Bemo, Kendaraan Unik Yang Masih Bertahan


Bemo-001.jpg
Melihat Bemo ini, ingatan saya langsung tertuju ke masa 24 tahun silam. Ketika masih SD di desa. Pak Guru menerangkan jenis alat transportasi beroda 3, beliau selalu menyebut Bemo dan Helicak. Kemudian beliau menggambarkan ujud kedua kendaraan tersebut di papan tulis.

Bemo mungkin singkatan dari becak motor, sedangkan Helicak adalah Helikopter Becak. Semua mengacu ke becak karena rodanya 3.

Kami, orang desa ini bisa melihat ujud langsung Bemo ketika menonton film era 80-an di TVRI. Kemarin akhirnya saya bisa naik kendaraan ini, di pasar Benhil.
Bemo 2-001.jpg
Bukan sesuatu yang luar biasa, namun bagi saya adalah hal unik. Satu hal yang baru saya tahu adalah Bemo menggunakan setir dan batang shifter, saya kira menggunakan stang seperti Bajaj. Juga kapasitas penumpang sekitar 6 orang. Dari konfigurasi kursi, Bemo cocok untuk mengangkut belanjaan, dari pasar ke rumah.

Tentang Bajaj, ternyata kendaraan ini lebih eksis di Jakarta. Dia ada dimana-mana, sedangkan Bemo hanya ada di daerah tertentu, misalnya di pasar Benhil dan Matraman. Bersaing dengan angkot, Bemo ternyata masih bisa bertahan.

Ada terselip pertanyaan, jika Bajaj menggunakan mesin serupa Vespa, bagaimana dengan Bemo?

Kembali ke atas, jika Bemo itu benar-benar ada sampai sekarang,bagaimana dengan Helicak, apakah cuma imaginer?

Posted by Wordmobi

Iklan

31 pemikiran pada “Bemo, Kendaraan Unik Yang Masih Bertahan

  1. Dulu waktu masih SD sempet pernah merasakan naik si Bemo ini, tepatnya di kota Malang. Tapi udah lupa suara mesin/knalpotnya kayak apa, apa sama kayak bajaj itu ya.

    * tapi yg pasti denger kata Bemo langsung teringat Alm. Dono-Warkop :mrgreen:

    Suka

  2. kalo ga salah bemo pertama kali didatangkan tahun 60’an sama bapak proklamator kita bung karno bersamaan dengan acara olahraga ganefo, untuk sarana penunjang transportasi rakyat dengan harga terjangkau kala itu 😀

    Suka

  3. lhooo, masi ada toh, saya kira terakhir operasi di bilangan rawasari – senen lewat jalan percetakan negara, sekarang udah diganti ama suzuki carry dari koperasi wahana kalpika (KWK)

    Suka

  4. dari pada bemo, mending naek Bemo BBG, soalnya ruangnya lebih besar cukup untuk orang dewasa 3 orang, trus ga polusi. coba deh…

    klo naek bemo yang warna orange, seremmmm…

    Suka

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s