Engine Cutout Mio dan Xeon Menjawab Penasaran


Dulu pertama kali melihat skuter matic saya kira puli dan belt itu seperti rantai dan gear pada motor non matic. Ternyata justru justru di belt dan puli itulah letak ke-otomatis-an matic.

Setelah paham akan hal itu ternyata saya masih mempunyai hal yang belum saya ketahui.  Saya kira puli belakang matic lurus dengan as roda belakang, seperti halnya gear belakang pada motor non-matic yang menggerakkan roda belakang.

Tapi jika diperhatikan, antara as puli belakang dengan as roda belakang ternyata tidak lurus. Berarti pasti ada reduksi tambahan yang menghubungkan as puli dengan as roda.

Lama mencari gambar-gambar engine cutout matic ternyata tidak saya temukan. Di daftar katalog sparepart resmi motorpun tidak ditemukan detailnya.

Akhirnya di acara Funtastic Yamaha Raja Motor 4 Tak, segala teka-teki terungkap dengan jelas bagaimana susunan gear yang menghubungkan as puli belakang dengan roda belakang. Hal itu saya temui di unit engine cutout Yamaha Xeon dan Yamaha Mio.

Xeon Engine Cutout

Mio Engine Cutout

Bagi anda yang juga belum tahu detailnya silahkan cek dua gambar dibawah ini.

Xeon

Mio

Penjaga di stand Techno mengatakan bahwa jika dari as puli langsung memutar as roda, RPM nya masih terlalu tinggi.

Wah berarti reduksi antara as puli dengan as roda bisa dimainkan nih biar matic tambah kencang…..

Iklan

26 pemikiran pada “Engine Cutout Mio dan Xeon Menjawab Penasaran

  1. kl posisi as roda belakang sama secondary pulley sejajar, kerja cvt berat bro.. sangat2 “ngeden” 😀

    gue jg baru tau sistem kerja cvt, dulu pas bongkar2 CVT dirumah.. xixixi 😀
    saat itu jg baru tau kl pas posisi idle/langsam, cvt belt tetep muter, cuman pas rpm 700 an, per cvt sama kampas cvt baru “mencengkram” belt.. roda muter.. saat melaju dikec. rendah, driven pulley merenggang, secondary pulley memipih, saat kec. tinggi driven pulley memipih, giliran secondary pulley gantian merenggang.. unik memang kerja cvt.. 😀

    *jangan2 udah tau ya bro?? aku malah isin dewe nek ngono.. xixixi 😀

    Suka

  2. @kilaubiru
    harusnya sih bisa bro, kl cuman rodanya diputer.. 😀

    sbnernya matik itu kl gak pake cover cvt aja, (komponen cvt keliatan) buat jalan bs kog.. udah pernah nyoba soale.. 😀

    Suka

  3. @Listy
    Pas di acara itu, malah yang Vixion dihidupin mesinnya, agak sedikit heran, dan memang banyak menarik pengunjung, namun tidak terlalu menarik bagi saya, lebih menarik mengorek Xeon.
    @Thole
    Terima kasih infonya

    :mrgreen:

    Suka

  4. ^
    ntaak tambahi.. 😀
    prinsip kerjanya kayak sepeda BMX bro, yg depan belakang ada banyak gerigi tuh.. pas posisi diem/idle/kec. rendah, pulley depan pake gerigi paling kecil, pulley belakang pake gerigi paling gedhe, kyk gini kan kerjanya lumayan berat.. nah pas posisi kenceng, pulley depan pake gerigi paling gedhe, belakang pake paling kecil, kerjanya enteng.. 😀

    Suka

  5. met kenal bro, baru ini nih saia mampir disini..

    saia dah 3 kali ketemu matic dimodif roda tiga, 1 m*o dan 2 var*o, yang belakang rodanya dua, nagh, kalo saia pikir2 kok ruwet jg ya bikin jadi 2 roda dibelakang..
    kalo ada info detailnya boleh tuh bro…

    Suka

  6. ^
    pernah juga liat spin 2X, dr yg gue liat.. 2roda dibelakang, 1 nya cuman dilas aza ndak ikut di sambung sama mesin, nah satunya lagi, as/dudukan blkg dibikin agak panjang, di las mungkin baru pasang ke roda, ndak ada fotonya ya.. 😀

    ga bisa di ilustrasikan.. 😀

    Suka

  7. Kl d liat mendetail…posisi gear d gearbox koq lain ya antara mio n xeon?apakah ada perkembangan teknologi d gearbox xeon?maklum awam…

    Suka

  8. ^
    mungkin bro, blm pernah bongkar girbox.. 😀

    kl diliat pulley blkg aza, terutama mangkuk kopling, kyknya lbh gedhe mio 125 kl dibanding sporty/soul.. 😀

    Suka

  9. oo.. gw punya banyak matic tp malah belum tau.. kmrn jg penasaran pal liat vario. ko ng sejajar.. klo mio ama skywave kan tertutup. jd tdk keliatan..

    Suka

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s