Tentang iklan-iklan ini

Booming Waterboom Di Banyumas


Kesuksesan di satu pihak kadang menjadikannya trend dan akan diikuti oleh pihak lain untuk mencapai kesuksesan serupa. Kadang disebut pengekor, namun hal tersebut sudah merupakan hal biasa. Atau bahasa kerennya adalah melihat celah dan kesempatan yang ada.image

Pembukanya sangat serius. Padahal cuma mau ngomongin trend wisata air yang sedang marak di wilayah Banyumas dan sekitarnya [juga daerah lain]. Kalo di wilayah eks Karesidenan Banyumas tentunya tidak lepas dari kesuksesan Objek Wisata Air Bojongsari atau terkenal dengan OWABONG di Purbalingga.

image

Kesuksesan Owabong yang terkenal hingga ke daerah lain rupanya memicu trend dan diikuti oleh hal yang serupa di tempat lain. Muncul-muncul tempat rekreasi keluarga yang berplatform “bermain air”. Misalnya yang sudah ada adalah yang ada di Ajibarang Banyumas, juga yang ada di Sampang Cilacap.

image

Ada juga yang menciptakan tempat One Stop Shopping digabung dengan wahana bermain air ini, contohnya adalah Depo Bay di Sokaraja Banyumas. Tempat yang awalnya adalah Depo Pelita, supermarket bahan bangunan, yang berkembang menjadi supermarket bahan pembuat rumah dan segala perabot isinya. Sekarang di sini pengunjung bisa belanja kebutuhan rumah sekaligus berbasah-basah ria.

image

Di tempat lain ada juga yang sedang dalam proses pembuatan yaitu di Jeruklegi Cilacap [yang sepertinya berhenti]. Serta baru saya tahu di daerah Sumampir, dari lampu merah utara Unsoed ke barat, ternyata sedang dibangun waterboom seperti foto di atas yang saya ambil dari Masjid Nurul Ulum depan Unsoed Pusat.

Terlepas dari semua itu, ada beberapa hal yang menurut pengamatan saya kenapa Owabong bisa sukses. Kita lihat dari sumber airnya, Owabong ini [sepertinya] di bangun berdasarkan potensi mata air alami yang ada. Bagi yang pernah ke sana pasti tahu ada beberapa “tuk” atau “umbul” atau mata air yang mengalir deras dan masuk ke kolam-kolam yang ada di sana. Kealamian ini menjadi faktor penting karena akan membuat pengunjung merasa aman dan nyaman akan kebersihannya. Lokasi Owabong juga tidak persis di jalan besar, namun juga tidak terlalu jauh. Posisinya juga di pegunungan, jadi pembuangan air kotornya mudah. Sumber alami-sisa dibuang = bersih.

Bandingkan dengan yang ada di Sampang, rekreasi air ini berada di tengah sawah yang datar, agak jauh dari pegunungan, dekat dengan saluran irigasi. Kira-kira sumber airnya dari mana yah? Air irigasi yang di bersihkan? Tentunya perlu bahan penjernih, pasti airnya bau kaporit….(maaf ini cuma prediksi). Lalu tempat yang datar, pasti airnya di sirkulasi lagi. Yah mirip kolam renang kebanyakan.

Terus yang di Ajibarang sepertinya tempatnya belum enak, agak terlalu ndesa. Juga dekat dengan jalan besar dan jalur cepat…CMIIW…..(karena saya lewat agak cepat jadi tidak terlalu detail mengamati.)

Beda dengan Depo Bay punya nilai plus karena tadi, One Stop Shopping..and Fun. Makanya selalu ramai, tempatnya juga di kota namun pinggiran.

Kalo yang dibanun tapi mandeg di Jeruklegi Cilacap ini sepertiny proyek kejar nama saja. Lokasi ini tidaklah mempunyai sumber air yang bagus. Kemungkinan jika jadi akan membeli air dari PDAM. Biayanya berapa?????

Wah kok jadi panjang tulisannya…..

WordPressed by Samsung GT-S5830

Tentang iklan-iklan ini

About I-M

maskurblog.wordpress.com

Posted on Februari 26, 2012, in AROUND US, NATURE and tagged , , , . Bookmark the permalink. 9 Komentar.

  1. yang di ajibarang kayane juga dari sumber mata air kang, lha wong dulunya juga pemandian tradisional & menurutku (aku sudah kesana), kalo pembangunannya total sudah selesai, bisa jadi DreamLand akan menjadi “pesaing” kuat Owabong, cmiiw :)

    Suka

  2. asyik seru tuh kayak nya maen aer lagi xixixix…:mrgreen:

    Suka

  3. Nang pesinggangan ana waterprak kang, khusus lele tapi.

    Suka

  4. aku ndisit twis ping telu maring owabong, memang letak stategis dan nduwe panorama alam sing indah,

    Suka

  5. DreamLand Pancasan No.1 di dunia… kkkkk… Ada lagi WATERBOOM NIAGARA PURWOKERTO sedang dalam proses um..

    Suka

Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 2.351 pengikut lainnya.

%d blogger menyukai ini: