harga pasar gan??

    Like

  25. jupitr mk berapathn 2007/2008

    Like

  26. ada satria fu thun 06-08 gg.,???
    Ama harga’nya kisaran berapa.,??

    #sekitar surakarta.,

    Like

  27. Saya mau kridit motor.
    Vario ada ga yg dp 500rb.
    Atau 1jt.

    Apa aja persyrtan yg harus di lakukn.

    Like

  28. harga motor jupiter z bekas thn 2008 brapa bos???

    Like

  29. lw harga bekas motor suzuki smash tahun 2008 brp y ?

    Like

  30. saya mau jual motor vario thn 2010 plat D tpi mau nyari shorum d tasik yg harga bagusdmna y???

    Like

  31. kang aku butuh tiger 2000-2003 ya ra papa.ana ra yah??nek bisa kredit bae.kira kira dp ne pira??cicilane pira??

    Like

  32. cari satria fu thn 2005-2008 khusus bandung
    ada gak ya

    Like

  33. Kredit harian murah tanpa survei proses cepat syarat mudah.Dpt Hp.Hub 087838752809

    Like

  34. cari ninja r mulai tahun 2001 keatas berapa ya harganya?jateng kususnya.

    Like

  35. om harga motor mio 2006 brapa…??

    Like

  36. misi gan…,q cari honda cs1 08/09,hitam,kalo ada plat K purwodadi.

    Like

  37. kang darsan motor,,,,,,q njaluk info rega motor honda beat tahun 2010 plat B (jakarta) siki pasarane pira nang cilacap???
    maturnuwun,,,,,

    Like

  38. ane jg mw bli motor second,smsal cbr150r tahun 2007,tpi mash ragu klo mw bli dishowroom.jdi ane tnda dlu.

    Like

  39. saya mau cari sepeda motor bekas megapro tahun 2006-2008 klu ad hb:085725455132
    PIN:3140971E

    Like

  40. Mo beli ma sowroom or ma org intinya klu qta ga ngerti mesin ajak tmn yg paham mesin biar ga kecewa.ok gan

    Like

  41. all:klau bli d sorum mesinya bakalan d oplos gak yah? q mau bli satria f ni

    Like

  42. q lg cari shogun R atau shogun SP. klo ada hub. q. trim’s. 085875316146

    Like

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

Join 2,870 other followers

%d bloggers like this: