Motor Baru, Pelat Nomor dan Surat Jalan


Sodara ada yang membeli motor baru. Tapi maunya dibawa jalan ke jalan raya, antar anak sekolah. Pokoknya penginnya dipakai terus.

Kalo menurutku sih belum boleh. Karena belum ada pelat nomr dan STNKnya. Kita lihat aturannya dari UNDANG-UNDANG NOMOR 22 TAHUN 2009 TENTANG LALU LINTAS DAN ANGKUTAN JALAN.

Pelat nomor:

Mengemudikan kendaraan bermotor tanpa plat nomor polisi Kurungan paling lama 2 bulan atau denda Rp. 500.000 Pasal 280

STNK:

Mengemudikan kendaraan bermotor tanpa STNK atau STCK Kurungan paling lama 2 bulan atau denda Rp. 500.000 Pasal 288 ayat 1

Ternyata kalo peraturan ini ditegakkan hukumannya ngeri juga.

Tapi sodara ini beralasan :”Kan sudah ada surat jalannya.”

Saya penasaran, surat jalan macam apa itu.

Oalah..ini sih surat jalan pengantaran motor dari dealer ke konsumen. Waduh! Kirain surat jalan dari kepolisian. Wah pelanggaran ini sepertinya sudah sangat umum.

About Kluban.net

blogger dari daerah terpencil

Posted on March 15, 2012, in MOTORCYCLES and tagged , , , . Bookmark the permalink. 31 Comments.

  1. pertamax

    Like

  2. aneh…

    Like

  3. Kan sekarang plat putih STCK udah boleh jalan, masbro…

    Like

  4. Sekarang ada plat putih, masa berlaku 2 bulan om.

    Like

  5. sekarang ada plat putih sama stck masbro..itu udah kewajiban dealer,kalau ngga dikasih harus ditanyakan ke dealernya tu..malah kalau situ ngambil motornya pagi siang udah ada plat putih sama stcknya..kalau kesorean sih biasanya besoknya,soalnya berhubungan sama waktu kantor samsat.

    Like

  6. maklum udah ngebet kang mas…
    silahken mampir sodara-sodara

    http://nakawara.wordpress.com/2012/03/15/yang-unik-dari-kawasaki/

    Like

  7. Surat tanda coba kendaraan = stck. Pas gemiyen esih nyales mobil pernah ngerti. Mung 2 tok buat ngirim tok

    Like

  8. plat putih tiap daerah beda2..ada yg dikasih ada yg gak..aku beli REVITA kinyis2 ae gak pakai plat…pas ada razia untung bisa kaborrrr….wkwkkwkw :lol:

    http://asmarantaka.wordpress.com/2012/03/15/kenaikan-bbm-memang-sudah-tepat-sasaran-ngapain-ribut/

    Like

  9. biasanya ditempelin potongan kardus tulisannya ”test” ato ”inreyen” :D

    Like

  10. plat putih bukannya buat test kendaraan yah atau tujuan lain dr pihak pabrikan..

    Like

  11. plat sementara itu tergantung delernya mas bro,

    Like

  12. STCK lazimnya hanya utk kendaraan built-up, seperti Honda CBR 150, krn proses pembuatan STNK motor built-up bisa makan waktu hingga 3 bln. Klo motor non built-up gag ngaruh, biasanya kurun waktu 2 minggu sdh jadi, so gag perlu STCK yg masa berlakunya hanya sebulan krn sebelum masa berlaku STCK habis STNK sdh jadi. Dan STCK ada biayanya perbulan makanya dealer tdk mau mengurus jika hanya motor non built-up.

    Like

  13. makasih bro soal infonya

    Like

  14. saking ngga sabar kali mau nyobain motor baru nya hihhii

    Like

  15. surat jalan punyaku dulu sdh ada nopolnya yg sesuai dengan nopol asli,Pakdhe… jadi smbari nunggu keluarnya stnk dan plat yg bisa 2 minggu.. saya beli plat di pinggir jalan.. :mrgreen: tapi giliran stnk jadi..plat nomor aslinya lha koq suruh nebus 25 rb… :evil:

    Like

  16. kalau plat putih yg masa aktfnya sudah habis,,, minta di delernya..???ehhhh..?katanya belom jadi…????_~_~?mau ke surabaya nich….bahaya kena oprasi gak ya bro…?????dan untuk plat sementara n STNKnya belom jadi gman brow?kalau di bawa keluar kota ada prioritas untuk bebas dari oprasi gak brow?

    Like

  17. kalau keja jauh gimana tu?

    Like

  18. sy barusan beli motor baru belum ada plat. kalo motor dipake ke pom bensin boleh ga sih? pom bensinnya ada dijalan raya. ngeri kena polisi. takut dikandangin. :/

    Like

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

Join 2,852 other followers

%d bloggers like this: