Spakbor Belakang Dipotong


Kita sering menjumpai orang yang mempunyai selera modifikasi tingkat tinggi. Berharap motornya dibilang mirip dengan motornya Pedrosa, Stoner, Rossi atau pembalap lain? Sehingga spakbor belakangnya dipotong.

Kira-kira kenapa ya mereka sampai rela memotong spakbor tersebut? Jujur saja sebagai orang yang standar dan berpikiran fungsional saya heran dengan selera  mereka yang rata-rata anak muda. Kalo mengganti spakbor standar dengan model lain memang pernah saya lakukan, yaitu mengganti spakbor belakang Vega dengan sapkbor belakang Jupiter Z, yang menjadikannya lebih keren juga lebih fungsional karena posisinya lebih turun.Dari sononya, deain spakbor pasti sudah mempertimbangkan faktor fungsi tanpa meninggalkan estetika. Fungsi utama jelaslah menghalangi cipratan air ketika hujan. Dengan desain khusus pasti sudah dirancang sesuai dengan desain motor secara keseluruhan.

Jika dilihat, motor yang dipotong spakbor belakangnya akan kelihatan buntung. Jika itu motor kontes modifikasi mungkin tidak apa-apa. Lha kalo motor harian?

Yang jelas, apa mereka tidak memikirkan pengendara dibelakangnya ketika hujan tiba. Bahkan jika berboncengan, maka kotoran roda belakang akan nyasar ke punggung boncenger. Selain itu apa tidak sayang, sparepart seperti itu pasti ada harganya

“Lho kan bisa ditutupi plastik atau daun kalo pas hujan, halah barang plastik seperti itu kan murah, imitasinya juga ada.”

Barang pasangan mendadak seperti itu tidak akan kuat, apalagi untuk jarak jauh. Lagian :“Senengane kok repot.”

Harganya murahpun, ini kan namanya mubazir, walaupun mampu membelinya, yang namanya mubazir itu berlebih-lebihan. Dari sisi agama tidak dibenarkan.

Solusi yang bagus jika memang ngebet sekali menghilangkan spakbor belakang itu adalah dengan mencopotnya saja. Kemudian memasang rear hugger seperti Bajaj Pulsar 135 LS. Fungsional dan keren.

44 pemikiran pada “Spakbor Belakang Dipotong

  1. dari pengamatan keseharian, pakdhe; spakbor ada yang dipotong, diilangin, atau diganti dengan yang lebih anek… dari warungnya lekdjie, malah sepatbor berasal dari spatbor jupie mx dipotong dan dibentuk lagi, dan dipasang pada vixion ❓

    sepakat pendapat badboy, kayaknya memang modifikasi yang paling gampang, murah, tampil beda gitu… xixixixi

    Suka

  2. sah2 aza spakbor dipotong/dilepas, itu kl musim kemarau.. 😀

    lha wong harga rear fender aza murah bgt kog, ya sudah… ndaaak ada lagh yg namanya “eman”.. 😀

    Suka

  3. hehe… emang aneh. inget bro, kita belum sekelas Eropa, kalo mereka modif masih pake itung2an safety factor. Lagian fasilitas jalannya juga bagus. Nha kita, jalan aja berlobang2, belom kalo ujan, BECEEEEkkk..?.
    kalo buntut motor lo buntung ya bikin rugi lo ndri dnk. Udah kalo becek baju lo kotor, belum lagi pengendara belakang lo kalo kecipratan. kalo ampe nyiprat di mata kan bahaya?. Nubruk2 dah tu…!
    salam, http://aditric.wordpress.com

    Suka

  4. maaf baru bisa mereplay request sahabat untuk exchange link.
    link sahabat sudah saya pasang dengan rapi di blog freesmsc silahkan dilihat
    pasang juga link saya di blog sahabat dengan nama :

    tips n trick blog facebook

    thanks

    Suka

  5. kembali ke orangya bro..
    mtr vixion gw ja dipotong tapi ga terlalu tinggi ,
    jadi pas hujan ga terlalu nyiprat..
    so modif boleh asal jangan bayain orang lain..
    pisssssss

    Suka

  6. @seto, kalau mau nilang jangan cuma spakbor yang di potong bro..
    yang lebih bahaya itu lampu belakang yang bikin silau..
    pissssssssssss lagi..

    Suka

  7. Ngeri ngebayangin kalo pengendara di belakang yg kecipratan aer/lumpur dari ban belakang motor sampe marah nyumpah2 or ngedoain yg ga bener ke pengendara di depannya. Bisa bikin hidup jadi ga berkah. Atau kalo amit2 pengendara yg dibelakang kecelakaan gara2 matanya kelilipan cipratan. Yang mau nanggung dosa siapa ya?

    Suka

  8. Saya juga benci dengan tipe2 motor harian yang dipotong spakbornya. Kalau kebetulan lagi hujan, banjir, dan saya ada di belakang motor tsb, yang kena sial adalah saya yg dibelakangnya, karena lumpur dan kotoran akan terlempar mengenai badan saya.

    Satu lagi, knalpot yang diarahkan ke atas juga mengganggu pengendara di belakangnya. Semburan2 gas hasil pembakaran akan meletup2 mengenai muka. Kenapa ya tidak diarahkan ke bawah aja?

    Suka

  9. itu mau niru moge tipe sport, yg spakbornya pendek dan bisa dilepas.
    padahal jalannya dijalan umum bukan disirkuit

    Suka

  10. Menurut ane sah-sah aja kalo ada biker yang motong sparkbornya asal manis silihat, kalo dipotong asal-asalan lurus mendatar gitu yah ga enak liatnya.

    Malah ada sparkboard nya dilepas sama sekali :nohope:

    Suka

  11. Bro..lampu belakang yang bikin silau udah pernah dibahas lum ?
    kadang malah aparat ada juga yang begitu..
    thank’s bro..
    piss

    Suka

  12. kalo musim hujan baru terasa manfaatnya, baju putih bagian belakang langsung belang kena ciparatan pasir berlumpur dan susah dihilangkan nodanya. Cara untuk menghilangkan nodanya yaitu dengan membuang baju tadi.hehehhee

    Suka

  13. Saya lg cari rear hugger seperti bajaj puksar 135LS.. tapi yg kuhusus buat MX.. saya sudah cari sampai daerah sawahbesar ato kebon jeruk ms ga dpt jg… ada yg bs bantu…?? thxx…

    Suka

  14. spkbor belakang standar kan nyiprat juga…

    gambar.., rear hugger seperti Bajaj Pulsar 135 LS,,..nggak banget deh…
    gak mampu beli motor aslinya mendingan apa adanya deh…

    Suka

  15. Hmmm..ini postingan tahun 2010 ya…tapi ane baru baca tahun 2013 jadi ane bikin komen setelah 3 tahun, hehe..soalnya ini mirip pengalaman ane tahun 2006 dulu waktu itu banyak motor yang di copotin spakboardnya, ane ikut2an juga maklum masih remaja alay gitu loh, dulu pikirnya sih jelek untuk nyipratin air orang di belakangnya..he hehe ..maaf itu dulu lho, sekarang dah gak kok karna dah tua, dah nyadar…itulah pengalaman pake motor tahun 2006 an..

    Suka

  16. hahaha,,, bener tuh bang, memang ada sebagian motor standart yg aslinya juga udah bikin cipratan tinggi,,efeknya : kalo ngebut,, kasian biker2 yg di belakang.. nah kalo santai.. boncengers yang kena. tau ga itu motornya apa?? Suzuki Thunder 125 bang. punya adik saya. alhasil bagian belakang kami rakit ulang, sein, lampu rem dan spakbor belakang di copot.. kami ganti sama sapkbor belakang punya honda CS one. sedangkan lambu belakang, adopsi punya yamaha RX king ori, dan sein nya pake punya yamaha vixion Ori.. jadinya touring jadi lebih nyaman, dan tetep safety….

    Suka

  17. mau potong spakbor ato enggak harus sesuai sm aliran modif yg dipakai.
    minor fighter misalnya, rata” tanpa spakbor belakang ditambah dengan ban gambot alias ban besar.

    Suka

  18. Dikota gue… Motr2x berekor tajam kayk: Revo 07, V-ixion lama&baru, Jupiter-MX lama&baru, Tvs yg gede, new Blade 12 dan sedikt Satria Fu-150, kalau yg pake anak muda, kadang pak guru2x juga mereka ada yg potng, lepas atau dicri yg modif punya. Termaksud V-ixion 2011 ku tak ganti spatboard buatn malaysia tuch, tampak keren and berani… Soal hujn orang2x dipapua macm biar2x sja… Wong itu punya kamu buat apa aku urus(ideologi).

    Suka

  19. potong rear spatbor booming tahun 2000an dulu bersamaan setang motor bebek yg ditekuk kek setang jepit.
    yg fungsional tudung ban motor bajaj itu,air ga nyiprat dari roda 🙂

    Suka

  20. gan ,mau nanya nih ,saya kan punya kawak ninja r orian ,tapi kok klo di pake pas becek dengan kecepatan kurang lebih 40 ,cipratan airnya sampe ke punggung boncenger !
    tolong tips nya ya gan ??
    balasannya bisa di kirim ke email saya : fajaraska250609@gmail.com
    terimakasih ya gan

    Suka

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s