Kemrosok, Bletak, Ngorok…Dan Bunyi-bunyi Lain Itu Cacat Apa Ciri Khas?


Kemrosok..krosok..krosok…begitulah bunyinya…ini menjadi suatu ciri khas dari produk motor sport yang laris terjual sejak belasan tahun yang lalu. Sudah mengalami beberapa kali upgrade dan facelift, namun bunyi kemrosok tersebut tetap dipertahankan. Jadi ini sebenarnya cacat atau ciri khas???

Ada lagi bunyi yang terkenal dengan : “bletak!” Kita temui di Honda Beat, Vario dan Vario Techno. Spacy…belum tahu.  Ini juga cacat atau ciri khas???

Lho cuma honda? Nggak juga, masih ingat Yamaha Vega dan Vega R 105 cc itu bunyi mesinnya kasar banget.

Ini juga cacat atau ciri khas???

Suzuki juga punya yaitu “Ngorok” di Skywave.

Dari semua bunyi-bunyian bawaan motor itu tampaknya banyak yang mempersoalkan. Namun banyak juga yang tidak. Buktinya Tiger tetap laku, Matic Honda tetap laris manis, Vega R dulu juga banyak menjadi generasi awal kebangkitan YMKI. Skywave? Kalo yang ini lebih karena merk dan deknya yang diluar mindset masyarakat jadi kurang diterima.

Namun saya sendiri sebagai pemakai Skywave, tidak terganggu bunyi ngorok, malah samapi sekarang belum tahu yang ngorok itu yang mana?

Jika ini cacat, kenapa diertahankan. Tidak bisakah pabrikan membuat rantai yang awet tapi tidak “kemrosok”. Masa sih tidak sanggup buat dekompresi biar starter enteng tapi tidak “Bletak”. Juga mesin yang halus atau tidak ngorok. Atau…biarlah ini menjadi ciri khas.

Baca Juga

 

77 thoughts on “Kemrosok, Bletak, Ngorok…Dan Bunyi-bunyi Lain Itu Cacat Apa Ciri Khas?

  1. Skywave dan skydrive memang pas narik ada suara ngoroknya.
    Sepertinya di cvt(?)

    Terus ada lg, jupiter mx generasi awal.
    Mesin nya ngorok juga kalo gas dihentak,coba aja.
    Sy lht dgn mata kepala sendiri.

    Terus yg terbaru, revo.abs dan blade rantainya kmrosak abiez .coba aja buat jalan 50kpj pake gigi 4.

    REALITY

    Suka

  2. Gak tau ya.
    Setahu sy mx yg lama mesine ngorok kalo gas dihentak.
    Yg bisa mendengar itu yg tidak mengendarai.
    Kalo sambil mengendarai gak kerasa.

    Tp kalo rantai bener2 terasa suaranya terutama lewat jalan sepi pakai gigi 4 jalan pelan

    Suka

    • iku rem tromole wes kotor kang…. diresiki wae… dibongkar didusi nggo sabun pasang maneh… pasti tokcer…
      nek ora, diganti sing anyar kampase… setuju?

      Suka

  3. @triclaksono : penyakit rem belakang belakang karisma sama dg kirana, disinyalir krn mekanisme tuas rem belakang yg beda dg bebek sebelumnya, kayak GL Pro, lalu pd supra 125 generasi pertama “insyaf” dan kembali pd model biasa,

    Suka

  4. rante abs. revo emang agak berisik sih…entah kenapa. tapi bisa diakali pake sproket HSX 125 yg jumlah matanya lebih sedikit, lebih alus…kontak antara rantai & sproket lebih sedikit. cuma kesulitannya, harus potong 2 mata (nah ini juga mengurangi jumlah gesekan lagi).

    kalo MX…emang beberapa kali naik pasti terdengar mirip ketukan, terutama waktu lagi start (akselerasi). kalo dah jalan…gatau ilang atau kabur kena angin suaranya

    starter honda matic…ya begitulah. honda cuma meminimalkan, gak menghilangkan. gatau, yg bikin bunyi dimananya. ada yg bilang autochoke, ada yg bilang dekompresi.

    knalpot spacy suara kasar? saya masih bingung maksudnya…kalo mesin suara kasar banyak. soalnya saya denger suara spacy ya biasa2 aja…gak ada yg heboh

    skywave…pas angkatan juga kasarnya. tapi lebih kearah ngorok IMO. bukan ketukan mirip di MX.

    Suka

  5. Harley Davidson :
    Mesin panas, nak mlaku alon2 awas dadi “ndog godhog”, desain salah kaprah, gak iso ndesain radiator, luarang’e gak jamak…
    sing tuku yo akeh

    iri mode : ON

    Suka

  6. Satria Fu, bunyi krosok2,klotak2,groook2,bletak2,nyiiiit2,knalpotnya duar2…komplit pokoknya semua suara ada tapi masih jalan juga…gimana ngalusin suaranya yah?

    Suka

  7. kulit ketemu kulit aja bunyinya koplak…koplak…palagi besi ama besi, besi ama plastik, wedehhhh…. cape deh…. kalo mo ga bunyi2 aneh mah, yo jgn beli kendaraan, sepeda ontel aja bunyi…wer…wer..

    Suka

  8. klo vega lama (seperti punya saya tahun 98) karena komponennya banyakkkkkkkkkk.
    Coba bandingkan dengan vega R (sesudah vega).

    Kasus jadi berbeda jika ada komplain namun awabannya muter2.

    Suka

  9. honda beat 2013 kalo dpake jln lama trs mesin nya off kok ada bunyi tek..tek..nya ya ?gk trs anteng,suaranya kdengar jelas bgd kalo sepi,kyaknya wkt dlu sy ambil januari gk gtu deh..apakh semua honda beat /matik jg gtu kalo pas off..oiya msn mati mendadk apkah itu jg cirikhas?sya tdi bru mengalami :(
    sya pengguna baru..siapa sja mohn pencerahannya:)

    Suka

  10. Ping-balik: 5 Motor Dan Julukannya | Maskur's blog

Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s