Service Motor Di Bengkel Pinggir Jalan, Boleh Saja…


Bengkel pinggir jalan. Jika mendengar istilah itu pasti kesan negatif langsung muncul. Bengkel Pinggir Jalan 2.jpg
Padahal belum tentu lho bengkel pinggir jalan itu buruk. Buktinya suatu bengkel tetap laku dan mempunyai langganan.

Bengkel pinggir jalan adalah bengkel umum dengan skala kecil dan berlokasi di pinggiran kota atau di pedesaan. Kesan buruk muncul karena ada beberapa bengkel model ini yang menangani suatu motor dengan cara kasar, main pukul, main tarik, main potong seenaknya. Biasanya dilakukan oleh mekanik yang belum berpengalaman. Kesan lain adalah tempat yang kumuh dan kotor.
Bengkel Pinggir Jalan 1.jpg
Kekurangan bengkel ini adalah jelas peralatan yang terbatas dan mekanik yang terkesan ndesa dan tidak mau belajar. Stok sparepart juga terbatas, sesuai dengan modalnya yang juga kecil. Jadi tidak bisa mengikuti perkembangan jaman. Selain itu transfer ilmu dilakukan dengan metode turun-temurun. Jadi suatu bengkel bisa jadi mempunyai kekhasan tertentu.

Bagi kita yang terbiasa servis di bengkel resmi maupun bengkel umum (besar) mungkin mengindari kendaraan kita disentuh bengkel pinggir jalan. Sebenarnya tidak masalah selama yang kita maui untuk kendaraan kita kita lihat bisa ditangani, biasanya untuk hal-hal kecil namun kita tidak bisa menanganinya sendiri. Yang jelas bengkel tipe ini bisa jadi dewa penolong di saat darurat. Dan tidak selamanya bengkel pinggir jalan jelek, ada juga yang mempunyai pelayanan memuaskan, tergantung kebijaksanaan pemiliknya.

Bengkel seperti ini juga tetap mempunyai langganan. Karena sudah kenal dan cocok, juga karena pemilik motor rela kendaraannya untuk ditangani secara tidak standar. Atau untuk motor-motor keluaran lama. Kebetulan sebelah rumah ada bengkel seperti ini dan selalu ramai.

Kadang bengkel pinggir jalan bisa menciptakan toolkit yang berguna dan murah. Hal ini tidak lepas dari keterbatasan seperti diulas diatas. Di lain hal, karena ke khas-an mekaniknya bengkelnya bisa menjadi bengkel spesialis. Misalnya spesialis Vespa, Merzy, CB dan sebagainya. Ada juga yang mencoba melakukan modifikasi kemudian sukses diterima, jadilah dia bengkel modifikasi. Biasanya bengkel yang berkembang adalah karena mau belajar. Yang tidak, ya tetap jadi bengkel pinggir jalan.

Iklan

13 pemikiran pada “Service Motor Di Bengkel Pinggir Jalan, Boleh Saja…

  1. memang benar adakalanya banekel pinggir jalan juga bagus cuman terkadang main palunya itu loh yang saya jadi ogah….

    Suka

  2. bengker pinggir jalan keistimewaannya masalah bisa diakali, tapi kalau bengkel resmi, orang kebanyakan bilang suka main ganti. Nah jadi gimana nih ?

    Suka

  3. kalo untuk motor yg ngk ribet…dan hi-tech….bengkel pinggir jln lbih nyaman timbang servisannya bengkel resmi yg kejar setoran…tp kalo membetulkan motor yg hi-tech…wah jangan deh…salah2 malah ngk mau hidup tuh motor :mrgreen:

    Suka

  4. tapi kasian mas nasib om saya yang hanya di bengkel pinggir jalan kini lebih banyak nganggurnya..dari segi keterbatasannya diharuskan untuk tetap survive kalau g mau gulung tikar 😦

    Suka

  5. asal gak bongkar yang injeksi..masih bisa…nyetel yang dobel karbu aja bisa kok cb 200, yasi….bengkel resmi malah gak bisa..lha wong cuma bisa bersihin karbu kok….
    dibengkel resmi juga gak bisa ngakalin..mintanya ganti baru!! bikin sepet kantong…………

    Suka

  6. Lihat dulu kerusakan motor.
    apakah bagian vital atau cma bag penunjang/accesoriesnya.
    kalau cma ganti oli,ganti rantai gear,bearing,atau ganti ban,kampas rem ya gppa di bengkel pingir jalan(bukan bengkel resmi)bahkan qta pun bsa klau mau melakukanya gk perlu keahlian khusus.
    Kalau untuk untuk bag mesin ya harus pintar2 cari ahlinya.
    Maaf tdk tdk berarti bengkel pinggir jalan tdk ada yg profesional.bahkan banyak di antara mereka juga mantan mekanik bengkel2 resmi.Karena Gaji yg gak sesuai merekapun memilih mandiri.
    Bengkel resmi tak ubahnya spt robot mereka di program untuk suatu product.Bila product tsb sdh di modifikasi bag engine misalnya,maka bengkel resmi di jamin berkerut dahinya.
    kalau dokter ada spesialistnya…..
    bengkel pun begitu juga…..
    ibarat qta sakit mata,lalu datang ke ahli kandungan
    mau ganti kulit sadel variasi ke bengkel resmi.???…
    Mending ke tukang jok yg di pinggir jalan lebih profesional…
    cz mmg dia ahlinya…
    mau Bore up motor ke bengkel resmi ??
    Gak dech….di jamin ngasih 1000 alasan
    cz…mmg program training robotnya gak sampai ke sana….

    Suka

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s