Pantai Widarapayung, Tugu Peringatan Tsunami


Masih lekat dalam ingatan kita, gempa dan tsunami yang melanda pantai selatan Jawa Barat dan Jawa Tengah 17 Juli 2006. Pusat gempa yang ada di Pengandaran tenyata karena besarnya getaran sehingga getarannya terasa sampai di Jakarta. Hari itu kantor-kantor di Jakarta banyak yang pulang sore.

Gempa itu pula yang mengakibatkan bencana tsunami setinggi pohon kelapa di pantai Widarapayung, membawa korban 157 jiwa meninggal. Sehingga di sana didirikan monumen sederhana yang dikenal sebagai Tugu Tsunami.

Tujuan saya ke pantai Widarapayung salah satunya adalah ingin melihat tugu ini. Ketika peristiwa itu terjadi saya bekerja di Jakarta, sangat khawatir dengan kondisi keluarga yang berada di Cilacap. Alhamdulillah kota Cilacap terselamatkan dengan adanya Pulau Nusakambangan yang melindungi kota kecil ini dari tsunami. Namun besoknya justru saya yang tergeletak lemah di kamar kost karena DBD.

Mengenai tugu ini, banyak cerita dan kenangan dari banyak orang di tempat yang selama ini damai. Ada yang kehilangan keluarga, harta, benda, ternak, rumah dan banyak hal. Namun setelah 4 tahun berlalu suasana sudah kembali normal, aktivitas penduduk sudah berjalan kembali, panti juga sudah ramai kembali.

Di pantai Widarapayung sekarang dipasang semacam rambu dan petujuk arah jika terjadi tsunami

Iklan

10 pemikiran pada “Pantai Widarapayung, Tugu Peringatan Tsunami

  1. ❓ baru tersadar, jika Indonesia rawan bencana tsunami… masa-masa sebelumnya kan kita belum pernah terpikirkan bahwa kawasan Indonesia akan selalu “digoyang”… atau, ini hanya perasaan saya saja yak? coz seumur-umur menyaksikan tsunami setelah gedhe… :mrgreen:

    Suka

  2. Hmm…semoga tidak sekedar menjadi peringatan, tapi juga bahan instropeksi diri…bahwa Allah Maha Besar dgn segala kuasanya mudah sekali bagiNya untuk mendatangkan musibah, miris tempat2 wisata sekarang lbh dominan dipake untuk maksiat para remaja…oalah….ndunyo….ndunyo 😥

    Suka

  3. Ping balik: Buktikan Betapa Indahnya 7 Pantai Di Jawa Tengah Ini

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s