Nasi Ayam Khas Semarang


Minggu-minggu gini enaknya ngomongin makanan. Kali ini akan saya ceritakan tentang makanan yaitu Nasi Ayam.

Nasi ayam adalah salah satu ke-khas-an kota Semarang. Namanya tidak se-terkenal Loenpia, Bandeng Presto maupun Wingko.

Seperti apa sih nasi ayam itu? Nasi ayam adalah nasi dicampur kuah encer dari opor ayam, kuah kental, sayur labu siam, suwiran ayam, potongan telur bacem dan tahu bacem. Sayur labu siam dimasak dengan campuran cabe, jadi agak berwarna merah.

Dengan susunan seperti itu saya jadi teringat Lontong Sayur, pertama kali saya kira sayurnya macem-macam, ternyata (lagi-lagi) cuma labu siam. Oh iya, penyajiannya adalah dengan piring diberi alas daun pisang.

Mari makan..

Yang diatas adalah versi standar, bisa minta tambah ayam atau yang lain. Untuk lauk tambahannya bisa dipilih seperti di bawah ini:

Atau juga:

Ada juga beberapa macam kerupuk dan kadang bakwan atau lumpia. Untuk minumannya hanya disediakan air mineral gelas atau teh botol. Rasanya? Oke lah, cuma porsinya agak terlalu sedikit.

Iklan

28 pemikiran pada “Nasi Ayam Khas Semarang

    • @terong

      perkedel nggak ada! 😎

      @cakpoer

      transtv banget. Blog warengsebelah kok masih hello world. Itu apanya blogsebelah ya?

      @shuenk

      tapi kurang maregi.

      @p.b.

      Wah saya nggak tanya.

      @mbak puji

      tahu petis, di banyumas juga gak ada.

      @k.b.

      Coba tlpon ke nomor di atas

      @a seen

      itu gak ada hatinya je. MR itu Muhsin Riyadi to?

      Suka

  1. @kang Maskur:

    xixixi sing penting nama blog itu udah tak reserve, termasuk nickname ku juga, mbuh kapan sempet ngisine 😀 tunggu aja tanggal mainnya he.he.he

    Suka

  2. mas, itu ayam kampung, ayam kampus, atau ayam jadi-jadian yang 2,5 bulan dan siap sembelih, aku doyane hanya yang pertama saja.

    Suka

    • @Dismas & Dnugros
      kalo nggak sering-sering ya nggak apa-apa.

      @riFFrizz
      Ahhh biasa saja, kalo merem melek nanti nggak jadi makan.

      @bau asem
      Oh iya bener! agak lupa malah.

      @Kang Uung
      Kencot ya makan SROTO + MENDOAN + GALUNDHENG + NOPIA

      @Pak Hadi
      Nah itu dia, besok tak tanyaken lagi sama penjualnya. Tapi sepertinya ayam balap (gerak cepat).

      @Lingga
      Wah belum meng-eksplore Magelang.

      @Pak Mitra
      Pasti ada, soale penjualnya cerita dulu sempat mau diboyong ke Jakarta buat ngajari di sana

      Suka

  3. Itu di jalan Mataram /Bangkong depan SD … rame sekalee klo pagi … murah lagi …Di Simpang Lima klo pagi juga ada yg enak tuh bibik yg nongkrong didepan Matahari, pilih yg sayur labu siam nya berwarna merah, pasti pedas …enuuuaak.

    Suka

  4. Ping balik: ENAKNYA JADI PISANG | Free Gambar Lucu Info, Foto & Video Bugil Gratis

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s