Bike Of My Life The Other – RX 100


RX 100

RX 100 adalah motor bermesin 2 tak berkapasitas 100 cc dari Yamaha. Motor ini adalah kelanjutan dari type RS, dan merupakan basis awal mesin generasi RX, misalny RX Special & RX King. Satu generasi dengan Suzuki GP 100 & Binter KH100EL. Yang secara fisik membedakan adalah posisi karburator yang terletak di belakang silinder, karena untuk motor sport Suzuki dan Binter biasanya menyembunyikan karburatornya di blok sebelah kanan.

Motor ini selain dijual di Indonesia juga di negara lain. Menurut informasi motor ini dijual berupa CKD, jadi masih diproduksi di Jepang.

Setelah merasakan repotnya merawat Binter Joy. Karena bermesin 4 tak dan ber kapasitas kecil, jadi tidak cocok digunakan di jalan desa saya yang banyak tanjakan dan dengan perkerasan Macadam. Juga karena populasinya sedikit sehingga jika perlu pergantian onderdil, selain susah juga harganya mahal. Akhirnya ayah saya menjual motor bebek kawasakinya dengan RX 100. Katanya selain tenaganya lebih besar, onderdilnya tersedia dan murah, selain itu mesin 2 tak lebih mudah diakali.

Jadi motor ini di keluarga saya ada lah motor Yamaha pertama, sport pertama dan 2 tak pertama. Ayah saya menggunakan motor ini lumayan lama, mungkin sekitar 4 tahunan. Rutin hanya untuk ke sekolah karena Ayah saya adalah guru, juga untuk sowan ke rumah mbah yang jaraknya hanya 15 km, atau untuk plesir rutin kalo Lebaran. Dan memang benar semenjak menggunakan motor ini tidak ada masalah berarti, misalnya jika dulu sewaktu menggunakan si Joy kalau masuk tanjakan kadang pembonceng harus turun terlebih dulu, menggunakan motor ini tidak perlu.

Karena motor ini ayah memberi tahu beberapa ilmu. Diantaranya perbedaan mesin 2 tak dan 4 tak. Misalnya jika motor 2 tak itu jika salah satu onderdilnya rusak, maka yang perlu diganti adalah hanya onderdil yang rusak saja. Sedangkan mesin 4 tak, jika onderdilnya ada rusak, bisa merembet dan perlu banyak yang diganti. Karena dulu penganut 4 tak hanya Honda maka perkataan ayah itu berlaku juga untuk merk, artinya jika mesin Honda rusak maka banyak yang perlu diganti. Β Hmmm..semacam doktrin untuk anti Honda

Motor ayah saya, walaupun sudah menggunakan rem cakram, namun tidak digunakan. Kalipernya utuh namun sepertinya kampasnya tidak dipasang. Hal itu juga dilakukan rata-rata pemilik motor didaerah saya. Hal ini berkaitan dengan artikel Rem Cakram Membahayakan

Iklan

35 pemikiran pada “Bike Of My Life The Other – RX 100

  1. sepertinya pertamaxxx… :mrgreen:

    kok jadi keinget satria baja hitam RX ya… hihihihi….. πŸ˜†

    wah ini kuning beneran apa biru kekuning-kuningan
    ***gak percaya mode:on

    Suka

  2. pertamax!saya lebih suka rx robo pak..lebih2 rx biyo..btw,rx100 ama gl100 duluan mana ya yg muncul ke indonesia pak?

    RX Robo Paling Keren
    RX 100 sepertinya sejaman dari GL 100, keluar sekitar tahun 79-80 an

    Suka

  3. @kilau kuning: mbhas celengan wee…hahhahahhaha
    πŸ˜€ πŸ˜€ πŸ˜€ πŸ˜€ πŸ˜€ πŸ˜€ πŸ˜€ πŸ˜€ πŸ˜€ πŸ˜€ πŸ˜€ πŸ˜€ πŸ˜€ πŸ˜€ πŸ˜€ πŸ˜€ πŸ˜€ πŸ˜€ πŸ˜€ πŸ˜€ πŸ˜€ πŸ˜€ πŸ˜€ πŸ˜€ πŸ˜€ πŸ˜€

    Suka

  4. wah,wong semarang mulai bom2an ki..melu ah..
    πŸ˜€ πŸ˜€ πŸ˜€ πŸ˜€ πŸ˜€ πŸ˜€ πŸ˜€ πŸ˜€ πŸ˜€ πŸ˜€ πŸ˜€ πŸ˜€
    πŸ˜€ πŸ˜€ πŸ˜€ πŸ˜€ πŸ˜€ πŸ˜€
    πŸ˜€ πŸ˜€ πŸ˜€ πŸ˜€ πŸ˜€ πŸ˜€
    πŸ˜€ πŸ˜€ πŸ˜€ πŸ˜€ πŸ˜€ πŸ˜€
    πŸ˜€ πŸ˜€ πŸ˜€ πŸ˜€ πŸ˜€ πŸ˜€
    πŸ˜€ πŸ˜€ πŸ˜€ πŸ˜€ πŸ˜€ πŸ˜€
    πŸ˜€ πŸ˜€ πŸ˜€ πŸ˜€ πŸ˜€ πŸ˜€ πŸ˜€ πŸ˜€ πŸ˜€ πŸ˜€ πŸ˜€ πŸ˜€ πŸ˜€ πŸ˜€ πŸ˜€ πŸ˜€ πŸ˜€ πŸ˜€ πŸ˜€ πŸ˜€ πŸ˜€ πŸ˜€ πŸ˜€ πŸ˜€ πŸ˜€ πŸ˜€ πŸ˜€ πŸ˜€ πŸ˜€ πŸ˜€ πŸ˜€ πŸ˜€ πŸ˜€ πŸ˜€ πŸ˜€ πŸ˜€ πŸ˜€ πŸ˜€ πŸ˜€ πŸ˜€ πŸ˜€ πŸ˜€ πŸ˜€ πŸ˜€ πŸ˜€ πŸ˜€ πŸ˜€ πŸ˜€
    Mbak wulan kalah kuning ki..
    πŸ˜€ πŸ˜€ πŸ˜€ πŸ˜€ πŸ˜€ πŸ˜€ πŸ˜€ πŸ˜€ πŸ˜€ πŸ˜€ πŸ˜€ πŸ˜€

    Suka

  5. weidjann…akeh men lekdjie??…tambahi ah….
    πŸ˜€ πŸ˜€ πŸ˜€ πŸ˜€ πŸ˜€ πŸ˜€ πŸ˜€ πŸ˜€ πŸ˜€ πŸ˜€ πŸ˜€ πŸ˜€
    πŸ˜€ πŸ˜€ πŸ˜€ πŸ˜€ πŸ˜€ πŸ˜€
    πŸ˜€ πŸ˜€ πŸ˜€ πŸ˜€ πŸ˜€ πŸ˜€
    πŸ˜€ πŸ˜€ πŸ˜€ πŸ˜€ πŸ˜€ πŸ˜€
    πŸ˜€ πŸ˜€ πŸ˜€ πŸ˜€ πŸ˜€ πŸ˜€
    πŸ˜€ πŸ˜€ πŸ˜€ πŸ˜€ πŸ˜€ πŸ˜€
    πŸ˜€ πŸ˜€ πŸ˜€ πŸ˜€ πŸ˜€ πŸ˜€ πŸ˜€ πŸ˜€ πŸ˜€ πŸ˜€ πŸ˜€ πŸ˜€ πŸ˜€ πŸ˜€ πŸ˜€ πŸ˜€ πŸ˜€ πŸ˜€ πŸ˜€ πŸ˜€ πŸ˜€ πŸ˜€ πŸ˜€ πŸ˜€ πŸ˜€ πŸ˜€ πŸ˜€ πŸ˜€ πŸ˜€ πŸ˜€ πŸ˜€ πŸ˜€ πŸ˜€ πŸ˜€ πŸ˜€ πŸ˜€ πŸ˜€ πŸ˜€ πŸ˜€ πŸ˜€ πŸ˜€ πŸ˜€ πŸ˜€ πŸ˜€ πŸ˜€ πŸ˜€ πŸ˜€ πŸ˜€
    πŸ˜€ πŸ˜€ πŸ˜€ πŸ˜€ πŸ˜€ πŸ˜€ πŸ˜€ πŸ˜€ πŸ˜€ πŸ˜€ πŸ˜€ πŸ˜€
    πŸ˜€ πŸ˜€ πŸ˜€ πŸ˜€ πŸ˜€ πŸ˜€
    πŸ˜€ πŸ˜€ πŸ˜€ πŸ˜€ πŸ˜€ πŸ˜€
    πŸ˜€ πŸ˜€ πŸ˜€ πŸ˜€ πŸ˜€ πŸ˜€
    πŸ˜€ πŸ˜€ πŸ˜€ πŸ˜€ πŸ˜€ πŸ˜€
    πŸ˜€ πŸ˜€ πŸ˜€ πŸ˜€ πŸ˜€ πŸ˜€
    πŸ˜€ πŸ˜€ πŸ˜€ πŸ˜€ πŸ˜€ πŸ˜€ πŸ˜€ πŸ˜€ πŸ˜€ πŸ˜€ πŸ˜€ πŸ˜€ πŸ˜€ πŸ˜€ πŸ˜€ πŸ˜€ πŸ˜€ πŸ˜€ πŸ˜€ πŸ˜€ πŸ˜€ πŸ˜€ πŸ˜€ πŸ˜€ πŸ˜€ πŸ˜€ πŸ˜€ πŸ˜€ πŸ˜€ πŸ˜€ πŸ˜€ πŸ˜€ πŸ˜€ πŸ˜€ πŸ˜€ πŸ˜€ πŸ˜€ πŸ˜€ πŸ˜€ πŸ˜€ πŸ˜€ πŸ˜€ πŸ˜€ πŸ˜€ πŸ˜€ πŸ˜€ πŸ˜€ πŸ˜€

    Suka

  6. 2 tak keluaran tahun 80an memang sangat tangguh ( kalau punya bapaku dulu buat ngangkut gabah kalau panen ) bawa 2 karung nanjak hayu aja. . .
    RX 100 , RXS ( sementara :mrgreen: ) trus jadi RX SPECIAL .
    RX K jadi RX KING , COBRA ( motor copet :mrgreen: )

    eh rx100 nya masih ada kan mas?

    kalau binter bapakku udah dijual ganti supri 125 ( luwih apik ngendikane bapak )

    keep brotherhood,

    salam,

    tunggu kisah selanjutnya

    Suka

  7. RX100………. inget waktu belajar naik motor kopling pertama kali…. RX 100nya lunjak-lunjak kayak kuda…. walhasil gubrak…. hik..hik… memori thn’90…..

    Suka

  8. saya butuh blok seher rx 100 berikut seher dan ringnya…ada yang tahu ga dimana yang ada jual barang tersebut?

    please kontak atau sms ke 022-70378500”’thkssss

    Suka

  9. gue juga penunggang RX100 tahun ’77 tapi sayang sen gue ga’ ori cz susah cari yang ori di kota gue probolinggo

    Suka

  10. G jg penunggang RX100 thn 81, lampu blkg g pake rx-king baru sen masi model ori tp bukan asli, kunci stang ud ga ad. Masi diperbaiki agar mantap lagi πŸ™‚

    Suka

  11. Mungkin aku anak muda yang entah keberapa yang suka sama RX 100. Meskipun cuma berkapasitas nggak bulat 100cc. Tapi sangat handal disegala medan.
    Jos gandos lah pokoknya…..

    Suka

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s