Akhirnya 10 Kali Sudah


Hari ini akhirnya saya bisa melakukan donor darah lagi. Sebalum khotbah telah diumumkan bahwa sehabis shalat Jumat, akan diadakan donor darah bertempat di  kompleks masjid.

Donor darah kali ini sangat berarti bagi saya, karena target menggenapkan 10 kali akhirnya kesampaian. Sebenarnya kalo mau kita bisa rutin 3 bulan sekali berdonor, dengan mandatangi kantor PMI tentunya. Namun saya merasa tidak ada waktu untuk itu.

Kegiatan Donor Darah

Dulu, sewaktu masih bekerja di Sebuah Stasiun Televisi, saya bisa rutin mendonorkan darah saya. Namun di tempat baru, yang mana merupakan pekerjaan proyek, hal rutin itu tidak ada. Jadi saya hanya bisa mengharapkan pengumuman yang saya dengar.

Flashback ke waktu pertama kali donor darah. Saya jadi donor darah pertama kali adalah  sewaktu masih jadi mahasiswa, kurang lebih tahun 2001. Awalnya memang takut, karena mitos-mitos sebagai berikut:

  • Habis donor darah badan lemas
  • Bisa tertular penyakit
  • Ketergantungan, kalo tidak donor lagi badan jadi tidak fit
  • dll

Namun dengan keyakinan saya singkirkan semua pikiran-pikiran itu. Jaman sekarang alat uji darah dan jarumnya hanya dipakai sekali. Ternyata mitos-mitos di atas tidak terbukti. Sebaliknya ada manfaat yang kita dapat dengan berdonor, yaitu kita bisa memantau kondisi tubuh kita apalah tekanan darahnya normal, darah kita sehat atau tidak. Karena sebelum diambil darahnya, kita diperiksa dulu kondisinya.

Maka saya berharap bisa terus rutin melakukan donor darah. Tidak bermaksud apa-apa, tapi puas bisa mencapai angka-angka tertentu, dan semoga ada manfaat dibaliknya.

Sudahkan ada berdnor darah hati ini, saya sudah 10!

Iklan

14 pemikiran pada “Akhirnya 10 Kali Sudah

  1. salah satu resep sehat juga yah? cmiiw .. . karena salah satu sunahnya resep sehat adalah ‘mengeluarkan darah’

    * ngawur . ..nyambung2i dengan bekam xixixiixixxi 🙂

    Suka

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s