Motor-Motor Di Desa Saya


Masih dari liburan di desa, bolehlah mengamati motor-motor apa yang dipakai penduduk di sana.

Di desa saya itu, orang tidak terlalu fanatik merk. Kepemilikan motor lebih ke fungsi dan harga beli serta harga jual kembali. Dan dari dulu biasanya ada semacam trend, kalo yang sedang trend motor A, maka mayoritas yang terlihat ya motor A.

Sebagai contoh, jaman RX Special sedang menjadi trend, dari guru sampai tukang ojek pakai RX Special, waktu jaman RX King lalau Supra Fit juga terjadi hal yang sama.


Di desa saya itu, motor kebanyakan adalah beli bekas, hanya satu dua yang beli baru. Jadi tidak terpengaruh dengan wholesales nasional sama sekali. Penduduk desa saya juga sepertinya tidak mau bersusah-susah mencicil motor baru. Lebih baik motor second, bayar, langsung dimiliki. Motor-motor itu benar-benar dimaksimalkan sebagai alat angkut, dari orang sampai barang-barang, rumput dan daun untuk ternak, angkut nira dsb.

Sekarang ini, motor yang menjadi trend adalah Jupiter Z

Jupiter Z Burhan mendominasi motor-motor di desa saya dan desa-desa tetangga. Selain itu Jupiter Z versi sebelumnya juga lumayan banyak ditemui. Jupiter Z terbaru juga saya temui beberapa kali, mungkin karena barang baru jadi masih jarang bekasnya.

Ketika saya bertanya kepada tetangga saya, kenapa kok sekarang rata-rata pada pake Jupiter? Tetangga saya menjawab, karena selain bentuknya bagus, harga second Jupiter sekarang paling tinggi. Dia juga menambahkan, selain jupiter, motor-motor Yamaha lain juga harga jual kembalinya lebih bagus dari Honda.

Pantesan, selain Jupiter Z, jupiter MX dan Vega series juga lumayan banyak saya temui. Lha terus kemana sang raja bebek Honda Absolute Revo? Saya malah tidak pernah menemuinya, Honda yang banyak malah Supra bermesin 100 cc. Absolute Revo saya temui ketika masuk jalan raya Banyumas.

Jadi jangan heran dengan Jupiter Z buat dagang siomay seperti postingan sebelumnya , barangkali di Cikakak pola pikir masyarakatnya sama dengan di desa saya.

Demikian sedikit gambaran penggunaan motor di desa saya. Maaf tidak ada foto-foto penampakan motor-motor di desa saya tersebut.

Iklan

32 pemikiran pada “Motor-Motor Di Desa Saya

  1. Wah jadi kampung jupiter dong kang :mrgreen: …hampir mirip di kampung ku kang, kalo di sana yg lagi nge-trend HSX-125, dari anak2 muda-bapak2 banyak yg pake HSX, tapi yg dipake ABG snalpot-nya udah diganti yg model free-flow….jiann kuping langsung nguing2, anakke ngasi kageten terus 😦

    Suka

  2. Wuah..udah pernah kang tapi cuma sampe ke Karangsalam aja (ada temen di sana), kalo dari BMS cocoknya pake si bongsor tuh, apa lagi ketika masuk ke desa karangsalam, 11-12 dengan jalan ke tempat kerja 🙂

    * kapan nih main ke desa “menara tower” :mrgreen:

    Suka

    • @wiro
      jatim kan fanatik honda, kalo desaku ga fanatik, tergantung trend. Dulu jaman supra fit awal itu sempat booming, dimana mana supra fit.

      @nick
      oo gitu yah, wah banyak info dari nick ni

      @pak mars
      dulu waktu jalan aspal desa belum diperbaiki dan bensin belum mahal, RX King jadi trend. Di rumah saya sampe ada 2. Sekarang jalan udah alus sampai pelosok, matic juga udah banyak.

      Suka

  3. Mas imam.
    Jupiter z burhan n sebelumnya menurut sy materialnya bagus.
    Jadi mtor awet n slalu terlihat kinclong.
    Beda ma yg lain,
    Mx juga bagus dibody yg awet kinclongnya,cm syg boros n resale valuenya jatuh drpd jptz.

    Jupiterz hitam putih sy dulu bener2 kinclong hitamnya,pdhal udah 4tahun.
    Skali srempet bodynya pake pembersih langsung jadi cermin.
    Ini lah letak keunggulan bebek yamaha

    Suka

  4. Lap.dari bali.
    Dijalanan mayoritas dipenuhi vario..
    Disinyalir(wkwk..)tahun 2011 jalanan denpasar penuh dgn vario..
    Sy tanya kepada temen alasan apa pilih vario ktimbang matic lain?
    Jwbnya
    -designnya bagus,trutama lampu belakang yg tlht elegan.
    -lbh irit.
    -tarikan lbh cepat
    Itu saja.

    Rata2 user adl mantan pengguna mio.
    Setahu saya,mio striping baru lakunya malah di beli org jawa yg tinggal dibali.
    Kalo xeon malah udah sliweran
    Gak banyak sih,sm spt scoopy,
    1 2 yg lewat

    Suka

  5. betul….
    konsumen didaerah tidak terpengaruh tuh bakar2an di warung2…he…
    mau sales teriak produknya paling bagus juga percuma…
    kebanyakan beli karena suka, kemudian trend

    soalnya di tempat saya juga begitu
    xixixixi

    Suka

  6. kalau di kampungku mas, hond grand, prima, n supra.. vega n jupiter dikit bngt,
    cuma skilas penglihatan di masjid waktu salat id. Kalau saat reuni temen stm dari 18 motor, 1 vega lama, 1 satria fu baru, 16 aneka macam honda salah satunya CS1 silver :mrgreen:

    Suka

    • @ashley soulsick

      Wah wajar lah, sekarang kayaknya orang pada gak perduli boros, matic yang lebih boros dari bebek aja laris manis

      @Kang Tri

      hati-hati melawan arus

      @lexy

      Sepertinya begitu

      @Ha Ge

      Indonesia negara Cibebek

      @MD

      wah percaya aja deh

      @Benny

      Orang desa naik CS1………mmmmmmmmm agak nggak mungkin

      @sa469

      hehehehhehe…dami lagh!!!

      @snalpot99

      beda daerah beda budaya, beda motor juga

      @lingga

      FU ada juga kok, tapi 1-2 aja

      @pemain baru

      jupiter z mahal lho, kan beli second

      @CB79

      silahkan berkelana dari desa ke desa, pasti nemu banyak

      @pak hadiyanta

      wkwkwkkwkw….nunggu Ducati bikin bebek

      Suka

  7. Setuju ama nick, bebek yamaha emang lebih kinclong bodynya dibanding bebek honda. Sempet tergoda buat ganti ke bebek honda yg lebih irit, tapi ga sreg ama desain bodynya. Akhirnya ya tetep setia ama vega saya. Intinya, bebek yamaha kalo rajin dirawat (dijaga ke-kinclong-annya), emang bikin bangga!!! 😀

    Suka

  8. Pantesan aja jupiter lama ane kejual sama wong cilacap tanpa basa basi datang kerumah langsung nawar dibilang harganya X.X juta langsung setuju aja dan ngasih DP.

    Suka

    • @azizhoree

      wah itu motor antique, tinggalan landa.

      @basho

      Vega emang kokoh bodynya. Dulu pemakai grand dan vega.

      @al k

      Gak tau sekarang, di cilacap, tahun 2008, jupiter z tahun 2005 di showroom bekas dijual 10 juta. Karisma dan shogun 125 tahun sama cuma 8 jutaan. Di cilacap jupiter z 2005 adalah pendobrak dominasi honda. Kalo Banyumas jupiter emang laris dari awal.

      Suka

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s