Ayo Ber-Internet Sehat


Perkembangan tehnologi sudah sedemikian pesatnya, tak terkecuali di bidang Tehnologi Informasi… sehari saja kita tidak uptodate rasa-rasanya sudah ketinggalan informasi. Namun kita tetep harus memilah-milah mana yang baik mana yang tidak baik, jangan sampai kita terhanyut arus perkembangan apalagi sampai kita menjadi korban.

Internet… siapakah yang tak kenal? Dari kota sampai pelosok kampung.. dari tua sampai anak-anak.. laki-laki maupun perempuan… semua bisa dipastikan mengenalnya… bahkan aktif sebagai penggunanya… namun terkadang kita tidak sadar efek internet terhadap kesehatan kita, baik sehat secara fisik maupun sehat iman…. Mari kita lihat sejauh mana efek internet terhadap kesehatan kita.

  1. 1. Sehat Fisik.

Ini adalah yang paling mudah untuk di lihat. Benarkah Internet bisa membawa efek tidak baik terhadap kesehatan fisik kita??? Jawabannya iya… coba kita hitung :

  • Minimal  kita duduk ber-Internetan dalam sehari : 5 kali
  • Minimal waktu yang digunakan setiap kita ber-Internetan : 40 menit
  • Total waktu ber-Internetan dalam sehari adalah :

5 x 40 menit = 200 menit ato 3 jam 20 menit

Berarti dari 24 jam (sehari) kita menghabiskan3 jam 20 menit untuk ber-Internetan. Lha biasanya dari kebanyakan kita posisi dalam ber-Internetan adalah duduk menghadap PC ato Laptop (terkadang kalo sudah duduk ogah untuk berdiri bahkan ada juga yang sambil ngerokok)… Menurut beberapa artikel yang saya  baca, terlalu lama kita duduk tanpa merubah posisi akan berdampak pada kesehatan kita.. terutama pada organ ginjal… karena pada saat kita duduk apalagi posisi duduk kita yang tidak ideal maka organ ginjal akan tertekan… kalo terlalu lama tertekan ya sudah bisa dipastikan kinerjanya tidak maksimal… mungkin untuk jangka pendek tidak bisa dirasakan… Selain itu bagian tubuh kita yang pasti akan kena efeknya adalah mata… mata yang terlalu lama melototin layar monitor pasti akan capek… dan biasanya kalo mata sudah capek dan kita memaksakan untuk melotot maka akan berpengaruh ke pikiran.. kalo pikiran juga capek sedikit banyak akan mempengaruhi fisik kita, seperti pusing-pusing.

Nah muncul pertanyaan lagi ; Internetannya pake laptop sambil duduk  selonjor diatas tempat tidur terus laptopnya kita pangku di paha, apa ada pengaruhnya? Posisi ini juga berefek tidak baik karena laptop itu juga merupakan sumber panas dan radiasi, kalo sumber panas dan radiasi sering kita pangku  bisa mengakibatkan terganggunya alat reproduksi kita… karena paha dekat sekali dengan alat reproduksi kita.

Nah kira-kira apa yang harus dilakukan agar kita tetep sehat walaupun kita lama ber-Internetan :

  • Posisi duduk yang benar, jangan miring… usahakan kalo sudah agak lama duduk kita berdiri sejenak ato kita berjalan.
  • Jangan memaksakan ber-Internetan dikala mata kita sudah lelah. Istirahatlah walau sejenak.
  • Makan-makanan bergizi terutama yang banyak mengandung Vitamin A.
  • Perbanyak minum air putih dan berolah raga secara teratur.
  1. 2. Sehat Pikiran, Hati dan Iman.

Internet Sehat CD Cover

Internet selain digunakan untuk Informasi yang positif juga digunakan untuk hal-hal yang negatif,  misalnya penyebaran gambar dan Video “esek-esek”… Bagaimana kita menyikapi hal semacam itu?  Hal-hal negatif semacam itu sudah jelas tidak baik buat kita… kalo kita sering melototin Gambar & Video esek-esek  sedikit banyak akan mempengaruhi pikiran kita, bagi yang masih bujang bisa membuat pikiran “ngeres” terus, bagi yang sudah berkeluarga juga bisa mengurangi keharmonisan keluarga, apalagi buat anak-anak…. Anak-anak yang masih dibawah umur bisa cepat”dewasa”… dalam artian anak-anak kecil namun pikirannya sudah “ngeres”… Lha kalo masih anak-anak pikirannya sudah “ngeres” gimana nanti kalo sudah dewasa???

Internet Tidak Sehat (from kaskus)

Dan juga kita kembalikan pada diri kita, seandainya yang ada di gambar & Video itu kita ato keluarga kita, apakah kita rela???

Dan Yang terpenting kita harus selalu berpegang teguh pada Agama kita masing-masing, karena Agama manapun tidak mengajarkan untuk berbuat maksiat.

Nah sekarang mau berinternetan sehat ato tidak sehat….

Semoga berguna

Salam hangat From Borneo.

Artikel kiriman Bro Elsjeknarya yang punya blog di http://joetrizilo.wordpress.com with a my little touch

15 pemikiran pada “Ayo Ber-Internet Sehat

  1. Yup, yg paling meresahkan adalah anak2 dbwah umur telah mengoleksi semua penyakit tersebut pada hari ini, artikel yg mengagumkan, salam kenal Maskur dari Saya

    Suka

  2. Internet oh internet…kemarin ada anak tetanggaku dimarah-marahin sama ibunya gara-gara si anak ketahuan nonton clip Ariel vs Luna hasil downloadtan si ayah di laptop.

    Suka

  3. Dan Yang terpenting kita harus selalu berpegang teguh pada Agama kita masing-masing, karena Agama manapun tidak mengajarkan untuk berbuat maksiat.
    =========
    like this ^^

    Suka

  4. tambahan sedikit mas Pornografi jg pgaruhx lbh bbahaya bg otak drpd kokain mnurut artikel yg sy baca. krn otak akan mproduksi zat (lp namax) scr trus mnerus. akibatx jd krg kontrol thdp diri sdr, pnurunan iq dll. bs diliat dskitar kt. org2 yg bgt biasax tkh lakux krg tkontrol. makin akut makin berat ngendaliin nafsux sdr.

    Suka

  5. Ping balik: 200 Artikel « Learning To Life

  6. “Dan Yang terpenting kita harus selalu berpegang teguh pada Agama kita masing-masing, karena Agama manapun tidak mengajarkan untuk berbuat maksiat.”

    yappp’ setuju bangetttt …
    nice info
    sukses selallu

    Suka

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s