Bike Of My Life Pt 5 – VEGA


Sebagai orang yang bekerja di atas motor, saya merasa motor sebelumnya tenaganya kurang. Target saya (disesuaikan dengan budget) adalah motor dengan cc lebih. Akhirnya pilihan jatuh ke Yamaha Vega keluaran 2000, termasuk Vega keluaran kedua. Setidaknya ada kenaikan cc dengan Grand, yaitu dari 97 cc menjadi 102 cc (dibulatkan menjadi 105 cc).

Yamaha Vega waktu pertama kali keluar adalah motor premium Yamaha untuk kelas 4 tak. Ini adalah pengganti Yamaha Crypton yang sewaktu Vega muncul, downgrade menjadi motor kelas 2. Motor ini mengambil bentuk fisik dari sang legenda balap dalam negeri Yamaha F1ZR. Body model ini bertahan hingga tahun 2004-2005 dengan Vega R nya. Yamaha Vega sepertinya tidak terlalu sukses dipasaran, karena waktu itu mindset konsumen tentang Yamaha bebek adalah 2 tak dengan F1R-nya. Sampai kemudian Vega mencapai kesuksesan justru ketika turun tahta menjadi Vega R dengan kelas premiumnya adalah Yamaha Jupiter series.

Dengan motor ini saya merasa ucapan Komeng yang menyatakan “BEBEk 4 TAK PALING SPONTAN”  memang tidak salah. Begitu handle gas dibuka sedikit langsung terasa tarikannya. Jadi saya tidak perlu membuka gas dalam-dalam untuk awalannya. Hal tersebut karena motor ini mempunyai torsi puncak yang dicapai pada RPM rendah. Keuntungan lain adalah lebih kuat ketika masuk tanjakan. Apalagi setelah motor saya di bore-up dengan piston Jupiter Z, maka makin terasa tarikannya, saya yang biasa lewat tanjakan dengan Grand menggunakan gigi 1, dengan Vega bisa gigi 3 atau malah bisa gigi4. Selain itu hadlingnya mantap yang menjadi ciri khas motor keluaran Yamaha. Hitung-hitung saya seperti bernostalgia dengan Yamaha Alfa yang menemani saya semasa SMU. Selain itu rem cakram Vega rasanya lebih pakem, setelah say membandingkannya dengan Honda Supra Fit, Honda Karisma juga Kawasaki Blitz

Dengan motor ini saya menempuh rute terjauh Cilacap-Solo. Walaupun dengan top speed cuma 95 kpj (versi speedometer motor), namun rasanya di badan lebih enak daripada naik Grand. Memang kelemahan Vega yang Overstroke adalah di top speed, masih kalah dengan motor-motor sekelas yang mengadopsi mesin Overbore. Bisa menang jika masuk tanjakan dan jika menyalip kendaraan besar (bus , truck). Hal lain yang bagi sebagian orang adalah termasuk nilai minus adalah bunyi mesinnya yang berisik, paling berisik diantara bebek 4 tak lain, termasuk Jupiter sekalipun. Menurut informasi karena engine balancer (rupanya seperti apa juga tidak tahu).

Saya cuma kurang lebih setahun memakai motor ini, karena saya diterima kerja di Ibukota. Motor ini saya kembalikan ke rumah ibu saya, dan dipakai oleh keponakan saya untuk kuliah. Jika saya cuma mengganti spakbor belakang dengan kepunyaan Jupiter, di tangan keponakan saya motornya jadi Black Bike…dasar anak muda

 

Iklan

18 pemikiran pada “Bike Of My Life Pt 5 – VEGA

  1. inget vega inget ngatini… 😆 hehehe
    waktu vega lagi anget2nya, anak muda jarang pilih ni karena lebih milih F1ZR, di t4 saia dulu vega kbanyakan dipake pak guru ma pak lurah.. :mrgreen:

    Suka

  2. waduh ketinggalan aku. iki brompitku pertama sing tak tuku nganggo duwitku dewe. saiki dienggo nyonya muter-muter sekitar komplek nggo ngeterke anak sekolah, dagang, lan tuku bumbu neng pasar :mrgreen:

    Suka

  3. @Kang Nadi
    mesthi irit banget kuwi
    @Kang Topik
    Karena Vega awal itu produk premium dibanding Vega R yang produk murah tapi tidak murahan
    Vega awal juga jarang yang punya.
    Trus secara kualitas dilihat secara kasat mata saja, cat & finishingnya lebig bagus, ada tutup untuk Dinamo starter (Vega R tidak ada)

    Suka

  4. Ping balik: Silsilah Yamaha Vega… | KeongRacing™

    • buat akang2 yg hobier motor VEGA join dengan kita ,COVER Club Of Vega Ambarawa . .add facebook kita ” yvciambarawa@gmail.com ” member YVCI Yamaha Vega Club Indonesia . .kl gabung sm kita dijamin akan tmbh2 temen n pengalaman…at bsa hubungi 085866908513

      Suka

  5. buat akang2 yg hobier motor VEGA join dengan kita ,COVER Club Of Vega Ambarawa . .add facebook kita ” yvciambarawa@gmail.com ” member YVCI Yamaha Vega Club Indonesia . .kl gabung sm kita dijamin akan tmbh2 temen n pengalaman…ato bsa hubungi 085866908513

    Suka

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s