Masuk Blogs of the Day Top Posts Bahasa Indonesia, Kok Bisa


Gara-gara komentar dari seorang teman di artikel blognya, bahwa blog-blog motor itu nangkring diatas. Jadi penasaran maksudnya nangkring di atas itu dimana?

Akhirnya ngubek-ngubek peringkat blog lewat google, nemunya yang ini Top 100 Indonesian Blogs. Tapi sepertinya bukan itu deh. Akhirnya setelah capek ketik-ketik terus (serchingnya lewat ponsel lho, bukan lewat laptop), ketemulah yang namanya BOTD. Tapi kok isinya blog luar negeri semua? Ooo ternyata ada filter Bahasa Indonesia di sidebar sebelah kanan.

Nah! kalo disini memang ketemunya banyak sekali member Indomotoblog. Pastinya big three ada di peringkat atas, Mas Taufik, Mas Tri dan Bro Sattar. Juga member lain seperti mas Nadhi dan  Pak Edo serta beberapa yang lain.

Bahkan untuk top post lebih banyak lagi selain artikel-artikel dari nama-nama di atas, ada juga artikel pak Ardy Purnawan Sani, Listiawan, Lingga, Adul, Joe Trisilo, Adicuzzy, Babad150f dll. Wah kok bisa masuk disana tuh caranya bagaimana ya?

Searching lagi di Google ternyata tidak ada artikelnya. Akhirnya saya pikir : “itu kan blog Bahasa Indonesia.” Sepertinya blog ini settingannya masih Bahasa Inggris. Coba dulu disetting ke Bahasa Indonesia, dan lupakan.

Tadi pagi dalam perjalanan dengan bus ekonomi yang sesak dan sumuk, saya buat postingan tentang Obrolan Dengan Tukang Tambal Ban menggunakan ponsel dan aplikasi Wordmobi. Sesampai di kantor di sela-sela pekerjaan saya membuka internet dan membuka wodpress di bagian blog stat. Di referer kok ada tampilan seperti ini:

Langsung saya klik link tersebut tenyata saya menemukan postingan terakhir saya ada di posisi 29, BOTD Top Posts untuk hari ini, Senin 3 Mei 2010.

Heran saja kok artikel baru dengan stat kecil bisa masuk top post ya, kira-kira bagaimana ngitungnya?

Bolehlah ini sebagai penyemangat, tapi bukan sebagai target.

Yang penting tetap menulis saja

apa adanya

kalo bisa tidak sama

dengan yang lain disana

bisaaaaaaaaaaa!!!!!

Iklan

29 pemikiran pada “Masuk Blogs of the Day Top Posts Bahasa Indonesia, Kok Bisa

  1. weww….keren tuh pakde…klo ane ngk pernah dilihat2…yg penting nulis aja…coz blog kan aslinya diramcang untuk menuangkan hobi menulis..jadi kalo niatnya nulis yah ngk usah dilihat peringkatnya..just let it flow…keep bloging deh pakde :mrgreen:

    Suka

  2. @Lingga kalo nggak dilihat-lihat entar keblasuk. Meh dilebokke ora iso. Bumpet. Jebul salah mlebu :mrgreen:
    *nganten anyar*

    Suka

  3. @mbokkenyeng
    Klonengen detected, wah calon pengantin mempersiapkan segalanya sampi libur ngeblog
    @Kang Nadhi iya nih baru tahu, kan masih Learning to Blogging
    @Nunoe & Lingga
    Silahkan ditingkatkan, tapi sebenarnya memang tidak terlalu penting sih, cuma senang kan kalo dikunjungi
    @Pak Bonsai
    Tadi sih 24, tapi katanya bisa saja hilang tiba-tiba karena tertumpuk yang lain, tidak masalah kan
    @Kang NAdhi
    Makan tahu masak dan minum teh gardoe sepertinya maknyuss

    Suka

  4. Congrats mas
    emang kelihatan semangat bloggingnya mas maskur ini semakin menyala2 tiap harinya . . . keep it up kang 🙂

    Suka

  5. menulis, menulis, dan menulis. kalau aku prosesnya, melihat, mendengar, dan menulis. ayo tetap smangatttt….salam

    Suka

  6. Berdasar pengalaman saya dengan simomot.com dan omkicau.com, hitungan masuk BOTD didasarkan pada popularitas sebuah artikel pada blog dengan rentang waktu tertentu (1-4 hari).

    Jadi BOTD bisa dikatakan cerminan popularitas sebuah artikel pada blog tertentu pada suatu rentang tertentu.

    Popularitas secara umum tidak menunukkkan trafik secara umum ke sebuah blog. Penjelasnnya begini:

    Seringkali omkicau.com berada di bawah simomot.com dalam urutan BOTD, tetapi hingga saat ini, trafik simomot.com dalam sehari belum pernah mencapai angka di atas dari omkicau.com. Mengapa demikian? Sebab banyak sekali artikel lama di omkicau.com yang mendapat trafik sangat tinggi dan untuk trafik tinggi itu meskipun melampaui jumlah trafik pada sebuah artikel yang sedang populer di simomot.com akan diabaikan oleh wp.com dalam perhitungan masuk-tidak masuk dalam BOTD.

    Demikian kira-kira.
    Salam sukses.

    Suka

      • Kemungkinan besar karena kesalahan Om memasukkan komen yang sudah masuk kotak spam. Komen yang dianggap spam oleh Akismet ya sudah biarkan saja tetap di kotak spam atau malah langsung klik “Kosongkan Kotak Spam”.

        Suka

Komentar ditutup.