Smash Titan, Apakah Bukti Suzuki Kembali Ke Jalurnya?


Suzuki Smash Titan adalah andalan terbaru di kelas bebek. Produk ini diterjunkan di kelas yang berdarah-darah dikuasai oleh big two Honda dan Yamaha. Dengan kapasitas mesin 115 cc, motor ini jelas dengan tepat head to head dengan produk Yamaha yaitu Vega ZR dan New Jupiter Z.

Apakah dengan diluncurkannya Smash Titan ini berarti Suzuki telah kembali ke jalurnya? Kita perlu menengok ke belakang di jaman 2 tak masih berjaya. Honda mempunyai jalur sendiri dengan mesin 4 taknya. Kawasaki juga mempunyai jalan sendiri yang terkesan tidak berkembang. Dimanakah Suzuki waktu itu? Suzuki terlibat persaingan yang ketat dengan Yamaha.

Dulu produk-produk yang diluncurkan Suzuki dan Yamaha mayoritas adalah rival. Dari Suzuki seri FR yang adalah musuh Yamaha seri V. Suzuki GT vs Yamaha RS, Suzuki GP vs Yamaha RX, Suzuki A100 vs Yamaha L2 juga Suzuki TRS vs Yamaha RX Special. Selanjutnya Suzuki RC100 vs Yamaha Alfa, bahkan ada produk khusus yang sekarang dikenal dengan model ayam jago yang juga head to head, yaitu Suzuki Sprinter vs Yamaha Champ. Atau juga untuk yang suka Enduro Suzuki punya TS, Yamaha punya DT. Mungkin isitlah betawinya : Loe jual, gua beli.

Apalagi di kancah balap, Suzuki Crystal mendapat lawan Yamaha Force 1. Yang kemudian Suzuki menjagokan Tornado yang bisa di gebuk oleh F1ZR, namun dibalas dengan RG Sport.

Di awal era 4 tak, Suzuki sebenarnya membuat langkah gemilang dengan Shogun FD 110 yang menjadi raja bebek 4 tak. Bebek 4 langkah terkencang kala itu, yang justru head to head dengan Kaze yang justru tidak bersinar di balap. Shogun 110 dan Kaze 110 mempunyai teknologi pelumasan yang hampir sama, yaitu ada pipa yang mengarahkan oli ke piston. Yamaha mencoba jalur sendiri dengan bebek 105 cc berteknologi sederhana yang mengandalkan irit dan stabil, yang ternyata gagal, dipukul habis-habisan oleh Suzuki.

Yamaha kembali bisa mengadakan perlawanan ketika dia juga menggunakan motor dengan kapasitas yang sama yaitu 110 cc. Ketika itu justru Suzuki terpancing untuk melawan Honda dengan bermain di bebek 4 tak 125 cc, menjadikan kelas 110 cc sebagai bebek kelas ekonomi. Ternyata strategi yang salah ini mengakibatkan kemunduran Suzuki sampai sekarang. Sedangkan Yamaha yang tetep berjalan di jalannya sendiri tanpa terpengaruh Honda, malah bisa berjaya bisa menyaingi pemimpin pasar selama 30 tahun itu.

Sepertinya jika menengok sejarah, musuh yang harus dilawan Suzuki bukanlah Honda namun Yamaha. Maka, dengan bermain di kelas yang sama dengan Yamaha, apakah Suzuki bisa kembali ke jalurnya seperti dahulu? Dengan Smash Titan, Suzuki bisa melawan Vega ZR di kelas pasaran bebek entry level, sekaligus bisa melawan Jupiter Z di ajang balap.

Apakah juga akan disusul produk-produk lain dari Suzuki yang se-level dengan Yamaha?

Iklan

25 pemikiran pada “Smash Titan, Apakah Bukti Suzuki Kembali Ke Jalurnya?

  1. karakter mesinnya ada perubahan dengan mengambil tipe stroke>bore,galak diputaran bawah ke tengah tapi loyo diatas.
    Sok belakangnya dan pijakan buat bonceng masih tipe lama.

    Suka

  2. Tenang mam, ngko mengajukan diri sebagai pengguna suzuki yang setia. (maksudna pengguna shogun setia)

    iya apa ora ?

    Suka

  3. biar ga juara yg penting nyaman pake suzuki, asal bener aja setting motornya digeber sampe gas pol pun langsung ngacir, ducati aja dilewat
    kan lagi parkir dipinggir jalan. Hikhikhik…..

    Suka

  4. klo soal head to head d bidang apaan dlu nih mas? klo d roadrace boleh deh d adu..sy yakin Suzuki pasti menang tp itu tergantung banyak faktor jg spt sembalab dan setingan mekanik.

    klo d bidang pemasarannya..bukannya pesimis mas..sampe skrg Suzuki paling jeblog drpd Honda dan Yamaha.

    masih ingat thn 2003-2005? wktu jaman itu motcin merajalela d mna2. Honda bikin mtr murah Legenda..trus Yamaha spek down Vega jd Vega R. banyak yg ngakuin pd wktu itu Suzuki pemasarannya sukses d mna2..pasalnya..utk hitungan mtr murah Suzuki paling top. gimana enggak coba? Honda Legenda modelnya ngambil dr Grand udh gtu mesinnya spek down trus jg Vega R (waktu itu) selain mesin yg spek down rem dpn jg tromol.

    Suzuki jeli dgn melihat pasar bikin mtr murmer tp tangguh dgn mesin 110cc tp jauh lbh irit dr kompetitornya. jadilah Smash d gandrungi setiap kalangan masyarakat sejak pertama keluar 2003 sampai awal 2006.

    Tapi kompetitornya Yamaha dan Honda jg ga diam aja. Yamaha Vega R naik kelas jd 110cc body jg d perbaharui dan Honda mengeluarkan Revo model terbaru dgn ciri khas mesin yg itu2 aja. sedangkan Suzuki paling terakhir mengeluarkan New Smash.

    klo Titan ini mesinnya d bikin 115cc..apa ga ngikutin Yamaha yg udh duluan 115cc..trus jg sisi yg mna yg d unggulkan? klo utk head-to-head d pasaran sy yakin bakalan sulit. mudah2an dgn adanya promosi kya d PRJ skrg ini modal 50rb bs bwa pulang Smash Titan akan sedikit mendongkrak pemasaran Titan utk sementara waktu ini.

    maap nih mas jd sy yg nulis blog ya kyanya..eheheh 😀

    Suka

  5. bunyak yg blum tau klu da motor baru dari suzuki, taunya yg sudah di kenal ya smash tpi klu titan nya pd ga tau, itu menandakan klu promosi suzuki tentang prodak yg atu ini kurang mengena di masyarakat kita, promosinya masih nanggung ga seberani yamaha n honda, pd hal klu udah pd lihat motor ny langsung bnyak yg suka dan tertarik, klu masalah kwalitas suzuki udah ga di ragukan lagi, pa lagi masalah sparpaks suzuki ya agak mahalan di bandingkan yamaha n honda smua udah pd tau tinggal gmn nih marketing suzuki, pa suzuki berharap titan bisa laris tanpa promosi kaya satria fu kayaknya beratdeh, tinggal marketing nya ja nih, ayo suzuki bngkitlah hehehe

    Suka

  6. betul….. siapin dana tambah dikit buat bawa pulang si FU 150…. wes lah kompetitor 150-200cc mah lewattttt… libas abis dengan mesin DOHC 150CC 4 valve

    Suka

  7. aku mau beli smash titan tapi tukang survey mlh datang tapi ga smpe rumahku jadinya aku ga jdi ambil lah,,,sulit amat c ambil smash,padahal aku dah minat bgt

    Suka

  8. padahal produk suzuki tuh bagus, yah kecuali Smash awal aj yg laris namun membawa malapetaka.

    namun dari segi design suzuki yg sekarang sudah masuk ke jalur yang benar. cuma kurang se wah Shogun 110FD 2002 yg terbaik pada zamannya.

    Suzuki Coba versi velg Putih lagi donk macam Shogun 110FD

    Suka

  9. jika tak ada revolusi geometri rangka jgn harap Titan bs enak menaklukkan tikungan dg cepat…
    tlg pelajari geometri rangka jupiter z lama yg enak menaklukkan tikungan…

    ingat…!
    saya pengguna Suzuki di ajang balap pasar senggol mulai 2002…
    setidaknya saya agak paham ttg kelemahan rangka Suzuki…

    Suka

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s