Mutasi SIM, Mudah Dan Murah


Masa berlaku SIM mau habis  dan saatnya diperpanjang. Tapi…SIM saya kan masih terbitan wilayah Banyumas. Sedangkan KTP sudah Cilacap, waduh gimana dong?

Cari tahu di internet, nggak nemu. Tanya teman yang polisi, apa bisa mutasi? Jawabannya bisa tapi nggak tahu prosedurnya. Tanya ke teman yang sekiranya tahu, jawabannya wah bikin baru lagi aja di Cilacap, kalo mutasi ribet. G4LAU nih…

Akhirnya dapat pencerahan ketika bersilaturahmi ke rumah teman SMP-SMU yang sekarang tinggal di kota yang sama. Ternyata suaminya adalah Polisi di bagian SIM. Siiip… Menurut suami teman tersebut, lebih baik dimutasi, mudah dan murah… Mantaaapp!!! Dapat info langsung dari yang berkompeten ya jelas yakin!

Segera saja sambangi Polres Banyumas di Jalan Merdeka. Siapkan fotocopy SIM lama dan KTP yang masih berlaku. Datangi loket pendaftaran dan bilang mau cabut/mutasi SIM.

Tunggu beberapa saat sampai nama kita dipanggil. Yang menemui petugas berseragam bitu-putih namun tidak di loket. Kita diserahi berkas pencabutan berisi beberapa lembar kertas, termasuk fotocopy KTP & SIM lama tadi. SIM lama ternyata nggak diminta, jadi masih tenang di jalan. Eh biayanya berapa? Cuma noban alias rongpuluhewu.

Selanjutnya adalah datang ke Polres Cilacap. Sebelumnya datang ke bagian test kesehatan, cek tensi dan denyut nadi, bayar 25.000.

Lalu kertas hasil test kesehatan itu dibawa ke BRi di depan Polres, bayar 75.000.

 Dari bank lengkaplah sudah berkasnya, lalu masuk ke bagian pelayanan SIM.

Masukkan berkas ke loket – isi form – kembalikan ke loket – masuk ruang tunggu – pemotretan – tunggu hasil. Selesai, SIM baru di daerah baru di tangan.

Mudah dan murah kan. Total biaya : 20.000 + 25.000 + 75.000 = 120.000. Coba kalo bikin baru, bisa 2 kali lipat lebih.

Semoga bermanfaat..

55 thoughts on “Mutasi SIM, Mudah Dan Murah

  1. wah kalo antar propinsi semoga juga semudah itu…

    #galau mau mutasi sim, tp 2 thn lg juga mau mbalik kampung, sim kadluarsa thn depan :)

    Suka

  2. test kesehatan, cek tensi dan denyut nadi.
    kok gak ada tes kesehatan mata?

    Suka

  3. Saya dulu cabut berkas sim (sim A dan sim C) dari polres purbalingga, tanpa biaya apapun. Syaratnya cuman KTP asli tujuan (kab bandung) beserta 4 bh fotokopinya. Pas mutasi ke polres soreang (kab bandung) juga cuma dikenakan biaya sama dengan perpanjangan biasa. Jangan mau kalau dikenakan biaya ngga jelas dan besar selain biaya perpanjangan biasa.

    Suka

      • 20 rb sih wajar. Setelah saya, giliran kakak saya mutasi sim ke suatu wilayah di jateng.. dimintai 600 rb! Kakak saya ngotot tidak mau bayar. Akhirnya hanya bayar sesuai biaya resmi. Itu kejadian beberapa tahun lalu, sekarang sepertinya sudah berubah. Sekarang jateng sudah bener yah :)

        Suka

  4. pak mau tanya,,saya mau mutasi sim B1 dari kota jogja ke kota karawang tetapi sim saya hilang dan hanya kopiannya saja yang saya tanyakan apakah saya masih bisa mutasi dan perpanjangan sim??? mohon penjelasannya terimakasih

    Suka

  5. mau tanya kang,
    kl mau perpanjang sim hari sabtu kira2 polres buka dan melayani apa tidak ya kang. soalnya saya liburnya hari sabtu-minggu. suwun infone kang…

    Suka

  6. Hi, mau tanya

    -kalau masih 2tahun baru habis, lebih baik dimutasi atau tidak ya?
    -hitungannya pas mutasi, jangka waktu expire nya di perpanjang apa lanjut yg lama?
    – kalau misalnya sekarang saya cabut berkas, saat baru mo habis waktunya baru saya urus mutasinya boleh tidak ya?

    Thanks info nya

    Suka

  7. Aq sthun yg lalu mutasi jg, dr clcp ke bms…dari plres cilacap gratis bro….ga byar seperakpun….klo ada yg minta biasanya tdk resmi,hanya untk uang rokok…..

    Suka

  8. Saya barusan mutasi sim dari Jogja ke Sidoarjo, biaya cabut berkas 25 rb, terus ngurus di Polres Sidoarjo kena biaya tes kesehatan dan asuransi 55 rb, bayar ke BRI 75 rb, Tapi karena waktu itu saya ijin dari tempat kerja tidak lama, saya dibantu orang (biaya + 50 rb).jadi total biaya 205 rb. Kalau ngurus sendiri bisa lebih murah. Sekedar share aja…

    Suka

Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s