Yamaha Byson First Sight


Kemarin, dalam perjalanan dari kantor customer, di depan suatu dealer Yamaha, sekilas terlihat ada beberapa motor yang baru datang. Buntutnya kok warnanya hitam, terus di spakbor belakang ada lampu warna merah. Tak salah lagi itu pasti Yamaha Byson.

Sehabis shalat Jumat meluncurlah saya ke Yamaha Mataram Sakti jalan Thamrin Semarang. Biar cocok saya naik motor pinjaman berupa Jupiter Z CW versi 2005 (dulu sempat jadi motor impian) warna merah-hitam.

Sampai di sana, terdapat 3 unit Byson (merah, putih dan biru), katanya sebelumnya ada 4 buah, namun yang satu sudah dikirim ke konsumen. Satu unit yang berwarna merah tampak sedang ditangani mekanik. Ternyata sedang di gesek nomor mesin, nomor rangka dan sebagainya. Setelah saya tanya, ternyata yang merah itu akan segera dikirim ke konsumen.

Berikut beberapa penampakan dari motor ini:

Penampakan bawah jok

Logo Byson

Lampu depan, dudukan plat nomor.Lampu senjanya di ujung lancip bagian bawah

Ban belakang, rear hugger. Silencer yang mengkotak itu kondoman

Blok sisi kiri, karburator. Manifoldnya agak kurang halus finishingnya

Shroud, Blok kanan. Tuas rem besi sudah pipih

Tuas Presneling depan-belakang, footstep bisa ditekuk

Untuk footstep sebelah kiri ini, ketika dilipat akan mentok ke tuas presneling bawah. Tapi kalo mau dilipat penuh, harus menekan tuas presneling belakang ke bawah dulu. Begitupun untuk melepasnya.

Kalo melihat Yamaha FZ16 tuas presnelingnya hanya bagian depan, tanpa tuas belakang, kenapa versi Indonesia mesti pake tuas belakang. Mungkin bisa ujung sepatu tidak mudah rusak.

Kaki-kaki kekar, kabel speedo digital diambil dari kanan

Kesan saya ketika duduk di atas joknya adalah “Kekar banget motor ini”, tangkinya besar dan lebar. Sayangnya belum bisa ngetest performanya. Hanya sekedar menghidupkan mesin, memasukkan gigi satu, mencoba menjalankan lalu langsung di rem. Suara mesinnya knalpotnya (terlalu) halus (seperti halnya NMP juga). Harusnya suaranya seperti Scorpio yang terdengar powerfull atau Tiger yang agak ngebass.

Informasi yang saya dapat, harga di Semarang adalah 19.930.000,-

Demikian first sight saya tentang Yamaha Byson

40 pemikiran pada “Yamaha Byson First Sight

    • @Ay
      Speedo kecil, tapi mudah dibaca kok, juga full digital seperti CS1. Tachometer juga udah digital, pake grafik naik, kalo NMP pake jarum

      @Tomi
      Wah tidak ada unit jajalan, nantu coba ke DDS Yamaha, seperti kata kentas. Udah ketemu alamatnya.

      Suka

  1. Beda kasus dengan New Meggy indenan saya…katanya…produk yg dipajang emang nggak bisa dibeli…tanpa memperdulikan kebutuhan konsumen dan nggak peduli berapa lama konsumen harus menunggu yang penting jualan lancar dan indenan terus mengalir

    Suka

  2. trus yang kuning tiu dibawahnya plat nomor nanti, itu apa lampu atau aksesori…… kalo cuma aksesori…xixiixi ky sepeda mini gw masih sd……

    Suka

    • @pithecantropus erectus
      Lho itu kan disebut di sini sebagai mata kucing, penting dan standar eropa kan?

      @Tonnie
      kita lihat apakah desain lampu belakang yang agak nyleneh ini akan diterima?

      @The Wheels of Life
      Iya memang jadi terlalu kalem

      @Lingga
      Nggak sengaja lihat, sengaja mendatangi

      @Afi
      hehehehehhe…Mahasiswa sih

      Suka

  3. Q kemaren jg mbuntut dr gejayan mpe jl solo.Nek Lampu belakange msal diakali trus djadikn ky pny CS 1 msti apik.IMO,cuma bathuk tmpat plat n0mer ma Lampu b0k0ng yg bkin aneh.

    Suka

  4. woy. . .kapan nich yamaha byson di lamongan. . . ?
    Q udah g sabar nunggu kedatangan yamaha byson di lamongan. . . ?soale q mau beli

    Suka

  5. Ping balik: Knalpot Berkondom, Keren Dan Aman « Learning To Life

Tinggalkan Balasan ke Maskur® Batalkan balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s