Kemrosok, Bletak, Ngorok…Dan Bunyi-bunyi Lain Itu Cacat Apa Ciri Khas?


Kemrosok..krosok..krosok…begitulah bunyinya…ini menjadi suatu ciri khas dari produk motor sport yang laris terjual sejak belasan tahun yang lalu. Sudah mengalami beberapa kali upgrade dan facelift, namun bunyi kemrosok tersebut tetap dipertahankan. Jadi ini sebenarnya cacat atau ciri khas???

Ada lagi bunyi yang terkenal dengan : “bletak!” Kita temui di Honda Beat, Vario dan Vario Techno. Spacy…belum tahu.  Ini juga cacat atau ciri khas???

Lho cuma honda? Nggak juga, masih ingat Yamaha Vega dan Vega R 105 cc itu bunyi mesinnya kasar banget.

Ini juga cacat atau ciri khas???

Suzuki juga punya yaitu “Ngorok” di Skywave.

Dari semua bunyi-bunyian bawaan motor itu tampaknya banyak yang mempersoalkan. Namun banyak juga yang tidak. Buktinya Tiger tetap laku, Matic Honda tetap laris manis, Vega R dulu juga banyak menjadi generasi awal kebangkitan YMKI. Skywave? Kalo yang ini lebih karena merk dan deknya yang diluar mindset masyarakat jadi kurang diterima.

Namun saya sendiri sebagai pemakai Skywave, tidak terganggu bunyi ngorok, malah samapi sekarang belum tahu yang ngorok itu yang mana?

Jika ini cacat, kenapa diertahankan. Tidak bisakah pabrikan membuat rantai yang awet tapi tidak “kemrosok”. Masa sih tidak sanggup buat dekompresi biar starter enteng tapi tidak “Bletak”. Juga mesin yang halus atau tidak ngorok. Atau…biarlah ini menjadi ciri khas.

About these ads

76 responses to “Kemrosok, Bletak, Ngorok…Dan Bunyi-bunyi Lain Itu Cacat Apa Ciri Khas?

  1. Vote .. Ciri khas.. Pletax

    Like this

  2. motor ducati bunyinya kayak mesin lokomotif aja banyak yang beli kok, mahal lagi…

    Like this

  3. dari pada diem, sunyi mendingan ngorok…. xixixixi :mrgreen:

    Like this

  4. bajaj (orange) ===> trang….tang….tang..tang :mrgreen:

    Like this

  5. Skywave dan skydrive memang pas narik ada suara ngoroknya.
    Sepertinya di cvt(?)

    Terus ada lg, jupiter mx generasi awal.
    Mesin nya ngorok juga kalo gas dihentak,coba aja.
    Sy lht dgn mata kepala sendiri.

    Terus yg terbaru, revo.abs dan blade rantainya kmrosak abiez .coba aja buat jalan 50kpj pake gigi 4.

    REALITY

    Like this

  6. nek MOTOR MABUR piye munine??

    Like this

  7. Titan gur body sayape bergetar.
    Suara rante dan mesin sunyi tuh.
    Meskipun kalah halus dr jptz.
    Porseneleng jg gak bunyi ceklak.

    Like this

  8. kurang satu mam …

    bunyi ciiiitt… ciiitt…. ciitt…

    Like this

  9. Gak tau ya.
    Setahu sy mx yg lama mesine ngorok kalo gas dihentak.
    Yg bisa mendengar itu yg tidak mengendarai.
    Kalo sambil mengendarai gak kerasa.

    Tp kalo rantai bener2 terasa suaranya terutama lewat jalan sepi pakai gigi 4 jalan pelan

    Like this

  10. namanya juga honda, hehehe :mrgreen:

    Like this

  11. sengaja kali pak dhe . . . buat ngenali kalau lagi jalan :mrgreen:

    keep brotherhood,

    salam,

    Like this

  12. Kalo oblak? Itu ciri khas? Ciri hemat? Ciri ndableg? Atau cepirit? :mrgreen:

    Like this

  13. MX ancen kasar suarane, hehehehe…opo maneh sing nggo kopling manual

    http://ramboeistblast.wordpress.com/2011/06/13/naik-delman-%e2%80%93-merubah-5w1h/

    Like this

  14. honda karisma kalo di dipake rem blakangnya bunyi “ngoookkk”..ngisin-ngisini pas di stopan..heheh :)

    Like this

    • iku rem tromole wes kotor kang…. diresiki wae… dibongkar didusi nggo sabun pasang maneh… pasti tokcer…
      nek ora, diganti sing anyar kampase… setuju?

      Like this

  15. @triclaksono : penyakit rem belakang belakang karisma sama dg kirana, disinyalir krn mekanisme tuas rem belakang yg beda dg bebek sebelumnya, kayak GL Pro, lalu pd supra 125 generasi pertama “insyaf” dan kembali pd model biasa,

    Like this

  16. Kemrosak..??? Kalo pakai helm kok aku nggak denger ya…palagi dkt ma yg pakai knalpot racing qqq… :mrgreen:

    Like this

  17. wah ini… semakin kemrosak suara motor semakin aman mas bro! karena kanan kiri kita akan mennyadari ada kendaraan lain! yaitu kita!! :mrgreen:

    Like this

  18. klo shock amblas itu cacat, ciri khas, apa cacat khas bro? :mrgreen:

    Like this

  19. sing jelas tigerku dah 4 tahun kemrosok tapi rante masih kuat dan sudah melahap 40.000an km

    Like this

  20. Bunyi bletak karena motor starternya masih konvensional, bukan karena cacat. Di PCX bunyi bletak udah gak ada karena udah menganut alternator starter.

    Like this

  21. ciri khas AHM tuh, pcx cebeer buatan thailand gak bletak juga gak krosak-krosak. Mosok karena alasan biar awet, najis

    Like this

  22. punya beat ud 2 taun,vario hmpir 5 taun dngan bletaknya..gak masalah..malah vario ud 5 taun akiny masi mak nyos,blum ganti

    Like this

  23. rangka coak juga jadi fitur yg khas… :D

    Like this

  24. vega yang baru mesinya halus…
    rantai tiger masih kemrosok..
    stater beat spacy vario masih blethaxs..
    jadi?

    Like this

  25. yahonsuwakanja

    Knalpot Spacy kec. >40kpj…ampunnnnnnnn….

    Like this

  26. rante abs. revo emang agak berisik sih…entah kenapa. tapi bisa diakali pake sproket HSX 125 yg jumlah matanya lebih sedikit, lebih alus…kontak antara rantai & sproket lebih sedikit. cuma kesulitannya, harus potong 2 mata (nah ini juga mengurangi jumlah gesekan lagi).

    kalo MX…emang beberapa kali naik pasti terdengar mirip ketukan, terutama waktu lagi start (akselerasi). kalo dah jalan…gatau ilang atau kabur kena angin suaranya

    starter honda matic…ya begitulah. honda cuma meminimalkan, gak menghilangkan. gatau, yg bikin bunyi dimananya. ada yg bilang autochoke, ada yg bilang dekompresi.

    knalpot spacy suara kasar? saya masih bingung maksudnya…kalo mesin suara kasar banyak. soalnya saya denger suara spacy ya biasa2 aja…gak ada yg heboh

    skywave…pas angkatan juga kasarnya. tapi lebih kearah ngorok IMO. bukan ketukan mirip di MX.

    Like this

  27. Polenk rawanimrawani

    Lha bunyi nyiiit…nyiiit…. Pada mio??

    Like this

  28. keren malah

    Like this

  29. Harley Davidson :
    Mesin panas, nak mlaku alon2 awas dadi “ndog godhog”, desain salah kaprah, gak iso ndesain radiator, luarang’e gak jamak…
    sing tuku yo akeh

    iri mode : ON

    Like this

  30. Satria Fu, bunyi krosok2,klotak2,groook2,bletak2,nyiiiit2,knalpotnya duar2…komplit pokoknya semua suara ada tapi masih jalan juga…gimana ngalusin suaranya yah?

    Like this

  31. kulit ketemu kulit aja bunyinya koplak…koplak…palagi besi ama besi, besi ama plastik, wedehhhh…. cape deh…. kalo mo ga bunyi2 aneh mah, yo jgn beli kendaraan, sepeda ontel aja bunyi…wer…wer..

    Like this

  32. klo vega lama (seperti punya saya tahun 98) karena komponennya banyakkkkkkkkkk.
    Coba bandingkan dengan vega R (sesudah vega).

    Kasus jadi berbeda jika ada komplain namun awabannya muter2.

    Like this

  33. khasnya diciriin :D

    Like this

  34. hehehe..

    Like this

  35. ea kalau memang ga jadi efek apa2 ya nyantai z.

    Like this

  36. Mau motor yang bisa bunyi kayak gini nih, ucrut ucrut ucrut…cret cret cret cret…ada gak yah?..he he he…

    Like this

  37. kalaw suara kasar pada bak kanan jup z 2007 thu pyebab x apa,, klaw di gas malah knceng suara x,,, tek tek tek tek,, ngono

    Like this

  38. honda beat 2013 kalo dpake jln lama trs mesin nya off kok ada bunyi tek..tek..nya ya ?gk trs anteng,suaranya kdengar jelas bgd kalo sepi,kyaknya wkt dlu sy ambil januari gk gtu deh..apakh semua honda beat /matik jg gtu kalo pas off..oiya msn mati mendadk apkah itu jg cirikhas?sya tdi bru mengalami :(
    sya pengguna baru..siapa sja mohn pencerahannya:)

    Like this

  39. vega r 2007 klo masuk gigi 1 2 3 4 di gas bunyi suara bletak apa ya bos?

    Like this

  40. Ping-balik: 5 Motor Dan Julukannya | Maskur's blog

Silahkan Saran Dan Kritiknya ... Awas Judul Sama Isi Bisa Beda lho

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s