Tentang iklan-iklan ini

Sontoloyo = Tukang Angon Bebek


Sontoloyo! Dalam bahasa Jawa Tengah, sontoloyo adalah sebuah nama jabatan (profesi) bagi seseorang atau lebih yang menggembala bebek ( dalam bahasa jawanya : wong sing angon bebek). Biasanya memakai caping (topi khas di sawah bentuknya seperti corong). Membawa tongkat tipis tapi panjang dan diujung tongkat ada plastik atau apapun itu yang bentuknya seperti rumbai-rumbai yang melambai-lambai. Itulah yang namanya sontoloyo. Perihal kemudian sontoloyo itu dijadikan ungkapan untuk memaki orang itu adalah merupakan perkembangan yang tentunya tidak ada hubungannya dengan tulisan ini.

Seorang sontoloyo harus bertanggungjawab atas semua bebek yang digembalakannya. Bentuk tanggungjawab ditunjukkan dengan bagaimana seorang sontoloyo itu mengarahkan bebek2nya untuk dapat mencari makanan dan berkembang biak sebanyak-banyaknya. Dia mencarikan tempat yang terbaik bagi para bebek yang ditempat tersebut para bebek dapat makan dengan nyaman, dan tidak terusik oleh siapapun.

Ketika menggiring para bebek, dia berada di belakang para bebek, atau dengan kata lain, sontoloyo itu selalu memperhatikan bebek yang berada paling belakang karena biasanya bebek yang jalannya lambat kalau tidak diawasi dengan baik, bebek yang suka jalan di belakang ini bisa-bisa kabur atau bahkan mungkin dimakan ular sawah tanpa sepengetahuan si sontoloyo.

Seorang sontoloyo juga bertanggungjawab untuk memasukkan para bebek kembali ke kandang di malam hari. bahkan kalau ada bebek yang kelihatan kurang sehat, maka sontoloyo akan bilang ke juragan bebek untuk minta uang dan beli obat. Kemudian bebek diobati si sontoloyo pun berdoa semoga si bebek tidak apa-apa dan cepat sembuh. Keesokan harinya, si sontoloyopun harus bersiap-siap untuk kembali menggembalakan para bebek yang sudah kelaparan. Tapi biasanya sebelum berangkat, sontoloyo memeriksa kandang dan biasanya memunguti telur bebek yang ditelurkan para bebek dalam semalam ini. Telur itu di berikan ke juragan bebek yang kemudian si sontoloyo akan mendapatkan bagian dari bagi hasil dengan juragan bebek.begitulah sontoloyo. Dari kisah sontoloyo diatas, apakah manajemennya seperti sontoloyo?

NB
Ada hal tragis bagi para sontoloyowan dan sontoloyowati. Setelah ada isu Avian Influenza alias Flu Burung atau kami orang Jawa bisa menyebut pilek manuk, para sontoloyowan-wati tercenung sedih melihat para bebek dibakar hidup-hidup. Para bebek dituduh sebagai biang menularnya wabah itu. Padahal yakin walgokin bahwa meskipun para bebek itu makanya jorok ( dari lumpur terus disosori) tapi mereka itu juga peduli kesehatan ( ingat lagu “bebek adus kali, nyosori sabun wangi??..)

Salam Sontoloyo…

Copas dengan sedikit editing dari : http://ariefbudi.wordpress.com/2008/01/07/sontoloyo

About Kluban.net

blogger dari daerah terpencil

Posted on September 26, 2011, in AROUND US and tagged , , . Bookmark the permalink. 24 Komentar.

  1. Tambahan job desk sontoloyo : kadang ada bebek yg bertelur disawah saat diangon…hrs jeli dilumpur ada telornya, jd hrs mungutin…terakhir 1 teloor bebek hanya 200perak, dijual sebelum jd telor asin…

    Salam dr BAJINGAN…(Ayo, bajingan tukang Opo?)

    Suka

  2. saya gatau lagi bebek adus kali.. :D
    tapi anak saya tau…

    Suka

  3. wah bebek pada gak pake helm…

    Suka

  4. buahahha bangbeni pertamax
    gak bisa liat bebek dia
    hahaha :mrgreen:

    http://thewillion.wordpress.com/2011/09/26/sekring-bikin-sengkring2/

    Suka

  5. sontowekwek :mrgreen:

    Suka

  6. Aku (waktu kecil tentunya..) sangat senang kalo sudah nemu telor bebek di sawah.

    Salam kenal,
    by: http://gunawank.wordpress.com/2011/09/26/info-it-google-sedang-membuat-kartu-sim/

    Suka

  7. Pak Bambang Nunggang Byson

    sontoletoy

    Suka

  8. sudah ga pernah liat lagi…dulu jaman saya masih sd sering…kira-kira 20 tauun lalu…hehe

    http://motoisme.wordpress.com/2011/09/26/yamaha-indonesia-tidak-liris-edisi-50-wgp-yamaha/

    Suka

  9. baru ngeh kalo sontoloyo semacam profesi :?

    Suka

  10. tetep paling enak: sontosokaraja, sonto lamongan, sonto madura & sonto2 yang lainnya :D

    Suka

  11. kalo sontoloyo yang dipakai untuk penghinaan apakah sama dengan sontoloyo yg ditulis diatas pakde?

    Suka

  12. oalah, dari situ toh :twisted:

    Suka

  13. sontoloyo dan bebek-bebeknya naik gerobak yang ditarik oleh seorang bajingan :D bener ora ?

    Suka

  14. bajingan = sopir gerobak / kusir pedati

    Suka

Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 2.631 pengikut lainnya.

%d blogger menyukai ini: