New Mega Pro vs Byson, Pilih Mana


First Ride Yamaha Byson, Berasa Di Atas Moge Street Fighter





OTOMOTIFNETWah, surprise juga ketika PT Yamaha Motor Kencana Indonesia (YMKI) mengajak OTOMOTIFNET.com untuk lebih dekat dengan sport bike barunya Yamaha Byson. Apalagi Byson belum dilaunching dan kabarnya baru akan resmi diluncurkan setelah Lebaran 2010.

Meski diam-diam, YMKI mempersilahkan untuk mencicipi sport bertampang garang ini untuk pertama kalinya di Sentul International Karting Circuit (SIKC). Tepatnya sehari setelah launching Honda New Mega Pro ditempat yang sama (11/8). Ayo gas pol!

Desain

Sabar, jangan main gas pol. Sebelum main gas sebaiknya foreplay dulu. Caranya? Kita pelototin satu persatu desainnya. Sekilas mengingatkan pada moge Yamaha FZ6, desain tanki, head lamp dan spidometernya yang terpisah tapi tetap seirama, serta bentuk buntutnya yang tak jauh berbeda. Jadi seperti Yamaha FZ6 yang dikecilin.

Dari sini saja bisa terlihat kalau Yamaha Byson memang sangat stylist. “Kita memang buat semuanya terlihat gambot dan berotot,” buka Paulus Sugih Firmanto, GM Promotion and Motorsport YMKI. Desain bodynya yang gambot ini diimbangi dengan pemilihan kaki-kaki yang istimewa. Jujur, ini akan bikin bingung pengendara yang suka modifikasi.

Bila umumnya setelah beli motor sport langsung ganti pelek dan ban yang lebih lebar, Yamaha Byson sudah pakai pelek lebar dan ban tubelees ukuran 100/80-17 di depan dan 120/70-17 di belakang. “Ban belakang bisa digedein lagi sampai ukuran 140,” jelas Mohamad Abidin, Manager Technical Department Service Division PT YMKI.

Uniknya lagi, tutup rantai belakang yang dibuat menyatu dengan spatbor kolong juga didesain layaknya swing arm moge. Hasilnya, swing arm standar Byson terlihat lebih kekar, seirama dengan sokbraker dengan dengan diameter 41 mm. Rasanya ini adalah diameter sokbraker depan motor sport lokal yang paling besar di pasaran. Dan uniknya lagi, desain knalpot Byson dibuat layaknya moge, Gambot cuy!

Fitur Dan Teknologi

Seperti New Honda Mega Pro, Byson juga dibekali mesin 150cc yang secara spesifikasi, power keduanya setara. Yaitu sama-sama 10,1 kW atau sekitar 13,5 dk. Bedanya, power puncak Byson bisa diraih diputaran mesin yang lebih rendah yaitu di 7500 rpm, sedang Mega Pro di 8500 rpm. Tapi torsinya, Byson unggul dengan 13,6 Nm sedang Mega Pro 12,8 Nm. Data ini diambil dari data spesifikasi yang dikeluarkan kedua pabrikan.

Secara teknologi, mesin Byson ini sebenarnya mengambil platform dari Yamaha Vixion. Bisa dilihat dari bentuk cover gear boxnya yang mirip-mirip dengan Vixion dan Jupiter MX. Bedanya, Byson dibangun tanpa radiator, injeksi bahan bakar dan hanya menggunakan 2 klep saja.

Mesin Byson berkarakter over square mengusung diameter piston 58mm dan panjang langkah 57,9mm. Kompresinya tak terlalu tinggi, hanya 9,5:1 yang artinya aman mengkonsumsi premium. Sedang karburator yang dipakai adalah Mikuni 26 tipe vakum yang sudah dilengkapi dengan Throttle Position Sensor. Dan terakhir, knalpotnya pun sudah dilengkapi dengan catalytic converter agar lolos EURO 2.

Performa

Mesin mudah dihidupkan dengan kick starter. Ternyata terasa ringan karena sudah mengadopsi dekompresi. Dan uniknya ada suara siulan kecil layaknya moge. “Suara itu berasal dari engine balancer, sengaja dibuat suara itu agar terasa sensasi moge nya,” ungkap Mohamad Abidin.

Bicara performa, cukup heran juga. Byson tetap ringan melaju meski mesinnya hanya 150cc dan harus membawa body dan kaki-kaki gambot. Tenaganya pun mulai terasa menghentak di 4500 rpm. Saat keluar tikungan tak ada jeda saat akan melaju kembali. Meski harus diakui tak seresponsif kakaknya, Vixion. Sayangnya, sirkuit karting Sentul tak terlalu panjang top speed tak bisa di dapat.

Handling

Saat duduk di joknya yang empuk, terlihat jelas bentuk stang bergaya fat bar layaknya moge. Panjangnya pun mencapai 727 mm, penyuka gaya turing gak perlu lagi repot-repot ganti stang baplang. Stang lebar ini juga membuat pengendaranya terlihat lebih gagah di atas Byson.

Bicara menikung di Sentul kecil, tak ada keraguan lagi. Ban lebarnya memberikan andil besar menyumbang kestabilan. Mau rebah sampai footstep tergasak aspal pun tak jadi masalah. Suspensinya juga tetap mantap meredam getaran. Terbukti ketika Yamaha menyiapkan beberapa handicap berupa balok kayu, tetap empuk!

Mungkin satu kekurangan Byson hanya belum pakai disk brake belakang. Tapi hal ini diakui hanya secara tampilan saja, bila berpegang pada fungsi teromol di roda belakang sudah cukup pakem menghentikan laju Byson. “Kalau dipaksa pakai disk brake belakang harganya bisa bertambah Rp 700 ribu sampai 1 jutaan,” prediksi Paulus.

Estimasi harga Rp 19,5 sampai 20 jutaan (harga fix baru diumumkan saat launching setelah Lebaran)

Penulis: Popo
Foto: Reza

Iklan

75 pemikiran pada “New Mega Pro vs Byson, Pilih Mana

  1. salam knal smuanya..hehe..
    Kekna tergantg kebthn aja dah om..kalo buat nampang doank n g suka jalan jauh,byson okelah..but kalo suka pjalanan jauh n knyamanan serta irit..nmp pilhanya..tp kalo buat kbnyakan orang,plh mtor laki krna ngejar knyamanan perjalanan jauh/turing,jika blm puny mubil..over all,nmp mantapz buat sgl kndisi..

    Suka

  2. @Nick
    Nyolong tulisan ndik ndi lé?

    Btw, saya denger kalo sama² mau dibawa
    ke Bromo dua motor itu. Memang di Bromo
    bisa dipastikan 90% motor penduduk asli
    sana (warga tengger adalah Honda).
    Jadi 2 produk itu memang “perlu dibawa”
    kesana untuk diperkenalkan….
    Tinggal mampu nggak melawan yg sekarang
    yg sudah disana….

    Saya kira sangat fair kalo dua motor ini “diadu”
    langsung disana…

    :mrgreen:

    Suka

  3. Kalau disuruh milih ya aku milih Byson. Tampilan lebih Gahar. IMHO NMP bagusnya kalau dilihat dari samping doang, baru keliatan headlampnya berkarakter. Tapi kalau dilihat daridepan bentuknya seperti agak memaksa.

    Kalau Soal Rem mah,Honda CB 300 aja masih pake tromol di belakang kok..

    Tapi yang masalah adalah dudukan plat nomor, denger-denger plat nomor bakal ditaro diatas Headlamp, Alias nutupin Speedometer. Ah merusak penampilan

    Suka

  4. Hmm…
    biasanya org nyari motor sport itu yg nyaman buat touring/perjalanan jarak jauh, baik nyaman dikendarai ataupun nyaman dikantong…
    kayaknya yg memenuhi kriteria iyu ya new megy…

    bukan begitu??

    Suka

  5. @16.au_ah
    kayaknya bukan aja perjalanan jauh, perjalanan dekat,baik itu buat kerja atau kondangan, pun bakalan nyaman…..

    begitu bukan???

    Suka

  6. Mas, yg versi indonesia kata AHM, power Dazzler cuma 13,5HP lho, bukan 14HP, jadi tetep imbang sama si Byson, malah Byson katanya 13,8 (jadi lebih tinggi), tapi masalah beda 0,3HP buat pengguna harian sy kira gak ada bedanya, kecuali buat racing. masalah byson sedikit lebih boros BBMnya mungkin karena pemakaian ban profil lebih lebar, so hambatan gesek dg jalan lebih besar, tp konsekuensinya handling lebih stabil, apalagi buat jalanan keriting.

    Suka

  7. Sing pasti….anakku ga bisa lagi duduk didepan…di atas tangki kedua motor itu (kalo lagi JJS misalnya) xiixixi :mrgreen:

    (hayo..ngaku semua waktu kecil pasti pernah, diajak ortu kalo naik diatas tangki bensin kan….?) :mrgreen:

    Suka

  8. Klo dipikir2…
    pantesan aja ya hasil komparasi berbagai media di india byson selalu kalah dgn new megy (fs16 vs dazzler).
    dari akselerasi, top speed sampai konsumsi bbm memang new megy india.
    ternyata power byson memang masih di bawah new megy tho?
    apalagi byson pake ban yg lebih gede spt itu,.. yaaach… pantesan gak bisa lari…

    Suka

  9. sekilas garis body belakang NMP mirip absolut revo yah, gak milih keduanya ah. gak punya duit. he…he… keduanya belum bisa ngalahin ninjaku sih.

