Apa Sih Artinya?


Dulu, fitur motor ditulis di salah satu bagian motor. Selain mendongkrak tampilan, tulisan dalam Bahasa Inggris itu menambah gengsi, bisa buat gagah-gagahan.
Econo Power.jpg
Sebagai contoh, fitur Econo Power yang tertulis dengan jelas di sayap depan Astrea Prima dan Astrea Grand itu.

Ketika motor ini sedang booming, membaca tulisan Econo Power ini terkesan motor hebat, motor canggih, motor keren. Maklum anak desa asli membaca ada kata-kata Power terbayang film-film superhero.

Setelah besar, baru tahu arti sebenarnya dari Econo Power itu adalah Mesin yang Irit namun bertenaga. Yah kala itu motor ini adalah bebek 4 tak terbesar kapasitas mesinnya, jadi ya paling bertenaga memang.
Econo Power 2.jpg
Juga baru tahu dari speedometer, bahwa perbandingan optimal antara tenaga dan efiseinsi bahan bakar didapat ketika berasa di kecepatan 40 sampai 60 km/jam. Ditandai dengan warna biru. Di situlah Econo Powernya.

Power Scoop1.jpg
Ada juga fitur Power Scoop di Yamaha Alfa dan Champ serta Sigma. Lagi-lagi tulisan power ini membuat imajinasi seorang anak desa terbayang film-film kartun tentang kepahlawanan.
Power Scoop2.jpg
Setelah besar dan merambah kota, barulah tahu Power Scoop itu artinya sekop, yaitu fitur Air Scoop yang dipasang di cylinder head bebek 2 tak ini. Fungsinya jelas membantu pendinginan agar mesin bekerja optimal.

Jangan-jangan tulisan di motor-motor jaman sekarang yang makin keren juga dianggap modern bagi orang-orang yang kurang tahu artinya. Jangan-jangan dijadikan alat buat gagah-gagahan ya
:mrgreen: 😎

Iklan

29 pemikiran pada “Apa Sih Artinya?

  1. sugeng enjang mas.. Kalau menurutku sekarang yang canggih tulisan ‘DOHC 6 SPEED FUEL INJECTION’ :mrgreen: manteb pokoke (Tapi motor pakai tulisan tsb di sini belum ada kayaknya)

    Suka

  2. sugeng enjang mas.. Kalau menurutku sekarang yang canggih tulisan ‘DOHC 6 SPEED FUEL INJECTION’ :mrgreen: manteb pokoke (Tapi motor pakai tulisan tsb di sini belum ada kayaknya).

    Suka

  3. Ikut nambahin motor2 dulu yg pake tulisan2 canggih 🙂 YPCS = Yamaha Power Cooling System, kipas pendingin yg ada di Force1/F1Z/F1ZR, YCLS = Yamaha Computerized Lubrication System, sistem pelumasan yg ada di Yamaha RXZ/RZR, SSS = Suzuki Scavenging System & SIPC = Suzuki Intake Pulse Control ada di Suzuki RGR, Jet Cooled & PECS (Power Engagement Clutch System) yg ada di Suzuki RC80/100/Sprinter, Crystal, Tornado GX/GS.

    Suka

  4. @maskur…
    lah…sama kok….dulu juga tulisan2 itu yang kelihatannya keren gitu…
    tapi yang paling joss di ingatan saya ya yang RC valve he…

    yang saya tulis dijelasin di koment 10

    Suka

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s