Review MotoGP Le Mans 2010, Apakah Pemisahan Total Itu Menguntungkan Lorenzo


Semakin di depan, itu tulisan di lengan kanan kiri waerpack dan sisi kanan kiri sadel motor team Fiat Yamaha. Tapi juga berlaku untuk Jorge Lorenzo. Mungkin karena dia jadi model iklan Jupiter Z yang lebih unggul dalam penjualan daripada Jupiter MX yang iklannya dibintangi oleh Rossi heheheh. :mrgreen:

Di seri Le Mans Prancis, Lorenzo membuktikan bahwa skillnya memang mumpuni untuk meladeni seorang maestro Rossi. Juga motornya terlihat lebih bertenaga dari pada YZF M1 tunggangan Rossi. Apakah pemisahan total Paddock dan manajemen itu justru menguntungkan Lorenzo.

Sebagaimana kita ketahui, mulai musim 2010 ini Team Fiat Yamaha memisahkan total manajeman 2 pembalapnya. Bahkan data dari motor pun tidak bisa dishare untuk pengembangan bersama. Spertinya Rossi sudah mulai terancam dengan perkembangan Lorenzo sehingga tidak ingin kerja kerasnya menyetting motor dibagi ke saingan satu timnya itu.

Musim sebelumnya walaupun manajemen juga beda, namun data-data masih bisa berbagi. Tiga seri awal Musim 2010 ini telihat motor YZF M1 nomor 99 terlihat paling superior. Dia bisa tiba-tiba sudah di depan ketika race sudah akan berakhir, selain skill pembalap tentunya karena motornya enak digeber.

Jangan-jangan karena pemisahan data ini Jorge Lorenzo justru menemukan kenyamanan untuk motornya. Tanpa diganggu data motor lain. Atau team J-Lo telah menemukan sesuatu yang lebih baik dan pas untuk M1 dan team Rossi belum menemukannya? Atau Yamaha memang sengaja menyetting agar Lorenzo lebih berkembang dan disiapkan sebagai pengganti Rossi. Sehingga pemisahan total itu sebenarnya adalah strategy Yamaha, bukan karena permintaan Rossi? Bagaimanapun Rossi sudah mulai berumur, dan Lorenzo masih muda dan mempunyai harapan cerah ke depannya. Atau juga Yamah ingin membuktikan bisa juara tanpa Rossi?

Terlepas dari cedera yang alami Rossi, yang katanya masih menganggu, namun apa yang Lorenzo lakukan dari 3 seri awal ini memang sangat menjajikan

So..kita tunggu seri seri selanjutnya

Mengenai bapalan di Le Mans sendiri, pertarungan terjadi di tengah balapan ketika J-Lo overtake Rossi yang dibalas instan, namun yang paling ketat justru atara Pedrosa dan Dovizioso diakhir race , yang membuktikan bahwa Pedrosa memang tidak tahan Pressure. Setelah disalip Dovi, DP melebar 2 kalo sehingga kehilangan posisi 4 karena dilibas Hayden. Sepertinya memang sudah saatnya HRC melepas status anak emasnya dari diri Pedrosa.

Untuk Stoner, sepertinya Desmosedici 2010 memang user firendly, namun tidak Stoner -friendly, sehingga dia bisa diimbangi Hayden dan seterusya jatuh. Mengingatkan ketika Stoner naik Honda juga kerap jatuh. Jadi sepertinya karakter motor Ducati sudah seperti Honda jaman dulu, makanya Hayden bisa menguasainya.

Pembalap yang banyak diharapkan akan berbuat banyak, yaitu Ben Spies ternyata harus gagal finish lagi. Dia masih perlu adaptasi karena SBK dan Moto GP memang beda. Apalagi dia sehari sebelumnya mengalami kecelakaan. Melandri sudah mulai naik, sementar Simoncelli belum bisa mengimbangi seniornya itu. Edwards kayaknya sudah dimakan umur. Sementara rookie-rookie lain juga masih di belakang.

