[ide]Tukang Tambal Ban, Ada Baiknya Di Data Dan Dipetakan


Pernahkah anda mengalami siksaan berupa ban kendaraan anda tiba-tiba kempes? Ini bisa jadi adalah hal yang tidak bisa diprediksi dalam berkendaraan

Pernahkan anda kebingungan mencari tukang tambal ban? Sementara anda berada di tempat asing, siap-siaplah berkeringat menuntunnya. Kita bertanya pada orang yang kita temuipun belum tentu hapal dimana lokasi tukang tambal ban terdekat. Karena tukang tambal ban hanya dibutuhkan di saat-saat tertentu, di waktu lain mereka dilupakan.

tukang tambal ban

tambal ban taken from http://www.roda-dua.com

Saya pernah mengalami betapa menyebalkannya ban kempes di kota yang baru kita kenal. Sungguh siksaan lahir dan batin. Siksa lahir karena menuntun motor dan mandi keringat. Sedangkan siksa batin karena malu dilihatin orang. Bersyukur jika ada orang yang berbaik hati menunjukkan tukang tambal ban terdekat. Atau menemukan selebaran tukang tambal ban panggilan (saya temui di kota Solo).

tambal ban panggilan from http://arief.disolo.com

Karena pernah mengalaminya, jika saya menemui orang yang mengalami hal tersebut. Saya berusaha memberikan informasi mengenai tukang tambal ban, sejauh yang yang saya tahu.

Dulu sekali saya ada pikiran untuk mensurvey lokasi tukang tambal ban di kota saya. Namun belum kesampaian sampai sekarang. Malah selanjutnya saya bekerja di kota lain.

Maka, saya sampaikan ide ini  ke anda semua barangkali bisa dilaksanakan demi membantu orang lain. Baik orang yang menderita karena bannya kempes atau untuk tukang tambal ban sendiri, karena bisa menambah pemasukan.

Barangkali kita bisa melakukannya dari kota kita sendiri, tepatnya dai sekitar rumah kita sendiri. Kemudian kita petakan lokasinya, dan kita bagi kepada semua orang. Apalagi jika anda adalah orang yang bekecimpung di dunia IT, tidaklah sulit untuk menyajikannya dalam bentuk digital. Di jaman internet ini tidak susahlah kiranya untuk menyebarkannya.

Kurang lebih data yang diperlukan dalam pendataanya adalah:

  • Lokasi (jalan, ancar-ancar)
  • Jam Buka
  • Layanan (bisa menambal biasa atau juga ban tubeless)
  • Foto
  • Nama Pemilik
  • Nomor HP (jika ada/boleh)
  • Koordinat (untuk versi digital)

Menurut saya tersebut juga bisa berguna untuk persiapan turing dan mudik. Selain itu bisa juga untuk mengatasi masalah kehabisan bahan bakar, karena biasanya tukang tambal ban juga menyediakan bensin eceran.

bensin eceran from http://wonogirikab.go.id

Kenapa bukan peta SPBU, peta SPBU sudah banyak tersedia, misalnya di peta mudik.

Semoga ide yang sayapun belum melaksanakannya ini bisa berguna nantinya. Jika anda pengguna ban tubeless, dan anda merasa tidak membutuhkan, anda menggunakannya untuk memberitahu orang lain yang membutuhkan.

Foto-foto

http://shofiqsula.wordpress.com/

http://www.roda-dua.com/

http://arief.disolo.com/

http://wonogirikab.go.id/

http://cilacapmedia.com/

Iklan

16 pemikiran pada “[ide]Tukang Tambal Ban, Ada Baiknya Di Data Dan Dipetakan

  1. Yang pasti, PERTAMAXX habis!!
    Bner jg bro..
    Dipetakan 😀
    Di solo skrg bnyk tkg tmbl ban pnggilan
    Ada yg pk grobak, pk side box ky yg diatas :mrgreen: , n ada jg yg pk sidecar 😀

    Suka

  2. wagh… jadi inget saat itu sedang berada di Kaltim… baru 2 hari di sana, eheheh ban motor yang belakang kempess… clingak-clinguk sana-kemari gak ada tambal ban!!! mana malam hari lagi… akhirnya motor dinaikin, dengan posisi badan dicondongin ke depan… jalan pelan2, eheheh ada yang ngisruh!!! dikira ngajak ngetrack!! whuawhua… saat itu bawa supra fit, yang ngajak ngetrack jupie z… hahaha,
    thanks share-nya… jadi tambah antisipasi daripada kena malu lagii..

    Suka

  3. Wah kudu siyapin Organisasinya nih . . . ASOSIASI PENGUSAHA TAMBAL BAN PINGGIR JALAN

    kalau perlu tukang tambal ban dibina, dan diberi pembekalan sehingga keahliannya bisa ada standarisasinya . . . Dana APBD, PMKM bisa dipake ke sini nggak ya?

    Suka

  4. aku pernah baca di koran apa tau lupa,pd acara DJARUM BLACK INOVATION AWARD,salah satu nominator pemenangnya nciptain alat berbentuk belt yg di pasang pd roda pd saat ban motor bocor,kurang maksimal sih,tp lumayan,motor msh bsa jalan paling tdk sampe tambal ban terdekat.

    Suka

  5. ak mo isuk kebanan bro(bocor ban ku) ning daerah pringsurat padahal jik jam 5.15 pagi, wes untung aja pas entek angine pas cedhak tambal ban truk. tp tukange jik turu angler sajak’e, wes nekat tak ketok2 wae warunge nggugah tukang e tambal. untung wae wonge gelem tangi ngguya-ngguyu ora nesu gelem nulungi sisan,, hahha.. oh tukang tambal ban, jasamu benar-benar besar..

    Suka

  6. bagi teman teman apa bila pergi ke denpasar bali banya bocor jangan bingung saya siap membatu 24 jamhubungi asosiasi tambal ban denpasar sekertariat jl nakula barat101 kute

    Suka

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s