Servis Motor Alternatif Di Mekanik Bengkel Resmi


Selain  bengkel resmi dan bengkel umum, ada tempat servis lain yang bisa didatangi. Tempat tersebut adalah bengkel milik mekanik dari suatu bengkel resmi.

Beberapa mekanik yang sudah berpengalaman, biasanya membuka bengkel juga di rumahnya. Kategorinya memang bengkel rumahan. Lokasinya kadangkala masuk di perkampungan, jauh dari jalan besar. Namun banyak orang yang lebih memilih ke sana walaupun harus malam hari.

Share pengalaman saya sewaktu masih mempunyai Atrea Grand. Karena merupakan motor second, pada awalnya saya membawanya ke bengkel umum untuk cek total. Kemudian saya mendapat informasi dari tetangga saya mengenai seorang kepala mekanik dari suatu bengkel AHASS yang lumayan besar, yang membuka bengkel di rumahnya. Letak rumahnya memang jauh dari jalan besar, melalui persawahan. Servisnya juga dilakukan malam hari, tepatnya setelah dia pulang bekerja dari bengkel AHASS tersebut.

Ketika saya tiba disana, ternyata yang antri sudah banyak. Coba di analisa kira-kira kenapa bengkel seperti ini jadi pilihan.

Skill tidak diragukan

Karena yang dituju adalah kepala mekanik bengkel resmi, pasti ilmunya tentang motor terutama merk Honda pasti sudah mumpuni. Sudah pegalaman untuk troubleshoting. Bahkan untuk motor lain merk lain dan motor-motor tuapun bisa ditangani. Bisa dimaklumi karena awalnya sang mekanik adalah mekanik bengkel umum yang menjadi mekanik bengkel resmi. Dia juga bisa memberikan semacam advice berdasarkan pengalamannya maupun advice untuk hal yang tidak tertangani karena keterbatasan, misalnya kalo ke bengkel besar kita disuruh minta ganti ini ganti itu.

Sangat komunikatif

Karena ini merupakan bengkel rumahan, maka kita bisa ngobrol sambil sang mekanik menangani motor kita. Kita bisa tahu step by step ketika motor kita di setting. Kita juga bisa minta yang disetting dibagian yang kita maui. Hasilnya pun bisa dicoba, kalo ada yang kurang bisa dikoreksi.

Harga bisa nego

Kalo sudah langganan biasanya harganya kekeluargaan alias lebih murah.

Mengenai kekurangannya adalah sebagai berikut:

Antri

Karena hanya dipegang oleh satu orang mekanik, maka harus sabar mengantri. Kita harus menyediakan waktu tersendiri untuk ini.

Waktu malam hari

Karena bengkelnya buka setelah sang mekanik pulang dari tempat kerja utamanya, maka biasanya kegiatan servis dilaksankan setelah Magrib.

Terbatas

Karena hanya bengkel rumahan, maka peralatan dan sparepart yang tersedia terbatas. Jadi tidak bisa menangani servis besar. Namun untuk hal-hal kecil dan standar hasilnya bisa diandalkan.

Jadi servis di bengkelseperti ini seperti bengkel umum dengan sentuhan bengkel resmi.

Iklan

27 pemikiran pada “Servis Motor Alternatif Di Mekanik Bengkel Resmi

  1. :mrgreen: :mrgreen: :mrgreen:

    whahahah, kayak saya dulu, pakdhe! bahkan ada 2 bengkel rumahan yang jadi langganan, pertama di Bantul yang kedua di Jl. Solo… memang benar, komunikatif banget… dan hari Ahad tetep buka… harga? low budget daah… Oli? bisa bawa sendiri, atau kalo gak enak ya beli dari sana… xixixixixi sepanjang mbengkel di sana, belum ada keluhan juga. cuma, sekarang sudah gak lagi secara mekaniknya dah pindah! xixixixi

    Suka

  2. @alrozzi
    Lha nanti kalo jadi beli CBR sudah nggak bisa lagi lho ke bengkel rumahan 😆
    btw tumben jam segini sudah muncul, biasanya menjelang isya

    Suka

  3. 😳

    hahaha, masih menunggu pakdhe1! eits, pakdhe2 jadinya kang Nadhi doong… :mrgreen: saking ngampetnya, malah avatar jadi R125 tuuh… haha, secara baru tahu kalau R125 downgrade atau apaalah dari Vixion… cuman beda nasib saja, R125 pake kaki-kaki, rem, swing arm ternama sedang saudara tuanya lebih sederhana, gak pake baju lagi… dari ilmunya pakdhe2 juga, n blognya bro Aim…

    yoa direwangi banting tulang sama menghabiskan jatah kegagalan n jatah hidup sendiri dulu… xixixixi, nanti malem mau bezuk orang sakit niih, sore-sore; silaturohim sambil menambah ilmu kan sae sangeet… ❓ sama ini pakdhe, kalo sudah langganan; ternyata bisa diprioritaskan lho… dulu waktu servis di Jl. Solo, begitu tahu saya dateng dari Bantul, ealah mekaniknya bilang; mas duluan saja, dari jauh soale… haha, untung saja saat itu motor pada ditinggal yang punya, jadi bisa servis duluan… 😳

    Suka

  4. hehehe… servis alternatif gini emang asik mas..
    dulu pernah pengalaman supra x 2001 saya mogok gara2 klep bengkok.. daripada repot dorong2 ke bengkel, mending ngundang mekanik ahass yg masih tetangga.. 😀

    Suka

  5. sayang sekali cita cita saya sebagai mekanik tidak tercapai mas..
    tapi alhamdulillah saya kini dah jadi hansip blogsphere xixi

    saya lagi ngeronda nih..malam malam yuk mari mas..
    emmm kira kira bengkelnya masih buka g yah jam segini xixi ^^

    Suka

  6. @Alrozi
    Memang azaz kekluargaannya dilaksanakan, seperti dipelajaran PMP/PPKn
    @Tonosaur & Listy
    Kalo jaman sekarang sudah punya ponsel semua, mudah, tinggal kasih tips tambahan.
    @Ian
    Wah tempat saya aman kan?
    @Mas Hadi & Martini
    Ya memang hanya untuk motor yang umum, yang belum umum tidak bisa

    Suka

  7. wah ane kerap menggunakan jasa bengkel kayak gitu tuh pakde..kalo servis di bengkel resmi ngk enak…lagipula motor jadi ngk enak..coz bengkel resmi tuh cuma ngejar blogstats ato alexa…ehh..kok malah ngeblog to omongane??..maksud ane ngejar setoran..xixixii :mrgreen:

    Suka

  8. aku lebih suka rumahan, coz lebih bersahabat
    kl service di bengkel resmi komunikasinya jg nggak bisa panjang, misal kita cerita spt ini …. seringnya sih iya2 tp hasil service masih aja blm spt yg kita maksud mungkin karna waktu dia jg terbatas jatah waktu per motornya
    stl dapat info ada satu mekanik (dr dealer lainnya) buka dirumah, trus aku coba … hasilnya mantabs!!

    Suka

  9. ceritanya mirip :mrgreen:
    kalau aku juga ada bengkel rumahan langganan, kalau senin-jum’at kerja di beres (pernah jadi kepala mekanik di berbagai cabang suzuki, sebelum bos-nya dealer bangkrut!) biasanya ngelayaninya pada hari sabtu dan minggu, siang bukan malam. enak lah servis di situ, udah ramah, kagak antre, kualitas terjamin, bisa dicoba langsung, dan yang jelas murah! lha bersihin head cuma 30rb+filter oli selain itu dapet minum + jajan gratis :mrgreen:

    Suka

  10. assalamuialaikum pak perkenalkan saya pras saya mau belajar cara perbaikan motor,yang bsaya tanyakan apa ada buku petunjuk tentang cara mengenal lebig jauh dan lengkap ?dan judulnya apa?besar harapan saya mohon di kasih info masalah judul buku?

    Suka

    • *@Tin tin* Barangkali, pertama kali adalah Curhat tentang motornya gimana, ada yang gak enak apa tidak..diungkapin semuanya. Tanya-tanya juga apa yang perlu diganti. Alasannya kenapa. Tanya merk oli yang digunakan. Jadi sudah kenal motor sendiri dan isinya (olil, ondedil dll)

      Suka

  11. thanks mas atas tipsx.q da pnah nyoba dketin mekanikx am nanya2 n complain tp ia mlh senyum2 aj n apesx q tmbh digodain.jadix q agk trauma jk deket2 am mkanik he2..trs gmn ya agar kt yg cwe2 gak gmpnag dcurangi am mekanik bengkel resmi or umum..trs klo servis boleh gak kta minta dlayani hanya satu mkanik aj yg kta anggap co2k?

    Suka

  12. CARA MUDAH MEMULAI BISNIS BENGKEL UNTUK PEMULA
    ANDA HANYA SIAPKAN TEMPAT , DANA , & SDM PENGELOLA

    ★ PELUANG BISNIS BENGKEL & TOKO SPAREPART MODERN★
    ★★ BIKERMART SOLUSINYA ★★
    INGIN BISNIS BENGKEL MODERN , PUNYA DANA , TEMPAT , BINGUNG BAGAIMANA MEMULAINYA ?

    ANDA SIAPKAN TEMPAT , DANA , & SDM PENGELOLA
    PAKET USAHA MULAI DARI 100Jt
    Video klik : http://on.fb.me/1nlg0YQ

    KAMI AKAN SIAPKAN KONSEP & SEGALA KEPERLUAN UNTUK MEMULAI USAHA & AKAN KAMI BIMBING SAMPAI BISA , BARANG BERGARANSI RETURN APABILA TIDAK LAKU ( Syarat & Ketentuan berlaku )

    NO ROYALTY !! 100% LABA & ASET MILIK ANDA

    Bikermart® adalah paket bisnis retail ( waralaba ) sparepart/suku-cadang, accessory/variasi sepeda motor & kelengkapan pengendaranya, dengan konsep toko swalayan/minimarket modern yang digabungkan dengan layanan service/bengkel umum untuk semua jenis sepeda motor di Indonesia.
    Sehingga investor / pengelola toko dapat lebih mudah dalam menjalankan usahanya sesuai system yg telah diciptakan oleh team Bikermart

    Dengan bekerjasama dgn PT.Bikermart Indonesia untuk memulai usaha dibidang Toko & Bengkel motor dapat lebih efisien,cepat berkembang & mengurangi resiko kegagalan usaha .

    Bikermart® dapat diaplikasikan oleh Anda yang BARU AKAN MEMBUKA bisnis retail sparepart & accessory/variasi sepeda motor maupun Anda yang ingin MENGEMBANGKAN TOKO/BENGKEL konvensional menjadi modern yang saat ini telah beroperasi.

    ➽➽ MENGAPA HARUS BIKERMART ?

    1. ✪ PALING BERPENGALAMAN
      √ Sudah +16 Tahun bergerak Dibidang Retail + Grosir Bengkel & Toko Sparepart
      ( Berawal dari toko Retail & Bengkel – th 1998 ) – TARUNA NUSANTARA MOTOR
      √ Sudah + 8 Tahun bergerak di Bidang Distribusi Sparepart Motor
      ( Berawal dari Kanvaser th 2003 – sekarang Area Jateng-Jabar-DIY dgn jumlah
      pelanggan +1200 outlet Aktif – TNM & INDOTREND Group
      √ Sudah + 6 Tahun (th 2008) bergerak dibidang Kemitraan Bengkel
      Sampai saat ini sudah +47 Outlet Mitra yg pernah ditangani
    2. ✪ PALING LENGKAP FASILITASNYA
      √ MiniMarket Perlengkapan Motor
      √ Bengkel Motor
      √ CuciMotor

    3. ✪ STOK BARANG PALING LENGKAP
      √ Sparepart Aftermarket
      √ Sparepart Gennuine
      √ Sparepart Racing

    Profile BIKERMART ®

    Website : http://www.bikermart-indonesia.com/
    Fanpage :http://www.facebook.com/Bikermart.Indonesia
    Youtube :http://www.youtube.com/user/MrBIKERMART
    Twitter : https://twitter.com/bikermart

    Office :
    BIKERMART Purwokerto
    Jl, Kolonel Sugiono Purwokerto no 18
    Telp : 0281-621505

    Marketing :
    Mr. Hendry : 081327099399 / 081903509008

    Simpan Informasi ini , mungkin suatu saat ada teman,saudara,relasi anda yg ingin berbisnis di bidang ini.

    ~ BISNIS BENGKEL BIKERMART AHLINYA ~

    ▄▀▄▀▄▀▄▀▄▀▄▀▄▀▄▀▄▀▄▀▄▀▄▀▄▀▄▀▄▀▄▀
    BIKERMART PELOPOR BENGKEL MODERN & MASA DEPAN
    BENGKEL UMUM YG PROFESIONAL
    ▄▀▄▀▄▀▄▀▄▀▄▀▄▀▄▀▄▀▄▀▄▀▄▀▄▀▄▀▄▀▄▀

    Suka

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s