About these ads

Test Ride Motor Trabas


Motor trabas, saya sendiri awalnya tidak tahu nyebutnya, cuma sehabis memakai ada orang setempat yang bertanya: “Habis trabas mas?”. Ya udah sebut saja motor trabas.Motor Trabas 1

Melakukan pengecekan ke bangunan air di pegunungan seringkali memang tidak terjangkau kendaraan roda 4. Motorlah solusinya. Dan motor mofifikasi semacam ini memang banyak digunakan oleh orang setempat. Karena medan sedang basah, motor bebekstandar susah menjangkau lokasi, akhirnya saya dipinjami kendaraan semacam itu, yang berbasis Yamaha F1ZR.

Pertama melihat mesinnya, agak terbayang kalo F1ZR standar itu agak susah kalo untuk tanjakan ekstrim. Namun kalo dipikir motor yang sudah dirombak ini pasti suitable for hard track, yah karena milik penduduk setempat. Akhirnya dengan PD saya duduk dan menghidupkan mesin dengan kick starter. Agak kurang biasa dengan setang tinggi dan lebar a la tracker, tapi no problem.Motor Trabas 2

Untuk medan yang dilalui sebenarnya tidak terlalu panjang, cuma naik dan turun dengan panjang kurang lebih 200 meter. Kebetulan saya pernah lewat waktu musim kemarau, jalurnya satu roda. Lha in habis turun hujan jalur satu rodanya makin dalam dan sekitarnya licin. Tapi pakai ban pacul memang membantu.

Motor Trabas 3

Pemandangan sebelah kanan, sungai dan tebing tanah yang tidak terlalu tinggi dan tidak begitu curam, namun lumayan bikin keder.

Motor Trabas 5

Trek satu roda

Motor Trabas 4

Pengendara lain yang sejalur. Saya pilih riding sendiri dari pada ketakutan dibonceng di trek ini.

Ternyata walau cuma trek pendek, stamina juga lumayan terkuras. Selain stamina untuk mengendarai, juga untuk berpikir keras menaklukan trek semacam ini. Wah kalo rutin bisa buat ngurusin badan nih. Tak terbayangkan capeknya ikut acara trabas yang medannya melintas desa-desa itu.

About these ads

About imam maskur

maskurblog.wordpress.com

Posted on April 9, 2013, in AROUND US, MOTORCYCLES, NATURE and tagged , , , . Bookmark the permalink. 12 Komentar.

  1. mantap…. bebek offroad

    Suka

  2. op rod..heehehe…kalo di desa saya banyak juga motor jenis ini…biasanya punya orang perhutani…

    Suka

  3. Akhirnya ada artikel trabas walaupun ringan ,iklan yang minta tantang nyali harusnya begini ,jangan dijalan raya mengganggu pengendara lain ..

    Suka

  4. di desa mbah, sering bgt bwt bwa glondongan kayu..
    ngeri

    Suka

  5. mas. nek tumbas petir 125 (kan murah rondone). di modif grasstracker sperti di atas pripun nggeh gen iso ganas nanjak2 nang kebon …koyo drz 125. petir e tangguh ora yo koyo fizer di atas??? piye pendapat njenengan?? (mung kepingine)

    Suka

  6. lho?

    kata klingon V2 si FBHomopret tulen itu… 2 tak gak kuat nanjak2… tapi ini kok pake basis mesin F1ZR yang 2 tak? atau ada versi F1ZR yang 4 tak irit2 itu ya?
    :lol:

    *Klingon V2… dimanakah engkau berada, menggunakan nick apalg engkau…

    Suka

  7. Hi,ngeri tempatnya…

    Suka

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 2.162 pengikut lainnya.

%d bloggers like this: