Di Kalangan Nelayan, Suzuki Masih Punya Nama


Brand Suzuki mempunyai nama besar Indonesia. Seperti halnya Honda, pabrikan berlogo “S” ini mempunyai produk sepeda motor dan juga mobil.

 Di pasaran mobil, Suzuki sempat menguasai sektor mobil penumpang kecil kelas murah dan pastinya angkot, dengan produk type Carry. Sedangkan sepeda motor, Suzuki mempunyai produk andalan Shogun dan Satria. Khusus di bidang balap sepeda motor lokal, produk Suzuki sudah mempunyai prestasi sejak type Crystal sampai dengan tahun 2008.

Di Indonesia pasaran brand Suzuki memang bukanlah penguasa pasar. Pasaran mobil penumpang dikuasai Toyota serta Honda. Suzuki berada di bawah dua brand tersebut dan bersaing dengan Daihatsu. Sedangkan di pasaran sepeda motor, Suzuki sempat mengungguli Yamaha ketika booming si raja bebek 4 tak, yaitu Shogun 110. Walapun belum bisa mendekati penguasa pasar yaitu Honda dengan perbandingan 50% berbanding 20 %.

Seiring waktu berjalan tagline suzuki “INOVASI TIADA HENTI” ternyata tidak berlaku di Indonesia. Di penjualan mobil, mereka cuma mempunyai sedikit varian plus produk-produk lama. Bandingkan dengan Toyota misalnya, meraka menggelontor pasar dengan produk-produk dalam berbagai kelas. Yang paling parah justru di penjualan sepeda motor. Tahun 2005 mereka menguasai market share sekitar 20 %, namun di tahun 2010 ini mereka hanya menguasai 7% saja.

Namun Suzuki masih punya nama besar di mata nelayan. Hal tersebut dapat disimak dari foto-foto berikut:

Yah, yang dimaksud disini adalah produk Suzuki Marine, alias mesin perahu tempel. Di lokasi Tempat Pelelangan Ikan (TPI) Kemiren & Lengkong di Teluk Penyu Cilacap, dari hampir seratusan perahu nelayan, mayoritas menggunakan produk Suzuki. Bahkan saking ngefans-nya mereka pada Suzuki, dapat ditemui hal seperti di bawah ini:

Pesaingnya? ada! Tapi hanya sedikit sekali:

Iklan

21 pemikiran pada “Di Kalangan Nelayan, Suzuki Masih Punya Nama

  1. Kayaknya merk Yamaha jg banyak bro, di tivi mesti yg nongol tuh merk Yamaha. Misalnya Mancing Mania, Petualangan Bahari, etc.

    Weh sampe perahu aja dikasih tulisan Shogun, wkwkwk.

    Suka

  2. meskipun mesin tempel, tapi tenaganya tergolong hebat bahkan ada yang sampai 200 dk lebih.
    Diperairan kalimantan ada speed boat yang pake 2 mesin yamaha dengan kapasitas masing 220 dk klo gak salah jadi klo kali dua jadi 440 dk

    Suka

  3. ada yang mau jual mesin ngakk yah…. buat kita,,, orang panggandaran beach,,,, baik suzuki atau yamaha,,, kita tampung kok,,,!!! kalo kawan2 pnya mesin mau di jual,,, hubunggi ke nomor ini yah :085697304444(fikar) di tunggu kabarnya…??? oke

    Suka

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s