Ikan Gelodok, Susah Nangkapnya


Ikan Gelodok, Susah Nangkapnya

Jika pergi ke hutan payau atau ke muara sungai, ada satu hewan yang bikin saya penasaran. Namanya ikan gelodok. Ikan yang bisa berjalan di darat dan sukanya berjemur ini mirip kodok kepalanya. Dan herannya, wong namanya ikan tapi senengnya di darat.

Kalo ada gangguan dia lari atau melompat ke air. Makanya susah ditangkap. Saya baru sekali-kalinya bisa menangkapnya di pantai Nusakambangan yang menghadap pulau Jawa.

Posted on January 20, 2013, in NATURE, PHOTO and tagged , , . Bookmark the permalink. 50 Comments.

  1. wah, baru tau ada ikan seneng hidup didarat

    Like

  2. kalo di Serui, kota kelahiranku, namanya ikan motor…. gak perlu mikir kenapa disebut gitu, lha wong kaburnya cepet banget….. udah kayak pendekar2 tingkat tinggi yang bisa berlari di permukaan air :mrgreen:

    tapi asik juga tu ikan2 digodain….. cara mereka kabur barengan lucu sekaligus mengesankan deh, kaburnya gak beraturan tapi gak tabrakan :)

    Like

  3. brigade jalan raya

    Di tempat saya namanya ikan tumpakul :)

    Like

    • :arrow: di Tanjung namanya juga Tumpakul… terutama di mangrove yang becek, wuih banyaknya… di Pelabuhan Tarakan (#pas surut) juga banyak Pakdhe… sayang… gak enak dimakan…

      cerita… di Teluk Penyu, dulu pernah blusukan di hutan bakau (deket jalur pelayaran Pertamina di Donan kalau gak salah) ada hewan unik n enak dimakan Pakde, namanya siput apaaaa gitu… (?) kayak keong, tapi enak dimakan…

      Like

  4. Terima kasih atas konten dan info yg menarik dan menginspirasi….thk u

    Like

  5. ikan gelodok aka maskiper, aku pas kelas 4 sd digoblok2 kan karena cerita ada ikan yang bisa di darat

    Like

  6. wow… ikan geledek = ikan vixion…. hahaa

    Like

  7. Harusnya ikan kodok. .

    Like

  8. wis jarang iwak iki kang.. dadi kepengin maring pantai hehehe

    Like

  9. Berarti bisa hidup dua alam ya mas… Baru tahu aku mas…

    Like

    • sepertinya tidak pernah disebut amphibi… tetap ikan…. dalam taksonomi juga masuk ikan… . kutipan dari yahoo answer. “Mudskipper is not an amphibian because it does not have lungs.It breathes by gills and hence it is a fish.”

      Like

  10. wah pakdhe nyaingi si Otan,wkwkwkwk

    Like

  11. sip ajib,.. selamat kang :D

    Like

  12. ajib ikannya unyu…

    Like

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

Join 2,851 other followers

%d bloggers like this: