Servis Motor Di Bengkel Umum


Setelah di tulisan sebelumnya membahas tentang servis kendaraan di bengkel resmi, dan ternyata banyak yang kurang puas, maka alternatif yang dituju adalah bengkel umum. Bengkel umum adalah bengkel yang bisa melayani segala merk.

Tempat servis seperti ini di tuju pasti dikarenakan mempunyai sesuatu yang lebih daripada bengkel resmi. Karena jika kita membeli motor sangat disarankan untuk selalu ke bengkel resmi. Apakah nilai lebih dari bengkel umum?

Komunikatif

Faktor komunikatif ini yang kurang didapat di bengkel resmi dan kita temukan di bengkel umum. Kita bisa bertemu dengan sang mekanik yang mengerjakan motor kita. Keluhan dan keinginan kita tentang setting sepeda motor dapat kita utarakan secara langsung, tidak perlu menulis keluhan yang kadang malah membuat kita bingung.

Tuntas

Karena bengkel umum pasti ingin memuaskan pelanggan, maka mereka akan melayani keinginan pelanggan sampai tuntas. Walaupun untuk hal itu mereka mengerjakan suatu servis dalam waktu yang lebih lama. Pokoknya sampai pelanggan merasa kendaraannya sudah enak sesuai keinginannya. Dan para mekanik tidak dikejar target seperti halnya mekanik bengkel resmi.

Bisa Memilih Mekanik

Jika sudah berlangganan di suatu bengkel, kita bisa memilih mekanik yang mana yang kita minta mengerjakan motor kita. Walaupun dengan demikian kita harus mengantri karena mekanik pilihan kita sedang mengerjakan kendaraan lain. Namun walaupun dikerjakan mekanik lain, faktor komunikatif di atas bisa mengatasinya.

Bebas Mencoba

Setelah motor kita di servis, kita diberi kesempatan mencoba, apakah sudah sesuai dengan keinginan atau belum.

Bisa Modifikasi

Bagi yang ingin sedikit modifikasi agar kendaraannya makin bertenaga, kita  bisa minta sang mekanik mengganti beberapa part misalnya. Sebagai contoh mengganti part karburator agar topspeed makin tinggi atau juga part-part lain yang hanya berfungsi sebagai aksesoris. Jika di bengkel resmi maka kendaraan kita di set agar standar. Enaknya lagi bengkel umum biasanya juga adalah toko sparepart dan aksesoris. Jadi selain servis kita bisa mengupgrade tampilan motor kita.

Updated:Ada Pilihan Sparepart

Bengkel Umum juga menyediakan beberapa macam grade untuk sparepart, atau umum disebut KW1, KW2 dst. Ini menolong orang yang sedang kurang dana dengan mambeli sparepart termurah-dengan konsekuensi mutunya tidak sebagus grade tertinggi

Memiliki Alat Tertentu Yang Tidak Dimiliki Bengkel Resmi

Bengkel umum yang lumayan besar kadang mempunyai peralatan yang tidak dimiliki bengkel resmi. Pengalaman saya, sewaktu habis tabrakan dan rangka motor mengalami bengkok, di bengkel resmi tidak tersedia alat press. Saya disarankan ke suatu bengkel umum yang memiliki alat tersebut.

Melayani Berbagai Merk

Kita bisa membawa sekalian motor kita jika lebih dari satu dan berbeda merk.

Menerima Motor Tua

Keberadaan bengkel resmi di Indonesia sepertinya belum terlalu lama. Jadi motor-motor keluaran lama agak sulit masuk bengkel resmi. Maka yang terlihat mendatangi bengkel resmi adalah motor-motor keluaran baru. Pernah juga mendengar kabar kalau ada seorang pemilik motor lama merk tertentu ditolak ketika bermaksud melakukan servis di sana.

Intinya, servis di bengkel umum kita akan mendapat pelayanan yang fleksibel. Kadangakala harga juga bisa fleksibel. Berbeda dengan di bengkel resmi yang terpancang pada sistem.

Namun dibalik kelebihan-kelebihan di atas, ternyata bengkel umum juga menyimpan beberapa kekurangan, diantaranya adalah:

Tidak Ada Catatan Resmi

Bagi motor yang masih lumayan baru, dan ada kemungkinan di jual, maka adanya catatan resmi servis dari bengkel umum bisa menjadi nilai tambah ketika disertakan dalam penjualan (Sumber : Motorplus).

Kurang Bisa Mengikuti Teknologi Baru

Motor-motor keluaran baru banyak yang telah mengadopsi teknologi non-konvensional. Sebut saja Injection System, DOHC, DTS-i, Digital Indicator, Catalyc Converter dll yang dalam penangangannya memerlukan training bagi mekaniknya serta alat khusus. Alat khusus tersebut biasanya berharga mahal. Sehingga hanya tersedia di bengkel resmi yang disuppot pabrikan.

Mekanik Nakal

Terkadang (dan pernah mendengar cerita teman) ada mekanik yang nakal dengan mengganti sparepart original di motor dengan yang imitasi. Bukan harus selalu curiga namun kita perlu waspada.

Ada masukkan lain? Silahkan di share disini


Tambahan:

Seperti halnya di bengkel resmi, penggunaan oli bekas untuk melumasi rantai masih umum digunakan. Sebaiknya kita berpesan kepada sang mekanik agar tidak melulasi rantai kita dengan  oli bekas.

Iklan

18 pemikiran pada “Servis Motor Di Bengkel Umum

  1. kalo ketemu mekanik yg jutek.. apalagi yg punya bengkel sok bergaya sok sibuk.. mending ke laut aje deh…. buru2 pindah bengkel lain yg bisa wifi-an… hihihihihi :mrgreen:

    Suka

  2. @ mas nadhi, ga perlu bawa2 wajan.. bawa ransum aja 😀
    cukup nyalain netbuk, isi passkey “jombor123” langsung connect..
    lumayan ngisi waktu sambil nunggu servis kelar..

    *numpangiklan.coy :mrgreen:

    Suka

  3. Ikut nambahin, bisa bawa oli & sparespart sendiri, lebih hemat 🙂 kalo di bengkel resmi biasanya ada tulisan “Tidak Boleh Membawa Sparepart Dari Luar” alasan mereka bisa menggugurkan garansi.

    Suka

  4. terkadang atau seringkali servis dibengkel umum lebih memuaskan daripada di bengkel resmi, dan seringkali pula harga ongkos kerja dibengkel resmi lebih mahal daripada di bengkel umum…..

    Suka

  5. kalo saya dulu pengalaman kerja pkl di bengkel umum, di bengkel umum ngerjainx lbih lama cz lbh teliti (biasanya)
    kalo servis ringan, bersihin karbu, bener2 mpe bersih g cm disemprot terus dilap aja, trus kaya rem gt jg dicek
    kalo servis besar jg lgsg dilayanin
    Trus biasanya kalo dah berpengalaman, bisa sett ngebut, mulai dari yg ringan kaya ganti cdi, knalpot n jetting. Mpe yg agak berat, kaya gnti cam racing, valve gede, majuin timing, desain ulang combution chamber dll.

    Suka

  6. kalo saya dulu pengalaman kerja pkl di bengkel umum, di bengkel umum ngerjainx lbih lama cz lbh teliti (biasanya)
    kalo servis ringan, bersihin karbu, bener2 mpe bersih g cm disemprot terus dilap aja, trus kaya rem gt jg dicek
    kalo servis besar jg lgsg dilayanin
    Trus biasanya kalo dah berpengalaman, bisa sett ngebut, mulai dari yg ringan kaya ganti cdi, knalpot n jetting. Mpe yg agak berat, kaya gnti cam racing, valve gede, majuin timing, desain ulang combution chamber dll.
    N yg pntg lbh muraaaah!

    Suka

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s