Berikut hasil lengkapnya:

Pos. Points Num. Rider Nation Team Bike Km/h Time/Gap
1 25 99 Jorge LORENZO SPA Fiat Yamaha Team Yamaha 158.0 44’29.114
2 20 46 Valentino ROSSI ITA Fiat Yamaha Team Yamaha 157.7 +5.672
3 16 4 Andrea DOVIZIOSO ITA Repsol Honda Team Honda 157.6 +7.872
4 13 69 Nicky HAYDEN USA Ducati Marlboro Team Ducati 157.5 +9.346
5 11 26 Dani PEDROSA SPA Repsol Honda Team Honda 157.3 +12.613
6 10 33 Marco MELANDRI ITA San Carlo Honda Gresini Honda 156.8 +21.918
7 9 14 Randy DE PUNIET FRA LCR Honda MotoGP Honda 156.3 +29.288
8 8 40 Hector BARBERA SPA Paginas Amarillas Aspar Ducati 156.1 +33.128
9 7 41 Aleix ESPARGARO SPA Pramac Racing Team Ducati 156.1 +33.493
10 6 58 Marco SIMONCELLI ITA San Carlo Honda Gresini Honda 156.1 +33.805
11 5 7 Hiroshi AOYAMA JPN Interwetten Honda MotoGP Honda 156.0 +34.346
12 4 5 Colin EDWARDS USA Monster Yamaha Tech 3 Yamaha 155.9 +37.123
13 3 36 Mika KALLIO FIN Pramac Racing Team Ducati 154.9 +55.061
Not Classified
65 Loris CAPIROSSI ITA Rizla Suzuki MotoGP Suzuki 154.8 22 Laps
11 Ben SPIES USA Monster Yamaha Tech 3 Yamaha 153.9 22 Laps
27 Casey STONER AUS Ducati Marlboro Team Ducati 151.7 26 Laps

NB:Lorenzo selain semakin di depan juga semakin ngocol ketika merayakan kemenangan, memang dia tidak mau kalah dengan Rossi di balap juga di entertainment.

Foto-foto dan referensi : http://motogp.com/

Iklan

21 pemikiran pada “Review MotoGP Le Mans 2010, Apakah Pemisahan Total Itu Menguntungkan Lorenzo

  1. asem, maruk tenan…
    Wah, gak nonton aku mau, gara2 nyinom tampat tetangga…
    Rossi udah dapat The Real Enemy lagi, kalo dulu Stoner karena menang motornya, tapi sekarang Lorenzo pake motor yang sama bisa ngalahin Rossi…
    Tapi ya liat dulu ntar lahhhh

    Suka

  2. sepertinya salah besar kalo menganggap Lorenzo sudah bisa mengalahkan Rossi, catatan waktu per-lap beda tipis banget dan kebiasaan rossi gak akan mau ngalah dengan rival kalo race tsb sangat menentukan untuk gelar dunia. Jadi menurut gw, Rossi terlalu beresiko untuk memaksakan diri di musim2 awal dan dalam kondisi cidera, kita lihat aja di akhir musim … juara dunia sejati akan terlihat hehehe ^^

    Suka

  3. sebetulanya aku berharap rossi menang karena daia fans inter “interisti”
    pasti dia selbrasi dengan gaya interisti yang barusan merebut liga champion, namun yah ngayal doang

    Suka

  4. ..mungkin Ducati Marlboro Team perlu menerapkan strategi yang sama dengan Fiat Yamaha Team :mrgreen: Stoner nggeber Desmosedici yang stoner-friendly & Hayden nggeber yang user-friendly..

    *emang susah menyatukan dua eks juara dunia di satu tim :D*

    Suka

  5. Kita tunggu saja race-race berikutnya, apakah Rossi jika kalah lagi akan beralasan cederanya lagi, atau settingan motornya lagi, atau memang umur sudah mulai bicara

    Suka

  6. @ bro maskur
    ulasannya mantap! Sy setuju bro. Stoner kyknya bkal surem. Doi lbh cocok dng karakter screamer yg liar.tp tdk dng bigbang ducati skrng yg lembut lyknya mtr jepun. Kita liat aja bro..

    Suka

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s