    Suka

  10. Klo disuruh milih… ya tetap Honda…memang satu sama lain punya cirikhas masing2.. tp kan kt punya prioritas masing2… iritnya tu yg ga bisa buat qu berpindah k lain merk. mau gmn lg.. hehe

    Suka

  11. Harganya di bawah 20 jt tapi lebih mahal dari NMP, Bro. (mungkin Rp19,999.999) Belakang tromol dikonvensasi dengan pelek dan ban ukuran besar, sok depan yang lebih kekar dan knalpot yang aduhai…..

    Suka

  12. wah dua duanya sama bagusnya menurut saya.

    tapi kenapa ya kalo beli yamaha selalu aja harus inden,dan kalo mau cepet harus pake……biar cepet keluar.

    honda lebih mudah didapet tanpa harus inden kalo pun inden tidak butuh wkt yg lama..dan ga perlu ….

    Pissss

    Suka

  13. wah yang jadi pertimbangan ada bbrp hal nih, byson knp gk cakram blkg juga ya? kayanya yamaha chicken buat keluarin motor cakram belakang, kedua oli mesinnya selalu 1,2 liter, nanggung banget sih

    sementara di new mega pro semua sudah mumpuni, cm yg jadi pertanyaan apakah cuma facelift dan downgrade mesin? soalnya honda penyakitnya kurang mesin baru, meskipun cc baru namun mesin jadul di buat ulang doang…

    Suka

  14. Ping balik: Akhirnya, Are You (really) Ready For Yamaha Byson? « THE COOLRIDER'S GARAGE

  15. Wah,bonus postingannya,lagi2 gua suka bos!Selamat beramal ilmu dah,semoga selalu diberkahi oleh Allah SWT,amin!Sebagai pemakai setia Yamaha,jelas gua vote buat Byson.Honda mah kagak ada ape2nye buat gua!

    Suka

  16. Mau yg perfect n banyak duit pilih Ninja 250. Mau ngebut kaya pembalap pilih Ninja 150. Mau gaya pilih Byson. Dompet tipis tapi bisa jalan2 pilih NMP. Kalo dompet lebih tipis lagi bahkan untuk beli dompet aja ga bisa, ya jalan kaki aja sambil bawa karung trus ngorek sampah di jalanan. LOL

    Suka

  17. ahhh ogahhhh pilihhh yamaha….luuu liatt aj byson !!!!! idihhhh niru CB 1000 RR ….mtor tiruannn huuuuuuu ….liat aj honda scoopy yg unik dan pertama d hadir kan di indonesia , yg lainn pastiii ngikutt…..gw pilih honda aj Nd Minerva…
    ak tag yakin dgn kemampuan mtor yamaha …

    Suka

  18. setuju.
    niru bentuk CB1000RR …
    yamaha gak sanggup bikin bntuk mtor sendiri
    ,mungkin aje yamaha kurang PD y ..
    honda one hearth.
    yamaha semakin jeleQ dan memuakan..

    Suka

  19. aku rider vixie..kalo kemampuan lari..aku berani taruhan vixie lah daripada NMP…cuma kalo disuruh milih antara NMP dan Byson…mutlak aku pilih new mega pro…..salut !!

    Suka

  20. byson kayak penyandang penyakit tbc

    apalagi tuh yg bertengger di atas palanya….
    kayak sarang burung pipit
    apalagi bagian belakang dkt lampunya
    kayak bokong kuda mo melahirin anak

    beda ama mega pro yg tampilannya kayak elang
    di tambah sayap panjang yg keren

    n gw muji tuh scorpio…
    tampilan barunya kayak kalajengking asli
    kereeen….

    Suka

    • Joozzz!!! Awal ny Ane Udh Mau Ambil Byson, tp krna dri 10 tmen ane bilang ke ane Byson jelek Kta ny, truz 1,2,5 tmen ane yg udh pny Byson ngeluh tenaga kea bebex, paz ane coba aduhai mlah di salip ma MX (Notebnd: bebek yg bs berenang^_*), akhirny ane ambil Nih NMP, ,, Wedeeeff,, Akseleeeeeeeeeerasiii Ny itu loh,, kliatan ny Bwt Beradu Akselerasiii ma Tigi N Vixi,Turah Nyali dah! n torsi ny brasa bgt, mngkin di krnakan mesin NMP yg Oversquare,, trz di dkung ma TPS pluz 12 mapping ignition,, jd mesin ny bner2 responsif,, N bwt yg udh nunggang NMP ane sranin Pake Oli Enduro 4T Racing,,, Dengarkan Tarikan ny,, Jauuuuuuuuuh lbh nendang dri pd pake oli AH* g trasa Udh 1 thun Pake Nih Dazzler.Msh Ngacirrrr ajaa… Pa Lg Klo Bwt turing,,, Krakter khas dri Mesin Honda wlpn bkn racikan HR* Repsol Honda klo Mesin ny Udh Panaz,, Tarikan ny tmbh enak, N perkopling tmbh enteng,,, Sekian dri Dazzler’s.Ini cerita Hdup ku, bagaimana cerita Hidupmu,,?? Salam Satu AzpaL.

      Suka

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s