Sebuah Pilihan


Taken from my friend’s Post on Facebook Notes,

Tuesday, August 11, 2009 at 9:57am


Rasanya saya bosen banget denger reaksi orang2 disekitar saya mendengar jawaban saya setiap kali mereka bertanya
” Anaknya minum susu apa? ”
dan saya jawab:
” UHT ”
Rata2 orang yang mendengar jawaban saya akan berekspresi aneh,malah yang baru aja saya alami seorang teman balik bertanya,
” Kenapa belinya UHT siy, khan kalian berdua kerja, pasti bisa dong beli susu yang bagus? ”
Saya masih belum ngerti, kira2 apa ya yang ada dipikiran dia tentang susu yang bagus buat anak.

Saya jadi inget waktu Faiza usia 2 bulan, pertama kali saya membahas tentang susu anak dengan saudara, dan akhirnya membuka pikiran saya (thanks again mba Dini)
Ada penjelasan yang masuk logika saya waktu itu.
” Coba kalau dipikir semua susu dari sapi berupa cair,kalau UHT hanya diproses high temperature lalu dikemas, sementara susu bayi bubuk berarti itu susu sapi diproses menjadi bubuk, lalu sampe rumah kita proses lagi menjadi cair.” kalau saya ga salah inget gitu penjelasannya

Dulu saya dan suami sempat bingung, ntar setelah 6 bulan Faiza mau dikasi tambahan susu apa?
Saya coba tanya2 sama Dokter anaknya, kira2 susu apa ya yang bagus buat anak yang mengandung AA, DHA kayak yang sering digembar gemborkan orang.
Dokternya cuma bilang:
“Kalo masih bisa ASI, berarti itu yang paling baik,AA DHA ada dimakanan tambahannya khan udah 6 bulan, bisa di udang atau ikan. payah lho kalo jadi ibu2 korban iklan”
Saya jadi semakin yakin, saya bisa kasih ASI buat Faiza sampai dia umur 2 tahun.
Sejak umur 1 tahun lebih saya kasih susu UHT buat Faiza yang menurut pertimbangan saya sama baiknya koq dengan susu yang berharga ratusan ribu 1 kalengnya. Karena menurut pendapat saya, susu hanya makanan pelengkap buat anak2 yang banyak mengandung kalsium, baik untuk pertumbuhan tulang dan giginya. Tapi bukan berarti kebutuhan kalsium hanya ada pada susu lho, karena masih bisa didapat dari makanan selain susu.

Saya pernah punya pengalaman dateng keseminar tentang tumbuh kembang anak yang disponsori salah satu brand susu bayi, yang menurut saya malah ga dapet ilmu apapun, karena sang dokter anak yang jadi pembicara utama juga berpendapat anak yang ga dikasih susu tersebut ga berkembang dan kreatif kayak di iklan2 TV.
Lagi2 menurut saya, kecerdasan dan kreativitas anak itu tidak didapat dari bubuk2 susu yang kita kasih ke anak kita, menurut saya, kreativitas dan kecerdasan anak didapat dari stimulasi yang sering kita berikan kepada anak sejak dia bayi, dan didukung oleh gizi yang baik.

Saya rasa semua itu adalah sebuah pilihan, dan kami sudah memilih yang kami rasa terbaik buat Faiza.
Alhamdulillah sekarang diusia Faiza 23 bulan saya masih memberi ASI, ditambah dengan susu UHT bukan karena susu itu murah, tapi karena menurut kami susu UHT baik buat Faiza, memenuhi kebutuhan kalsiumnya, dan Alhamdulillah Faiza tumbuh kreatif seperti teman2 seusianya,dan menurut saya dia juga tergolong cepat menangkep apa yang kita ajarkan, la wong yang ga maksud diajarkan aja ditangkep juga sama dia.
Alhamdulillah juga karena susu UHT tergolong jauh lebih murah dibanding susu lainnya, jadi saya bisa berhemat juga khan, lumayan bisa buat jalan2,hehehe

Alhamdulillah juga saya punya saudara yang selalu rela berbagi ilmu jadi kebuka pikiran saya

Sebuah pilihan yang saya ambil, karena saya mencoba belajar jadi istri yang bijak dijaman susah ini, dan belajar menjadi bunda yang baik buat Faiza

Author : Ratih Nurhastuti

Iklan

10 pemikiran pada “Sebuah Pilihan

  1. Wah kalo beli susu UHT ya tanya Authornya to.
    Tp jaman sekarang apa2 ada di Kere Empat eh Kere Four eh Carefour to?
    Mosok di yamaha Alfa ra iso koment. Aku njajal lwt laptop iso ki.
    Tasikmadu rak datar. Nek neng gunung enak alfa tumpakane

    Suka

  2. Wah lama2 mbahas susu ky di warunge mas tri
    @lek djie
    Alfaku tak tumpaki manjat wae iso ngebut.
    Alfamu gawa wae neng pasar klithikan Semanggi. Di dol pretelan :mrgreen:

    Suka

  3. susu uht itu belinya dimana pak?
    Berhubung,di artikel alfanya ga bisa,nyari pertamax plesnya di sinih saja ya…
    Ngomong2 soal alfa,ning ngomah gur dinggo ngarit,kerep mogoke malah.mendingan rc100 87 sadurunge pak,luwih antep

    Suka

  4. Lumayan entuk premium pasti puas.
    Bener juga ya UHT lebih “alami” dibanding susu bubuk. Nek neng C4 akeh banget merekke mas. Mending sing asli, coklat, opo stroberi ya?
    *Meh ganti UHT aaah. Soale susu murnine wis ora netes. :mrgreen:

    Suka

  5. wah,susune murni kakeyan disedot ben mbengi karo pak nadi..pantesan ra netes..
    *mlayu sipat kuping
    Eh,sadurunge ninggali pak maskur dlu:la wong ning dalan datar wae mlayune wis kempas kempis,po meneh ning gunung pak,sengkleh sikil e nyurung terus..

    Suka

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s