Copy – Paste



Copy – Paste adalah istilah dalam penggunaan komputer, yang diartikan ke dalam bahasa indonesia menjadi Salin – Tempel. Untuk keterangan lengkap ada di Wikipedia. Saya tidak akan menjelaskan hal itu di sini.

Dalam blog ini saya mempunyai satu kategori yaitu saya namakan Copy – Paste. Karena tulisan-tulisan yang saya masukkan ke sana adalah hasil tulisan orang lain yang saya salin (Copy) kemudian saya tempel (Paste) ke halaman blog saya. Sebenarnya dalam adab dan etika blogging. sangat dihindari melakukan tindakan Copy – Paste.

Apalagi dalam melakukan hal tersebut tanpa menyebutkan URL tulisan asli ataupun Author nya. Bisa dibilang sebagai salah satu jenis pembajakan. Namun di jaman web 2 ini sangat banyak sumber informasi, sebagian di antaranya dari blog, dan sangat mudah untuk menyalin tulisan-tulisan tersebut, tanpa dapat dicegah.

Mengapa saya tetap melakukan tindakan Copy – Paste tersebut di blog ini?

Berikut saya terangkan alasan-alasannya. Pertama, saya merasa informasi yang termuat dalam tulisan itu sangat berguna, sehingga saya perlu mengbadikannya di sini. Dengan tujuan agar suatu saat nanti ada orang yang membutuhkannya, saya dengan mudah menunjukkan tempatnya. Selain itu tulisan-tulisan itu adalah termasuk pengisi awal blog saya pada waktu kehabisan ide. Tapi alasan yang sebenarnya adalah karena pada waktu, saya belum tahu etika blogging.

Lho kenapa saya tetap tidak mencantumkan URL & Author tulisan –tulisan itu?

Saya tidak mencantumkan sumber tulisan karena saya menerima artikel-artikel itu dalam bentuk email dari teman kantor. Jika disana terdapat sumbernya pasti (sekarang) saya cantumkan.

Lalu kenapa setelah mengetahui adab dalam blogging, saya tidak menghilangkan artikel-artikel tersebut dari blog ini? Jawaban saya adalah kembali ke alasan paling atas.

Wah rasanya jadi dilema, sebagai suatu solusi menurut saya, saya cantumkan NB di bawah artikel tersebut. Agar jika sang pemilik asli tulisan itu menemukannya, dia bisa mengklaimnya.

Iklan

2 pemikiran pada “Copy – Paste

  1. memang setiap orang punya pendapat dan pandangan masing-masing 🙂

    selama masing bisa saling menghargai,,kenapa tidak???
    selamat berkarya sob…

    oya mas wong banyumas juga ya???hehe,,salam kenal ya mas..

    Suka

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s