Rem Cakram Membahayakan


Saya lahir dan besar di satu desa di suatu pegunungan. Jaman dulu informasi belum seperti sekarang. Info dari kota bisa jadi sesuatu yang dipegang erat sebagai sebuah mitos. Mengenai motor ada satu mitos mengenai motor yang saya anggap paling aneh yaitu : “Rem Cakram Membahayakan”.


Dulu ayah saya punya Yamaha RX 100. Motor ini sebenarnya rem depan sudah cakram. Tapi motor ayah dan rata-rata motor di daerah saya, rem cakram depannya sudah tidak dipakai, tepatnya dirusak dengan melepas piston kalipernya. Sewaktu saya tanya kenapa dirusak. Jawabannya adalah karena rem cakram bisa macet, takut jika sedang lari cepat atau lagi di jalan menurun tiba-tiba remnya bekerja, maka pengendaranya akan terlempar ke depan. Lebih aman rem tromol kata beliau.

Sepertinya ada benarnya juga, karena cakram jaman dulu masih rapat, tidak ada lubang-lubangnya (memangnya ngaruh ya?). Itu juga trend dari Negara pembuat motor sendiri yaitu Jepang,

Mau Bukti? Nih!

Kenapa dia (jaman dulu)

Juga dia

Serta dia

Pake rem depan tromol.???????????

Sedangkan dia (jaman modern)

Apalagi yang ini

Sudah pasti cakram – dobel lagi

Iklan

20 pemikiran pada “Rem Cakram Membahayakan

  1. Shell Super kang……
    Weleh, aku lagi krungu nek jaman dulu ono mitos rem cakram marai njungkel. Tak eling-eling, mangkane jaman 80-an kok rem cakram ngarep podo dicopoti opo yo goro-goro mitor kuwi ya?
    * cak giri keno mitos jugaaaaakkkk….

    Suka

  2. oo.. mungkin karena dulu kan rem cakram rapet ga da lubang ventilasinya…seperti sekarang yang mengakibatkan panas tidak bisa dilepas secara efektif… nah akibatnya pirimangan cakram memuai yang mengakibatkan rem ngunci….

    Suka

  3. Buahahahahahahahaha,,
    Lengkap banget koleksi satria baja hitamnya
    Ini tontonan saya jaman esde
    Wkwkwkwkwkwkwkwkwk
    😆

    @kilaubiru
    Sama,, ga nyadar klu remnya teromol
    Lha teromol aja kaga ngarti, klu ngompol ngerti
    :mrgreen:

    Suka

  4. hahahahahahahah contoh yang bagus, secara kita2 waktu kecil idolanya kamen rider 😆

    jaman kecil dulu ngeliat motor KBH rasanya keren banget n keliatan canggih banget, sekarang ngeliatnya kok malah lucu ya xixixixixixi

    Suka

  5. Eh, gw juga baru sadar beberapa Rider motornya rem depannya kayak gitu.

    Kalau dari era Heishei sih, rem depannya pakem-pakem semua, coz mereka sering kebut2an ala MotoGP (well, kok ngomongin Kamen Rider sih? :-S)

    Suka

  6. Ksatria wajan Hitam… berulah…
    Pernah ada RX 100 di kebun cakramnya polos, enggak pernah jungkel karena kaliper pistonnya dicopot.

    Suka

  7. Ping balik: Bike Of My Life The Other – RX 100 « Learning To Life

  8. Ping balik: PPP (Presepsi Proporsi Pengereman) « Learning To Life

  9. Whuakakkak…mantabh-mantabh..jagoan ane banget pas jadul tuh gan..

    Tp jadi yg bener yg mana nih…
    Minggu malam ane ngepot di aspal pas hjn2 gara pk rem depan..nah di blog ini nganjurinnya beda…piye toh?

    Suka

  10. apa bukan krn dulu rem cakramnya masih sistem mekanik bukan hidrolik, soalnya gl100 punyaku dulu dan rx100 bokap rem depannya cakram mekanik, pas macet kumodif jadi hidrolis,

    Suka

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s