Tentang iklan-iklan ini

Jalur Mudik – Tentang Banyumas



Membaca postingan Azizy di grup facebook koboys, tampak bahwa dia agak bingung membedakan Banyumas dengan Purwokerto. Kali ini saya akan sedikit menerangkannya juga tentang jalur-jalur yang bisa diambil ketika mudik.

Banyumas, adalah nama suatu kabupaten di Jawa Tengah dengan ibukota kabupatennya adalah Purwokerto. Disini jelas bahwa nama kabupaten dan nama ibukotanya berbeda. Seperti halnya Kulonprogo dengan ibukota Wates juga Grobogan dengan ibukota Purwodadi.

Sedangkan kota Banyumas sendiri juga ada, terletak 17 km ke selatan Purwokerto, disini tempat bermukim Juragan Mie Jozz dan juga tempat sekolah saya.

Tentang jalur mudik untuk, ada beberapa tempat yang bisa jadi patokan ketika melintasi kabupaten Banyumas ini.

Ajibarang

Ajibarang merupakan kota kecamatan di bagian barat utara kabupaten Banyumas. Jika anda malakukan perjalanan dari jalur pantura dan pindah ke jalur selatan melalui Brebes atau Tegal, maka anda akan melewati kota ini. Di sini terdapat pertigaan yaitu lurus ke timur menuju Purwokerto, sedangkan belok kanan ke selatan menuju Wangon.

Wangon

Jika anda lewat jalur selatan, Wangon akan anda lewati. Di sini terdapat perempatan. Jika lurus ke timur maka akan menuju Purwokerto lewat Rawalo  dan jalur utama Selatan. Belok kiri ke utara akan menuju Ajibarang. Belok kanan ke selatan akan menuju kota Cilacap. Jalur

Rawalo

Kota ini lebih kecil dari Wangon. Di sini terdapat pertigaan, jika lurus (jalur kecil) akan mengarah ke Purwokerto atau Banyumas. Belok kanan yang merupakan jalur utama, akan membawa anda ke jalur selatan melalui Sampang dan berlanjut ke Buntu.

Jalur Rawalo ke Purwokerto melewati Patikraja, jalur Rawalo-Patikraja sempit di awalnya, namun sudah dilebarkan menjelang bendung gerak Serayu. Jalur ini berkelok-kelok dan naik turun. Ada hambatan berupa rel kereta api di sebuah tikungan. Jalur ini : “Kiri kanan kulihat saja banyak pohon cemara…haa…aa”. :)

Rawalo-Buntu lumayan lurus dan lebar jalannya, melewati jembatan Cindaga yang beberap waktu lalu runtuh, kemudian melewati pertigaan Sampang, Cilacap.

Buntu

Foto di atas adalah view dari Selatan, jadi atas ke Banyumas, kanan ke Jogja, kiri ke Rawalo, bawah ke Kroya

Kota ini merupakan pertemuan dari jalur Utara dengan jalur Selatan. Perempatan Buntu ke timur mengarah ke Kebumen, Purworejo dan Jogja. Ke selatan menuju Kroya, Cilacap dan beberapa obyek wisata. Sedangkan arah utara menuju ke Banyumas. Jalur Ke timur dan selatan relatif datar, sedangkan jalur ke Banyumas naik turun serta berkelok-kelok, melewati hutan karet. Jalur Banyumas-Buntu juga banyak penjual durian, disini juga akan anda jumpai Soto Sekengkel.

Patikraja

Ini adalah kota kecil ditandai dengan adanya pasar kecil di jalan berupa belokan. Jika mengikuti jalan besar akan menuju Purwokerto. Di kota ini ada jalur alternatif menuju Banyumas (ke arah timur) dan jalur menuju jalur utama selatan di Sampang (ke selatan). Jalur Patikraja-Banyumas relatif datar namun dengan beberapa belokan cepat, lebar jalannya kurang begitu lebar. Di jalur ini akan ditemui Soto Tiwen Wlahar.

Banyumas

Kota kecamatan ini tidak terlalu besar namun karena jalur utama menjadi satu dengan jalur pasar, maka lalu lintasnya lumayan padat. Di sebelah utara jembatan serayu, terdapat pertemuan jalur Banyumas-Patikraja. Di sebalah selatan terdapat percabangan jalur, ke Selatan adalah menuju Buntu, sedangkan ke timur adalah jalur alternatif menuju Banjarnegara. Jalur ke Banjarnegara ini tidak terlalu lebar, namun kondisinya sepi dan agak bergelombang.

Sokaraja

Kota yang terkenal dengan Getuk Gorengnya ini rame dan mulai macet, karena merupakan pertemuan jalur Jogja-Purwokerto dengan Semarang-Purwokerto, juga merupakan pusan jajanan dan oleh-oleh. Pertigaan Sokaraja ke utara-timur akan menuju Purbalingga, dimana disana bercabang lagi menuju Pemalang dan Banjarnegara-Semarang. Sedangkan Sokaraja ke selatan akan menuju Banyumas. Jalur Sokaraja-Banyumas jalur lebar namun padat serta berkelok-kelok.

Silahkan dibaca artikel pendukung terkait: Jalur selatan Detail Banyumas

Semoga bermanfaat.

WordPressed by Android on The Galaxy

Tentang iklan-iklan ini

About I-M

maskurblog.wordpress.com

Posted on Agustus 20, 2011, in AROUND US and tagged , . Bookmark the permalink. 35 Komentar.

  1. aku mbiyen th 2003 macet neng kono,

    Suka

  2. jalur langgananku ke kebumen…

    Suka

  3. Teringat kisah kasih dengan gadis wangon yang berakhir ra wangon :roll:

    Suka

  4. kalo purbalinga? Apakah ada pak linga asmarantaka versi purba?

    Suka

  5. meskipun pernah kesana,, jalur selatan memang bukan daerah jajahan ane,, :(
    pengen sekali2 lewat sono

    Suka

  6. loh bukannya purwokerto terpisah dari banyumas? purwokerto bukannya kotamadya. Sementara banyumas itu kabupaten yg ibukotanya di kota banyumas?

    Suka

  7. mampir ndisik neng banjar,,,,,,
    *welcome home……

    Suka

  8. begitulah… banyumas memang keren.. ternyata masih ada yg bingung dg ibukota banyumas… Purwokerto perlu dibangun bandara biar terkenal..

    Suka

  9. wooohh mantab pakde! , asli yen wis masuk area jalan kecil2 marai bingun , apamaning wayah bengi welehhh mbokk :mrgreen:

    Suka

  10. Mudik2….nice info kang…!!!

    Suka

  11. buntu ngetan titik kue pakde, mampir nggonku..

    Suka

  1. Ping-balik: Jalur Mudik Lebaran 2011 « remCakram

Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 2.349 pengikut lainnya.

%d blogger menyukai ini: