Review MotoGP Losail 2010, Ada Kans Sapu Bersih Podium


MotoGP 2010 telah dimulai. Kita akan bisa menikmati kembali aksi-aksi para raja di atas tunggangannya masing-masing. Serie I telah berlangsung di Sirkuit Losail Qatar, Minggu malam WIB. Dengan juara dan runner up, seperti musim sebelumnya yaitu Rossi dan Lorenzo.

Ada perubahan yang mencolok di serie Losail ini. Yang paling jelas dan terus disorot kamera sepanjang race berlangsung adalah persaingan antara Adrea Dovizioso dengan Nicky Hayden. Musim sebelunya mereka bedua tidaklah sehebat itu, lebih tepat disebut pembalap kedua. Namun di musim baru ini mereka seperti ingin menunjukkan bahwa tidak salah kontrak mereka di perpanjang.

Yang jadi perhatian lain adalah aksi Ben Spies menutup balapan dengan finish di posisi lima. Dia memenuhi banyak harapan penggemar untuk bisa berbuat banyak di MotoGP seperti halnya apa yang dia lakukan di WSBK. Jangan lupakan juga Randy De Puniet yang notabene merupakan pembalap satelit Honda, namun bisa mengasapi Pedrosa yang merupakan pembalap nomor satu dari seluruh team HondaDari peningkatan prestasi pembalap di atas, di MotoGP 2010 ini, kemungkinan satu merk untuk sapu besih podium makin terbuka. Masih lekat diingatan kita ketika Yamaha menyapu podium 1,2 dan 3 di sirkuit Le Mans tahun 2008. Ketika itu Rossi, Lorenzo dan Edwards membanggakan pabrikan Yamaha.

Kans paling besar memang di tangan Yamaha. Rossi dan Lorenzo sudah terbukti dan tidak diragukan lagi. Ditambah jagoan baru mereka yaitu Ben Spies yang sudah mulai menujukkan bakatnya. Juga masih didukung pembalap peringkat lima musim lalu yaitu Colin Edwards. Walaupun sudah berumur dan tidak terlalu tajam namun konsisten. Jika sedang on fire dia bisa menyodok ke depan.

Kemungkina kedua adalah Honda. Motor settingan terbaru RC212V mereka terbukti top speednya bisa mengalahkan Ducati dan Yamaha. Pedrosa yang walaupun di serie Losail tidak terlalu memuaskan, namun dia adalah pembalap yang langganan podium serta di support penuh HRC. Sekarang Dovi memberi harapan baru untuk bisa bersaing di depan. Berhasilnya Puniet finish di posisi 6 memberikan asa kepada team satelit untuk pencapaian yang lebih.

Ducati? pabrikan ini musim-musim sebelumnya hanya bergantung pada Stoner. Namun serie Qatar menunjukkan peningkatan yang signifikan untuk Hayden. Untuk team satelit Ducati memang masih kurang menjanjikan. Jadi yang mungkin terjadi adalah melihat dua Ducati di podium.

Bagaiman dengan Suzuki, dari trend yang ada sepertinya pabrikan berlogo “S” ini masih sulit bersaing.

Namun baru serie pertama, jadi banyak kemungkinan yang bisa terjadi. Siapa tahu juara GP 250 2009 , Hiroshi Aoyama juga bisa bersaing. Atau si kribo, Simoncelli juga bisa menggila. Atau kembalinya Melandri ke Honda bisa membawanya kembali ke podium. Ataupun pengembangan Ducati bisa “menyentuh” team satelitnya. Kita tunggu saja serie-serie selanjutnya.

Iklan

14 pemikiran pada “Review MotoGP Losail 2010, Ada Kans Sapu Bersih Podium

  1. hmmm… kaget banget waktu Dovi berhasil overtake rossi dan hayden di straight… 😛 sayang tahun 2012 apa 2011 yak? pakai mesin 1000cc, gak bisa nikmatin terus noogh… tar gambling lagi, pakai 4 silinder…

    Suka

  2. @Lingga
    Dulu jaman ada RCV211V bernomor 46 memang membosankan, tidak ada satupun yang secara konsisten bisa mendekatinya. Kalo sekarang sepertinya akan banyak persaingan dan lebih menarik.
    @Kang Nadi
    Maaf saya tidak telat ngantor, tapi ijin hari senin tidak masuk…sick leave..karena badan pegel-pegel semua.. mau menanam Kepel dan Cempedak
    @Rozi
    Dovi (dan juga Hayden) memang mengejutkan. Tapi walaupun Dovi bisa melewat Rossi, namun kenapa tidak berdaya ketika di overtake Lorenzo..????

    Suka

  3. Sepertinya cuma Stoner,Rossi,Lorenzo,Dovisiozo,Hayden & Spies yg bener2 punya jiwa petarung…..kalo Pedrosa cuma punya jiwa dragster gak berani duel alias cemen…..gak tau kalo pembalap2 rookie lainnya (belum keliatan….)

    Suka

  4. Selain Suzuki, semua mempunyai peluang menyapu podium meskipun ada yang kecil. Lha wong Suzuki cuman dua motor kok :mrgreen:
    Bener mas bro, peluang terbesar sapu bersih podium ada pada Yamaha. Rossi balapannya professional & pengalaman. Lorenzo & Spies balapannya kayak orang gila.
    Btw Stoner penyakit tahun 2008 kambuh ya? Kagak ada angin kagak ada hujan ndlozor 😆
    Keren tuh balapannya Dovi & Heyden, lanjutkan!

    Suka

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s