About these ads

Huruf Jawa, Sudah Dilupakan – Part 2


Spyshot Jumatan. :mrgreen: Lokasi di Benhil Jakarta Pusat. Ada kaitan dengan tulisan sebelumnya : Huruf Jawa, Sudah Dilupakan.

Kaos bergambar Semar dan bertuliskan jawa. Maksudnya baik, ingin nguri-uri kabudayan jawi. Tapi jadinya lucu karena tulisannya salah. Tulisan di kaos kalo dibaca : Ajo Dumêh. Huruf “ê” di sini dibaca seperti “e” di kata “lega”. Maksud dari tulisan itu pastinya “Aja Dumeh”, dengan “e” adalah seperti di kata “bela”. Tulisan jawa yang benar adalah seperti tulisan jawa berwarna kuning.

Ada yang komentar : ” Lho “aja dumeh” kan banyumasan mas?” Lho tulisan Solo-Jogja itu juga sama saja dengan Banyumasan, yang beda adalah pengucapannya “a” jadi “ô”. Tapi kalo mau nulis “Ojo dumeh” pun tulisan di kaos tersebut tetap salah.

Aja dumeh tuh artinya apa sih? Aja dumeh itu artinya Jangan mentang-mentang. ….

About these ads

About imam maskur

maskurblog.wordpress.com

Posted on Februari 25, 2012, in AROUND US, CULTURE, KNOWLEDGE and tagged , , , . Bookmark the permalink. 18 Komentar.

  1. itu tulisan jawa kuno asli ato campuran sansekerta ya masbro? thx

    Suka

  2. dadi wong kui ojo dumeh, mengko iso ngoweh

    Suka

  3. Pokoke aja dumeh kowe glitho sisan :D

    Suka

  4. aku sempat kaget pas kancaku ngeja huruf Myanmar, ternyata aksene pada om.. Ha Na Ca Ra Ka dst…. bedo sitik banget… ,

    mung font-e sek beda, ra jelas, kruwil2.

    Suka

  5. yang kuning juga masih salah pak dhe. . . .

    huruf “ho” sama huruf “jo” nya juga harus dikasih sandangan ben muni “ho” (seperti pengucapan obor ) nek gak diwenehi sandangan munine dadi ha ( seperti pengucapan kabar )

    aku rung lali pak dhe . . . .
    wong jowo tulen turunan patih mojopahit . . . . :mrgreen:

    keep brotherhood,

    salam,

    Suka

  6. huruf e dari dumeh bukannya seperti pengucapan e pada bebek?

    Suka

  7. artinya jangan sok :D

    Suka

  8. warisan leluhur yg sudah semakin tergerus zaman globalisasi

    Suka

  9. ajo dumeh, iku sing gawe wong jawa-sumatra. alias PUJA KESUMA (putra jawa kelahiran sumatra) wkwkwkwk

    Suka

  10. Dulu suka motret motor parkir di masjid, sekarang gantian di dalam :mrgreen:

    Suka

  11. g ngertii .. emangcara bacanya gimana sih ??
    ko seperti tali2 melingkar seperti itu ya ??

    nice info bikin penasaran jadi pingin lebih banyak tau tentang tulisan unuk ini ..
    thanks

    Suka

  12. mas tulisan kawi jogjakarta donk plis….

    Suka

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 2.257 pengikut lainnya.

%d bloggers like this: