Spion Motor Standar di Indonesia


Spion motor adalah benda yang sehari hari kita lihat, baik itu pengendara motor maupun mobil. Di mobil spion adalah harga mati, karena merupakan alat pemantau kondisi di belakang mobil. Untuk motor walaupun merupakan hal yang sangat penting, namun kita masih bisa berjalan tanpa menggunakan spion (sangat tidak disarankan-hanya dalam kondisi terpaksa).

Untuk motor di Indonesia, spion mengalami perkembangan model. Selain untuk fungsi yang lebih efektif, juga untuk mendongkrak penampilan.

Berikut perkembangan model-model spion standar untuk motor-motor di Indonesia

HONDA

Model Motor
C 70, S 90, CB, CG
Super Cub, GL 100 awal
Astrea 800, Astrea Star, Astrea Prima, GL 100, GL Pro, GL Max
Astrea Grand, GL Pro Neo Tech, GL Max Neo Tech, Tiger, Kirana, Mega Pro (awal) Supra Fit (awal), Fit S, Fit X
Astrea Supra, Supra X,
Karisma
Supra X 125, Vario, Supra Fit (akhir), Revo, Abs. Revo, Blade, Vario CBS, Beat (awal)

Ada dua macam :1. Versi kecil : CS 1, Beat (new)2. Versi besar : Mega Pro (new), Tiger Revo

ralat untuk Astrea 800

Spion Astrea 800

YAMAHA

Model Motor

V 75, V 80, RX 100, L2, RS 100

Super Deluxe, Excellent, Alfa (awal), Champ, L2 Super, RX K, RX S, RX Special, RX King, YT115

Alfa IIR, Force 1, F1Z, F1ZR, Crypton, Vega, Jupiter, Jupiter Z, Vega R, Jupiter MX, Vixion, Nouvo, Mio

Vega R 110, Jupiter Z (burhan), Jupiter MX (akhir), Vega ZR, Mio, Mio Soul

RX King (akhir), Scorpio
Jupiter Z 115

SUZUKI

Model Motor
FR 50, GP 100, A 100 awal
FR 80, Family
RC 80, RC 100, Crystal, Sprinter, A 100 (akhir), TRS
Tornado, Shogun, Satria, Shogun 125 (FD125), Smash (awal), Thunder 125
Shogun 125 (FL125), Smash (new)
Desain KhususSatria FU150 (atas)Shogun FD125 SP (tengah)

Thunder 250 (bawah)

KAWASAKI

Model Motor
Kaze, Blitz, ZX 130, Kaze 125, Kaze Zone Edge
Athlete
Ninja 150

Untuk motor-motor spesial tidak semua dimasukkan, untuk kawasaki versi awal juga tidak saya ketahui

Dari list di atas, dapat dilihat bahwa sebenarnya terdapat dua model spion untuk bagian adjusternya. Bisa dilihat dari gambar dari TMC ini:

Dua sistem spion (dari TMC)

As Besi Bulat

Mungkin bisa disebut pivot. Pada model ini gagang spion mempunyai ujung berbentuk bola sebagai as putar badan spionnya. Keuntungan dari model ini adalah kita bisa merubah sudut badan spion ke mana saja, jika terjadi kecelakaan (jatuh) maka badan spion lebih aman. Namun kelemahannya, kita harus sering-sering mengepaskan posisi badan spion, karena mudah sekali berubah. Model ini dianut oleh hampir semua motor model lama, kemudian dipakai oleh Honda sampai dengan Astrea Grand juga FitS, namun ditinggalkan oleh sejak Astrea Supra. Yamaha & Suzuki tidak memakainya sejak Alfa & RC 80. Tapi Honda, Yamaha dan Suzuki terbaru justru menggunakan sistem itu. Kawasaki justru menggunakannya dari awal sampai sekarang

As Putar

Sistem ini menggunakan gagang spion sebagai as. Jadi badan spion hanya bisa berputar mengelilingi gagang spion. Dengan adanya semacam cincin besi di ujung badan spion, memungkinkan pergerakan naik turun, namun terbatas. Dengan sistem ini, posisi badan spion lumayan stabil. Kelemahannya adalah terbatasnya ruang gerak badan spion dan jika jatuh, kemungkinan patah lebih besar. Model ini dianut Yamaha sejak Alfa, Suzuki sejak RC 80 sedangkan Honda sejak Astrea Supra.

Dari gambar di atas juga terlihat trend model spion yang dimuali dari bulat, kotak, kemudian elips dan yang terbaru adalah segi banyak. Honda adalah yang paling sering berganti model, sedangkan Kawasaki adalah yang paling jarang berganti model

Iklan

28 pemikiran pada “Spion Motor Standar di Indonesia

  1. gagal podium . .. waaahhh nice work mas . .. ngumpulin gambar2 spion2
    spion ninja 250 masukin daptar dong mas

    wah motor fairing saya kurang paham membedakan batasan mana motor yang CBU atau bukan, jadi daripada rancu jadi tidak dimasukkan

    Suka

  2. spion2 yg cmn tahan beberapa hari…..
    trus kenapa gak bikin artikel komparasi beberapa spion modifan..( apa yah nyebutnya..kaya yg dipake gw..mpok nick…mas Taufik.. kosos)..tpi klo bsa akurat dan dicoain deh 1..1….hehehehe..usul doank seh…

    Suka

  3. @Lingga
    untuk KLX saya belum pernah mengamati, dan itu termasuk motor-motor khusus jadi belum saya masukkan.
    @ASH
    kalo mencoba satu-satu itu harusnya dari testimoni banyak orang lalu di buat summarynya.
    @JA feat Nick
    hehhe, itu pemberian mbah Gugle je
    @Steven
    berarti menyaingi juraganhelm ya 😳
    @Kang Adet
    paling bagus tentu spion Thunder 250 ya ❓

    Suka

  4. jokesnya
    spioon motor tua = spion doa

    karena kalo di lihat dari depan … spion motor tua tinggi ky orang lg berdoa 😀

    Suka

  5. “Untuk motor walaupun merupakan hal yang sangat penting, namun kita masih bisa berjalan tanpa menggunakan spion (sangat tidak disarankan-hanya dalam kondisi terpaksa).”

    jangan beda2in motor sm mobil, pada kendaraan apapun spion tu penting banget.

    Suka

  6. mohon pencerahan hunting spion thunder 250 yg kotak..second yang harga wajar sekitaran jabodetabek..
    mau hunting dimana yah ada yg tau..???

    Suka

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s