Peraturan Helm SNI, Tanggapan Orang Di Daerah


Awal April,  media – media memuat tentang penerapan Helm yang sudah mendapat SNI, yang dibuktikan dengan logo SNI emboss/timbul. Hal itu tercantung dalam Undang-Undang No. 22 Tahun 2009 tentang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan. Media elektronik seperti TV, media cetak yaitu koran, serta media internet. Tidak ketinggalan para blogger pun menulis tentang hal itu dari berbagi sudut pandang. Para member KoBOI/indomotoblog pastilah di garis depan masalah ini

Berikut ini diantaranya:

http://triatmono.wordpress.com/2010/04/01/pemaksaan-helm-sni-bertentangan-dengan-ham/

http://triatmono.wordpress.com/2010/03/30/mana-yang-utama-sni-atawa-safety/

http://ducatimonster.wordpress.com/2010/04/02/ternyata-sni-lebih-penting-daripada-kwalitas-safety-mental-birokrasi/

http://ducatimonster.wordpress.com/2009/03/16/helm-standar-sni-vs-standar-snell-dot/

http://ninja250r.wordpress.com/2010/04/01/help-helm-sni-emboss-ku-gak-safety/

http://ninja250r.wordpress.com/2010/04/02/helm-berstandar-sni-atau-ber-embos-sni/

http://alonrider.wordpress.com/2010/04/01/helm-sni-kok-begini/

http://stephenlangitan.com/2010/04/warga-tidak-peduli-kampanye-helm-sni/

http://stephenlangitan.com/2010/04/aksi-joget-kampanye-helm-sni/

http://indobbc.wordpress.com/2010/03/30/pilih-helm-ber-snell-dot-atau-sni/

http://indobbc.wordpress.com/2010/03/30/pers-release-badan-standarisasi-nasional-tentang-helm-ber-sni/

http://arantan.wordpress.com/2010/04/04/kata-kata-dari-fahmi-idris-yang-bikin-sni/

http://edorusyanto.wordpress.com/2010/03/30/selamat-datang-era-helm-sni/

http://bennythegreat.wordpress.com/2010/04/01/april-mop-ayo-pakai-helm-sni/

http://awiguna.wordpress.com/2010/04/05/sudahkah-helm-anda-ber-sni/

tak ketinggalan tentunya Lekdjie

http://lekdjie.wordpress.com/2010/04/01/snidab/

Media berita portal  tentunya tidak kalah dengan para blogger

http://www.detiknews.com/read/2010/04/01/093933/1330008/10/polisi-masih-lakukan-sosialisasi-helm-sni

http://otomotif.kompas.com/read/xml/2010/04/04/09254376/Nih..Cara.Memilih.Helm.SNI

dan masih banyak lagi.

Namun, sepertinya gaung penerapan helm berlogo SNI itu hanya ramai di Jakarta. Di daerah, banyak yang tidak tahu. Yang tahu biasanya karena menonton TV ataupun orang yang banyak mengikuti perkembangan dunia otomotif di internet. Biasanya, jika akan ada penerapan suatu aturan lalu lintas, di jalanan akan dipasang spanduk, baliho ataupun promosi lain. Hal ini sama sekali belum nampak.

Karenanya, saya mencoba menanyai beberapa orang yang saya temui berkaitan dengan hal ini, berikut beberapa tanggapan mereka:

MA, Karyawan Perusahaan Telekomunikasi, selalu terhubung internet

“Belum ada sosialisasi sama sekali, maksudnya helm SNI tuh apa? Apa yang besar itu (fullface), atau yang kecil seperti kepunyaan saya (openface)”

Y, Sekuriti kantor

“Lho helmku kan sudah standar, mau apa lagi sih?(maksudnya helmnya bukan helm cetok= standar)”

E, Sopir dari perusahaan rental mobil besar

“Ah, itu kan cuma akal-akalan biar polisi ada alasan menilang”

S, Ibu rumah tangga

“iya tuh di tv katanya helm harus sudah SNI”

dan yang ini yang terakhir

M, Seorang anggota kepolisian di daerah

“SNI, apa sih? Kalo harus SNI itu berarti mau ada monopoli dari pembuat helm, yang penting sudah standar, masa helm 300 ratus ribuan belum standar”

Bahkan, anggota polripun tidak tahu, jadi bagaimana langkah pembuat peraturan sebenarnya, ataukah memang akan dilaksanakana bertahap. Jakarta sebagai contoh penerapan?

Iklan

12 pemikiran pada “Peraturan Helm SNI, Tanggapan Orang Di Daerah

  1. gw gak setuju sama peraturan harus nilang .. gw setuju SNI distandardkan.. tapi pendekatannya salah, bikin rakyat suuzon sama pemerintah

    Suka

  2. @Benny
    Yah seperti itulah, makanya harus diawali dengan kampanye simpatik disertai penjelasan yang mudah dicerna oleh masyarakat.
    @Lekdjie & Mario
    Jangan2 memang hal ini belum dikenal di daerah, pleh petugas pun.
    @Mitra
    wah pasti orang bermobil semua tuh
    @Awiguna & Lingga & Gugun
    Seharusnya kesadaran akan keamanan itulah yang terpenting dan perlu ditanamkan.
    @Alrozi
    Sticker sudah tidak berlaku, kemungkinan BSN membaca kaskus itu juga, makanya diterpakan yang model emboss

    Suka

  3. Kalo masih banyak yg ngeyel mungkin karena kepalanya batu kali ya, hehehe…(peace bro n sis yang jarang pake helm)…tapi jempol deh buat Honda dengan kampanye “jangan lupa pake helm’mu”…minimal pake helm dulu, persoalan SNI ato kaga, no comment dulu, hehehe….Sosialisasi jadi punya peranan penting lho, stuju toh??!!

    Suka

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s