Siput Telanjang Bukan Lintah


Litah 1cak

Nemu gambar ini di wancak (1cak), katanya lintah dibuat mainan suruh keluar labirin. Lintah? Tungu dulu, sejak kapan lintah punya sepasang sungut (antenna)? Sejak kapan juga lintah jalannya merayap? Ini sering salah kaprah lho, dikira lintah padahal siput telanjang.

lintah vs siput telanjang

Perhatikan gambar di atas, memang keduanya mirip, corak warnanya, tekstur kulitnya maupun ukuran tubuhnya. Tapi ada bedanya, kalo siput telanjang seperti jenis Gastropoda lainnya punya sungut atau antenna yang juga berfungsi sebagai mata. Siput telanjang atau di buku Biologi SMU saya dulu namanya Vaginula ini juga berjalan merayap yang berarti bagian tubuh bagian bawah sebagai tumpuanny. Hewan ini memakan tanaman atau daun busuk, Vaginula Blekeeri dikenal sebagai hama tanaman anggrek.

Beda dengan Lintah yang sejenis cacing, dia tidak bersungut juga berjalannya seperti melompat dengan salah  ujung tubuhnya sebagai tumpuan. Cacing ini makan dengan cara menghisap darah.

siput telanjang (1)

Eits dari sumber lain ternyata Siput telanjang ini ada beberapa species, tidak cuma Vaginula.

21 thoughts on “Siput Telanjang Bukan Lintah

  1. thanks infonya bro!

    lebih seru lagi pacet klo masuk hutan seringkali tidak diketahui keberadaannya, tiba2 klamud2 di leher or betis nyedot darah, geli2 gatel :mrgreen:

    Suka

Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s