Angkringan Wetiga


Angkringan adalah istilah di Jogja, di daerah Solo dinamakan HIK atau wedangan. Namun sepertinya nama angkringan lebih lebih terkenal dari pada HIK ataupun wedangan. Ada juga istilah lain yang cukup terkenal yaitu Sega Kucing atau Nasi Kucing.

Dulu angkringan menjadi ciri khas daerah Solo Raya dan Jogja. Namun sekarang sudah menyebar di banyak daerah di Jawa Tengah bahkan juga Jakarta. Tahun 2007 ada dua angkringan baru di derah Mampang yang pernah saya tulis di Wedangan

Salah satu Angkringan itu adalah Angkringan Wetiga yang sudah dilengkapi WIFI. Jadi kita bisa menikmati makanan kecil, jagongan, juga internetan. Makanya Wetiga ini katanya sering menjadi acara kumpul dan ngobrol para blogger.

Angkringan ini beralamat di:

ALAMAT ANGKRINGAN WETIGA
Jalan Langsat 1/3a Kramat Pela
Kebayoran Baru Jakarta 12120
Telepon +62 815 7485 2877
http://www.wetiga.com

Kalo naik kendaraan umum, dari blok M bisa naik Metromini 72 jurusan Lebak bulus, atau bisa juga Metromoni 69 jurusan Ciledug, namun kalo yang ini harus ditambah jalan kaki kurang lebih 200 meter

Bayangan saya, ketika belum sampai adalah tempat yang datar dan luas sehingga enak untuk ngumpul. Ternyata warungnya kecil, ada satu rombong khas wedangan dan dua meja untuk pengujung. Kalo yang kumpul banyak sepertinya ada ruangan lain, atau disediakan tikar untuk lesehan.

Makanan yang tersedia diantaranya: Nasi bandeng, nasi tempe, tempe goreng tepung, tahu goreng tepung, tempe bacem, jadah, pisang goreng, sate usus, sate telur puyuh, sate kikil, sate ati (agak kurang memperhatikan dengan detail)

Minumannya kurang tahu apa saja, namun sepertinya standar wedangan.

Yang jelas, pertama kali yang saya nikmati adalah Nasi tempe, tempe goreng tepung dan jadah yang perlu dibakar dulu serta minuman Jahe anget.

Session kedua adalah Nasi bandeng, tahu goreng tepung dan wedang Jahe Anget lagi.

Kesan saya, untuk nasi tempe dan sambelnya enak dan gurih. Nasi bandeng, enak di sambelnya. Untuk yang tempe dan tahu goreng rasanya standar.

Untuk jahenya nikmat sekali karena sepertiny ditambahi kayu manis.

Jika dibandingkan dengan HIK konvensional di Solo sepertinya memang berbeda, karena angkringan biasanya menyesuaikan dengan derahnya. Sebagai contoh Wedangan di daerah Banyumas, tempe goreng tepungnya mirip mendoan, yaitu tidak sampai kering, namun agak lembek. Yang berbeda sepertinya disini makanannya tekesan lebih besih dan juga campuran kayu manis di wedang jahe itu, serta WIFI pastinya.

Untuk kecepatan WIFi sepertinya sedang-sedang saja, seperti kecepatan GPRS. Sebagai bukti ketika membuka Gmail, kita harus beralih ke format basic HTML.

Mau coba, silahkan saja, siapa tahu ketemu paka Wicak alias Ndorokakung, yang kabarnya sering ke sana. Juga blogger terkenal lain.

Iklan

13 pemikiran pada “Angkringan Wetiga

  1. Mungkin hmpr sama dgn sega kucing deket trans tv-mampang, sekitar 3rb-an kang, kalo gorengan2nya rata 750 perak.lumayan buat ngganjel perut laper 🙂

    Suka

    • @Cak Poer
      Beda gengsinya hehehhe, itu kan di pinggir jalan, banyak debu. Yang makan memang orang kantoran. Tapi kalo yang ini orang-orang yang bekecimpung dengan internet.
      Eh di kota Banyumas ada wedangan apa nggak cak?

      Suka

  2. dibanyumas banyak angkringan terutama disekitaran kampus unsoed dan dipasar wage.harganya sangat bersahabat,yg unik dicilacap deket rumah makan padang andalas satenya lengkap dari kerang,keong ,kalong,ayam ada semua.mantap pokoknya

    Suka

    • @kolibri
      hehhehe, maksudnya di “KOTA BANYUMAS” bukan kabupaten Banyumas
      di Cilacap yang enak yang di depan RSUD Cilacap, yang di depan terminal juga enak, ada juga yang di pertigaan dekat pool bis Utama

      Suka

  3. @kang maskur:

    lek wis ngelih…ora enek gengsi2an 🙂

    kota banyumas ada beberapa, tapi yg paling laris yg di deket perempatan alun2 (yg jual masih kinyis2 sih :mrgreen: ), mur-mer banget, yg beli kebnyakan pemuda yg lagi begadang

    Suka

  4. Ping balik: Kopdar Wetiga Dengan Blogger KOBOI – Mit And Great | Learning To Live

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s