Apa Sih Artinya (3)


Para pembaca blog motor pasti sedang terfokus ke review test Ride Yamaha Byson dari blog tmc, triatmono, alonrider,  stephenlangitan serta edorusyanto.

Karena saya tidak ikuta ngetest, maka saya nostalgia ke amasa kecil saja. Masih membahasa fitur sepeda motor yang dicantumkan di body motor itu sendiri. Sekarang kita melihat generasi sport Yamaha 2 tak.

Di varian RX – S, RX – K, RX Special dan RX King generasi terdahulu terdapat tulisan ENERGY INDUCTION. Wah! dulu sebagai anak kecil di desa, kalo mendengar kata-kata berbau Energy, kesannya pasti sesuatu yang kuat dan pasti hebat.

Terus apa arti dari Energy Induction, atau yang lebih di tampilkan dengan nama YEIS (Yamaha Energy Induction System) tersebut?

YEIS adalah fitur yang berupa tabung terbuat dari plastik yang letaknya di bawah tanki bensin, dihubungkan dengan semacam pipa dengan intake manifold.

Terus fungsinya apa? Kita sambangi aja situs KCDj, penjelasannya kurang lebih demikian:

Yamaha Energy Induction System pada RX King (juga RX Special, RX – S dan RX – K) sebagai tabungan sisa gas yang tidak habis tersedot masuk ke ruang bakar.

Sehingga dengan adanya tabung YEIS diantara Output Karburator dengan Intake sisa gas tersebut bisa di simpan sementara yang kemudian sisa gas tersebut dapat di manfaatkan kembali ketika motor harus berakselerasi, contohnya setelah rpm turun (ngerem) trus di gas lagi motor bisa berakselerasi dengan cepat karena adanya cadangan devisa gas (udara=bb) pada tabung tersebut.

Jadi sebenarnya YEIS tersebut untuk meringankan kinerja mesin, tujuannya untuk meningkatkan effisiensi engine 2 tak tersebut dan bensin bisa sedikit lebih irit dan akselerasi udah pasti lebih responsif.

Iklan

23 pemikiran pada “Apa Sih Artinya (3)

  1. :mrgreen: barusan semalem saya obrolin sama bro martini perihal alat ini. soale pas ngobrolin mantan saya dulu (Suzi RGR150) juga ada alat yang fungsinya mirip YEIS yang disebut SSS atau Super Scavenging System (berbentuk selang panjang yang melingkar ke belakang sampai bawah jok yang bermuara di manifold.

    Suka

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s